ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN TAHAPAN WANKAT-OREOVOCZ DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEY-MUMFORD

Ai Zulfiha Remsis, Nani Ratnaningsih, Ike Natalliasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan tahapan Wankat-Oreovocz ditinjau dari gaya belajar aktivis, reflektor, teoris, dan pragmatis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket gaya belajar, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri (human instrument) sebagai instrumen utama dan instrumen tambahan yaitu soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket gaya belajar, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian diambil sebanyak 4 peserta didik yang masing-masing mewakili gaya belajar Honey-Mumford dengan pertimbangan peserta didik yang mengerjakan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi matriks dengan benar ataupun salah. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan yaitu subjek aktivis (S16), reflektor (S4), teoris (S15), dan pragmatis (S6) mampu menentukan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal, menentukan langkah perencanaan penyelesaian masalah, dan melakukan perhitungan sesuai dengan rencana penyelesaian masalah secara sistematis. Sedangkan, keempat subjek kurang mampu mengajukan pertanyaan dan mengeksplorasi semua dimensi masalah serta subjek aktivis (S16) dan teoris (S15) mampu memeriksa kembali hasil yang diperoleh dengan cara berbeda dan menyelesaikan masalah sesuai dengan apa yang telah dipelajari

Full Text:

PDF

References


Aljaberi N M 2015 University Students’ Learning Styles and Their Ability to Solve Mathematical Problems International Journal of Business and Social Science

Yazgan Y 2015 Sixth Graders and Non-Routine Problems: Which Strategies are Decisive for Success Educational Research and Reviews 10(13) 1807-1816

Silvia S, Ratnaningsih N & Martiani A 2019 Miskonsepsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Berdasarkan Langkah Polya pada Materi Aljabar Prosiding Seminar Nasional & Call Paper

Yunaeti N, Arhasy E AR & Ratnaningsih N 2021 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Menurut Teori John Dewey Ditinjau dari Gaya Belajar Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 3(1) 10-21

Rahayu E S & Naila R 2019 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK di Kota Cimahi pada Materi Program Linear Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika) 1(1) 70-80

Utami R W & Wutsqa D U 2017 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4(2) 166-175 journa.uny.ac.id

Ngaeniyah I R 2016 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Wankat dan Oreovocz Kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 (Skripsi: IAIN Raden Intan Lampung 1-104) radenintan.ac.id

Wankat P C & F S Oreovocz 1995 Teaching Engineering. New York: McGraw Hill, Inc.

Jalilah S 2014 Pengaruh Strategi Wankat-Oreovocz terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Nusantara Raya Bandung) (Skripsi: UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1-109) digilib.uinsgd.ac.id

Ernawati I 2013 Penerapan Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Wankat-Oreovocz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan dengan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Moch. Sroedji Jember Tahun Ajaran 2013/2014 (Skripsi: Universitas Jember 1-69)

Ratnaningsih N, Hidayat E & Santika S 2020. Problem Solving and Cognitive Style: An Error Analysis Journal of Physics: Conference Series Doi: 10. 1088/1742-6596/1657/1/012035

Zakirman 2017 Pengelompokkan Gaya Belajar Mahasiswa Menurut Teori Honey Mumford Berdasarkan Intensitas Kunjungan Pustaka Jurnal Bimbingan dan Konseling 4(1) 1-74

Sugiyono 2019 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta

Arum S Z P & Khabibah S 2016 Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Belajar Model Honey-Mumford. Mathedunesa 5(3) 550-560

Ghufron M N & Risnawita R S 2014 Teori Psikologi Yogyakarta: Ar-Ruzz Madia

Putri W A S & Putri A 2019 Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Aplikasi Matriks Journal on Education 1(3) 275-280

Sugiyono 2019 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal