KESULITAN DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA

Teli Latifah, Ekasatya Aldila Afriansyah

Abstract


Abstrak

Matematika memiliki peranan penting dalam kehidupan, hanya saja dalam praktiknya masih banyak siswa yang berpikir bahwa matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, salah satunya adalah materi statistika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam materi statistika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang diambil sebanyak 3 siswa dari kelas IX - C SMP Negeri 2 Karangpawitan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, soal tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa indikator yang siswa masih mengalami mendapatkan persentase rendah, yaitu: pada tahap transformasi merumuskan masalah matematis atau menyusun model matematika pada sub indikator kesulitan dalam menentukan rumus 60% dan tidak memahami maksud pertanyaan sehingga tidak dapat membuat pemisalan dan rumusnya 73,3%; tahap keterampilan proses menerapkan strategi untuk menyelesaikan berbagai masalah (sejenis dan masalah baru) dalam atau di luar matematika pada sub indikator kesulitan dalam menerapkan strategi 60%; dan tahap pengkodean menjelaskan atau menginterpretasikan hasil sesuai permasalahan asal pada sub indikator kesulitan dalam membuat kesimpulan 53,3%. Secara keseluruhan, kesulitan yang dialami siswa adalah kesulitan pada tahap transformasi, dimana siswa mengalami kesulitan dalam mengubah soal ke bentuk/model matematika yang mengakibatkan tidak dapat menyelesaikan pemecahan masalah sampai akhir dengan tepat.

 

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kualitatif Deskriptif, Statistika, Siswa SMP.

 

Abstract

Mathematics has an important role in that, in practice, there are still many students who think that mathematics is a difficult subject, one of which is statistics. The purpose of this study was to find out how to solve students' mathematical problems in statistical material. The type of research used is descriptive qualitative research. The research subjects were 3 students from class IX - C of SMP Negeri 2 Karangpawitan. Data collection techniques using observation, test questions, and interviews. The data analysis technique uses data reduction, data presentation, and concluding. The results showed that there are several indicators that students still experience low percentages, namely: at the transformation stage to formulate mathematical problems or formulate mathematical models on the sub-indicator difficulty in determining the formula 60% and do not understand the intent so that they cannot make examples and the formula is 73.3%; the process skills stage of applying strategies to solve various problems (types and new problems) within or outside mathematics on the sub-indicator of difficulty in implementing strategies 60%; and the coding stage explains or interprets the results according to the original problem on the sub-indicator of difficulty in making conclusions 53.3%. Overall, the difficulties experienced by students are difficulties at the transformation stage, where students have difficulty in changing the form / mathematical model which results in not being able to solve the problem until the end correctly.

 

Keywords: Mathematical Problem Solving Skill, Descriptive Qualitative, Statistics, Junior High School Students.

Full Text:

PDF

References


Zurinal & Sayuti 2006 Ilmu Pendidikan (Jakarta: UIN Jakarta Press)

Nuraeni K & Afriansyah E A 2021 Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa antara TPS dan STAD SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika 13(1) 33-40

Depdiknas 2003 https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/

Kasri K 2018 Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual 2(3) 320-325

Rizkyah N 2018 Efektifitas Pembelajaran Learning Cycle pada Materi Statistik Siswa SMP Kelas VII (Skripsi: UNP Kediri)

Yuliani S R, Setiawan W & Hendriana H 2019 Analisis Kesalahan Siswa Smp Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Indikator Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Journal on Education 1(2) 77–82

Utami R N F, Nursyifa Y & Ratnaningsih N 2021 Proses Berpikir Metafora Dalam Memecahkan Masalah Segitiga Dan Segiempat Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 3(1) 68-83

Suharyono E & Rosnawati R 2020 Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP ditinjau dari Literasi Matematika Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(3) 451-462

Dewi D K, Khodijah S S & Zanthy L S 2020 Analisis Kesulitan Matematik Siswa SMP pada Materi Statistika Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4(1) 1–7

Masfufah R & Afriansyah E A 2021 Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10(2) 291-300

Cipta R R P, Ratnaningsih N & Muhtadi D 2020 Analisis Kesalahan Siswa Menurut Tahapan Newman Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbantuan Scaffolding Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 2(2) 167-180

Rahayu N S & Afriansyah E A 2021 Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika 1(1) 17-32

Abdurrahman M 2012 Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasi (Jakarta: PT. Rineka Cipta)

Kurniasih N R & Harta I 2019 Analisis kemampuan kognitif matematika berdasarkan task commitment siswa kelas khusus olahraga sekolah menengah atas Jurnal Riset Pendidikan Matematika 6(1) 14-26

Silvia S, Supratman S & Madawistama S T 2020 Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Newman Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 2(2) 191-200

Sarumaha Y A, Putri R I I & Hartono Y 2018 Percentage Bar: A Model for Helping Fifth Grade Students Understand Percentages Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2) 155-166

Mahdayani R 2016 Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aritmetika, Aljabar, Statistika, dan Geometri Jurnal Pendas Mahakam 1(1) 86–98

Maharani S & Bernard M 2018 Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(5) 819-826

Cahirati P E P, Makur A P & Fedi S 2020 Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(2) 227-238

Hasibuan E K 2018 Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung Jurnal Pendidikan 7(1) 18-30

Yarmayani A 2016 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI Mipa Sma Negeri 1 Kota Jambi Jurnal Ilmiah DIKDAYA 6(2) 12–19

Nurhasanah D S & Luritawaty I P 2021 Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika 1(1) 71-82

Nurjanah H & Justniani N 2020 Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Brain Based Learning Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 2(1) 89-95

Hermawati H, Jumroh J & Sari E F P 2021 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Kubus dan Balok di SMP Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10(1) 141-152

Afriansyah E A 2013 Penjumlahan bilangan desimal melalui permainan roda desimal Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 233-240

Rahmayanti I & Maryati I 2021 Kesalahan Siswa SMP pada Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Tahapan Teori Newman PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika 1(1) 61-70

Noviyanti E D, Purnomo D & Kusumaningsih W 2021 Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 3(1) 57-68

Puspitasari N, Afriansyah E A, Nuraeni R, Madio S S & Margana A 2019 What are the difficulties in statistics and probability? Journal of Physics: Conference Series 1402(7) 077092

Nisa S, Zulkardi Z & Susanti E 2018 Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Pada Materi Penyajian Data Histogram Melalui Pembelajaran PMRI Jurnal Pendidikan Matematika 13(1) 21–40

Afriansyah E A 2016 Enhancing Mathematical Problem Posing via Realistic Approach International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education MSCEIS

Sugiyono 2016 Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta)

Sundayana R 2016 Statistika Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta)

Sulaiman H 2019 Aktivitas matematika berbasis budaya pada masyarakat pesisir di pasar ikan gebang kabupaten cirebon Mapan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran 7(1) 61-73

Aisyah P N, Nurani N, Akbar P & Yuliani A 2018 Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP Journal on Education 1(1) 58-65

Islamiyah A C, Prayitno S & Amrullah A 2018 Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Jurnal Didaktik Matematika 5(1) 66-76

Zulhakim A & Heryani Y 2020 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Berdasarkan Taksonomi Structure of The Observed Learning Outcomes Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 2(1) 20-29

Pratiwi E A, Rusdi A & Putri A D 2017 Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1) 81-92

Rahmawati D & Permata L D 2018 Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur newman Jurnal Pembelajaran matematika 5(2)

Ulya H 2016 Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving Jurnal Konseling Gusjigang 2(1)

Juliana J, Ekawati D & Basir F 2017 Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 2(1)




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal