PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantu LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis quasy experimental dengan tipe the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 184 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 72 siswa dari kelas VIII-A dan VIII-B. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria hasil kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan wawancara guru. Instrumen penelitian berupa soal uraian materi statistika sebanyak 10 soal. Instrumen terlebih dahulu diuji coba di SMP Negeri 217 Jakarta dengan 36 siswa. Uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas, kemudian diperoleh data yang berdistribusi normal dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan analisis anava satu jalur dengan SPSS 16.0. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantu LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 184 Jakarta.
Full Text:
PDFReferences
Alkrismanto. 2013. Model Pembelajaran ( Jogjakarta : PPPG Matematika)
OECD. 2019. What Student Know and Can Do (Paris : OECD) doi : 10.1787/b6b543d5-en
Pratiwi, I. 2019. Efek Program PISA terhadap Kurikulum di Indonesia
Hasbullah, H & Sajiman, S.U. 2020. Survey Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Kecerdasan Emosional Siswa Madrasah Aliyah di Jakarta Selatan. Prosiding Seminar Nasional Sains 2020, 387-391
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics (USA: NCTM)
Deswita, R., & Kusumah, Y. S. 2018. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientifi Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Rakhma, S & Marlina, R. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII A SMP Karawang Barat Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Prosiding Sesiomadika, 818-823
Siregar, N. F. 2018. Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains
Penyelenggaraan, P. U., Pencatatan, S., & Pelaporan. 2015 (pp. 1–42)
Setiaji, F., & Kuswanto, E. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis : Dampak Model Pembelajaran Discovery Learning Terintegrasi Learning Start With a Question
Nyoman, I. 2019. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Materi Persegi di Kelas XI (TKJ) SMK Negeri 2 Luwuk Jurnal Ilmu Pendidikan, 34-40
Ariani, W. 2020. Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Journal on Education, 240-244
Ummaeroh R. 2019. Pengaruh penggunaan lks berbasis inkuiri terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas xi ipa sma. 8, 93–98
Fieka Nurul, A. 2020. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19 Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI
Selvi, L., & Waskita. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kesiapan Pembelajaran Tadris Matematika IAIN Metro Lampung Epsilon, 61-70
Suci, F. 2020. Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Daring pada Program Studi S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) Indonesia Journal of Science Learning
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta)
Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika AdMathEdu, 9-17
Devi Yulianti, N. E. 2018. Kajian Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK di Kabupaten Bandung Barat pada Materi Program Linear Al-Khawarizmi, 19-30
Umaedi, H. 2018. Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 94-106
Walpole. 1995. Pengantar Statistika (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama)
Jarwan, J. 2018. Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Proximal, 77-89
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.2427
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :