PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TAHAPAN WALLAS DITINJAU DARI GENDER

Sri Retno Anggraini, Lutfiyah Lutfiyah, Aswar Anas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan tahapan Wallas ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu soal tes dan wawancara. Subyek penelitian terdiri dari dua kelompok gender yaitu kelompok gender laki-laki dan kelompok gender perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir kreatif siswa laki-laki mampu melakukan ke empat tahapan Wallas. Akan tetapi disetiap tahapan Wallas, siswa laki-laki hanya mampu melakukan 1 atau 2 kriteria berpikir kreatif. Yaitu siswa laki-laki hanya mampu melakukan kriteria berpikir kreatif kebaruan saja pada tahap persiapan, selanjutnya pada tahap inkubasi siswa laki-laki melakukan kriteria berpikir kreatif kefasihan dan keluwesan, serta pada tahap iluminasi dan verifikasi melakukan kriteria berpikir kreatif kefasihan saja. Sedangkan proses berpikir kreatif siswa perempuan mampu melakukan ke empat tahapan Wallas. Akan tetapi disetiap tahapan Wallas, siswa perempuan hanya satu tahapan saja yang mampu melakukan ke tiga kriteria berpikir kreatif yaitu kefasihan, keluwesan dan kebaruan pada tahap persiapan, untuk ketiga tahapan lainnya hanya melakukan 1 atau 2 kriteria berpikir kreatif saja. Yaitu pada tahap inkubasi melakukan kriteria berpikir kreatif kefasihan dan keluwesan, serta pada tahap iluminasi dan verifikasi melakukan kriteria berpikir kreatif kefasihan saja. 


Full Text:

PDF

References


Utami R W, Endaryono B T & Djuhartono T 2020 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended Fakultas Jurnal Ilmu Kependidikan 7(1) 43–48

Rachmawati R & Kurniati E 2011 Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Julia, Isrok’atun, & Safari I 2017 Prosiding Seminar Nasional (Sumedang: UPI Sumedang Press)

Markamah, Sufanti & Sabardila A 2020 Pembelajaran Ejaan di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Surakarta: Muhammadiyah University Press)

Safrudin, Mulyati S, & Lubis R 2018 Pengembangan Kepribadian dan Profesionalisme Bidan (Malang: Wineka Media)

Faelasofi R 2017 Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Journal Edumath 3(2) 155–163

Rahmawati P 2018 Mengenal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Perbatasan (Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia)

Sukmaangara B, Arhasy E A & Madawistama S T 2020 Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Dan Mengajukan Masalah Matematika Journal Of Authentic Research Mathematics Education (JARME) 2(2) 119–131

Widyastuti C M 2017 Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning dengan Bantuan Media Kartu Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Pokok Reaksi Redoks pada Siswa Kelas 10 MIPA 3 Semester Genap SMA Negeri 2 Surakarta Jurnal Pendidikan Empiris 6(23) 41–56

Jagom Y O 2015 Kreativitas Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Gaya Belajar Visual-Spatial dan Auditory-Sequential Jurnal Pendidikan Matematika 1(3)176–190

Siswono E 2004 Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah ( Problem Posing ) Matematika Berpandu dengan Model Wallas dan Creative Problem Solving (CPS) Buletin Pendidikan Matematika 6(2) 1–16

Oktaviani M A, Sisworo, & Hidayanto E 2018 Proses Berpikir Kreatif Siswa Berkemampuan Spasial Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Open-ended Jurnal Pendidikan 3(7) 935–944

Sari A P, Ikhsan M, & Saminan S Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Model Wallas Beta Jurnal Tadris Matematika 10(1) 18-32

Purwaningsih W I & Supriyono S 2020 Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika Jurnal Pendidikan Surya Edukasi 6(2) 157–167

Rinaldi E N Z, Supratman, & Hermanto R 2019 Proses Berpikir Peserta Didik Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Berdasarkan Level Berpikir Van Journal Of Authentic Research Mathematics Education (JARME) 1(1) 38–45

Handayani K 2017 Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Semnastika Unimed 325–330

Zhu Z 2007 Gender differences in mathematical problem solving patterns: A review of literature International Education Journal 8(2) 187–203

Rahayuningsih S & Jayanti R 2019 Grup, HOTS, dan Gender (Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia)

Zannah N & Andriani S 2017 Karakteristik Intuisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Perbedaan Gender,†Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 111–119,

Halpern D F 2012 Sex Differences in Cognitive Abilities (New York: Psychology Press)

Aditomo A 2019 Disposisi Berpikir Terbuka secara Aktif: Definisi, Pengukuran, dan Kaitannya dengan Prestasi Akademik Jurnal Psikologi Teori & Terapan 10 (1) 1-14

Mamik 2015 Metodologi Kualitatif (Sidoarjo: Zifatama Publisher)

Lies U, Khairul R, & Rusmana A 2019 Komunikasi Budaya dan Dokumentasi Kontemporer (Jawa Barat: Unpad Press)

Hakim L N 2013 Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit Aspirasi 4(2) 165–172

Lamirin 2021 Monograf Pengaruh Komunkasi Interpersonal & Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pengurus Vihara (Sumatra Barat: Penerbit Insan Cendekia Mandiri)

Majid A 2017 Analisis Data Kualitatif (Makasar: Penerbit Aksara Timur)

Weni R, Herlina E & Nari N, 2019 Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematis Di SMPN 3 X Koto Singgalang Kabupaten Tanah Datar Ditinjau Dari Gender Jurnal Analisis Gender Dan Agama 2(1) 44–50




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.2453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal