BAGAIMANA SISWA MENYELESAIKAN SOAL BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI DOMINASI OTAK?

Bayu Sukmaangara, Dedi Muhtadi, Sri Tirto Madawistama

Abstract


Guru harus mengembangkan soal berpikir kreatif matematis sesuai dengan dominasi otak siswa untuk mengoptimalkan fungsi kedua belahan otak secara seimbang, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa menyelesaikan soal berpikir kreatif matematis ditinjau dari dominasi otak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Instrumen yang digunakan adalah soal berpikir kreatif matematis, tes dominasi otak, dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian sebagai berikut: siswa dominasi otak kiri menyelesaikan soal berpikir kreatif matematis menggunakan karakteristik dari fungsi belahan otak kiri yaitu berpikir konvergen, analisis, penilaian analitik, berurutan dan teratur, sedangkan penggunaan karakteristik fungsi belahan otak kanan yaitu memori baru proses dan sistem membaca seluruh bahasa; siswa dominasi otak seimbang menggunakan karakteristik fungsi belahan otak kiri yaitu melakukan proses lalu memori, sistem membaca fenotik, respon verbal, berurutan dan teratur, sedangkan penggunaan karakteristik belahan otak kanan adalah berpikir holistik dan berpikir sintesis; dan siswa dominasi otak kanan menggunakan karakteristik dari fungsi belahan otak kanan yaitu sistem membaca seluruh bahasa, memori lalu proses, respon non verbal, berpikir holistik, berpikir sintesis, dan bersifat acak.  


Full Text:

PDF

References


Walsh V 2000 Hemispheric asymmetries: A brain in two minds Curr. Biol 10(12) 460–462 http/doi: 10.1016/S0960-9822(00)00533-9

Caine R N R and Caine G 1990 Understanding a Brain-Based Approach to Learning and Teaching Education Leadership 66–70

Jensen E 2008 Brain Based Learning (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Mansour E A, El-Araby M, Pandaan I N, and Gemeay E M 2017 Hemispherical Brain Dominance and Academic Achievement among Nursing Students IOSR J. Nurs. Heal. Sci. 6(3) 32–36 doi: 10.9790/1959-0603083236

Singh P 2015 Interaction Effect of Brain Hemispheric Dominance and Self-Concept on Academic Achievement in Mathematics Res. Inven. Int. J. Eng. Sci., 5(9) 2319–6483 doi: 10.21275/v4i11.20111502

Morris J and Sah P 2016 Neuroscience and education: Mind the gap Aust. Counc. Educ. Res. 1–11 doi: 10.1177/0004944116652913

Sukmaangara B, Arhasy E A, and Madawistama S T 2020 Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematis ditinjau dari Dominasi Otak Seimbang J. Authentic Res. Math. Educ. 2(2) 119–131 doi: 10.37058/jarme.v2i2.1739

Özgen K, Tataroǧlu B, and Alkan H 2011 An examination of Brain Dominance and Learning Styles of Pre-service Mathematics Teachers Elsevier 15 743–750 doi: 10.1016/j.sbspro.2011.03.176

Oflaz M 2011 The effect of Right and Left Brain Dominance in Language Learning Elsevier 15 1507–1513 doi: 10.1016/j.sbspro.2011.03.320

Glezerman T and Balkoski V 2002 Language, Thought, and The Brain (Albany New York: Kluwer Academic Publisher)

Sukmaangara B 2020 Analisis Proses Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Tahapan Wallas dan Resiliensi Matematis ditinjau dari Dominasi Otak Siswa (Thesis: Universitas Siliwangi Indonesia)

Doidge N 2009 Book Review: The Brain That Changes Itself: Stories of Personal Triumph from the Frontiers of Brain Science R. Aust. New Zeal. Coll. Psychiatr. 243 doi: 10.1080/10398560902721606

Katz A N 1978 Creativity and the Right Cerebral Hemisphere: Towards a Physiologically Based Theory of Creativity J. Creat. Behav. 12(4) 253–264 doi: 10.1002/j.2162-6057.1978.tb00173.x

Katz A N 1986 The Relationships between Creativity and Cerebral Hemisphericity for Creative Architects, Scientists, and Mathematicians Empir. Stud. Arts 4(2) 97–108 doi: 10.2190/6nhb-pev0-25kp-ukec

Triling B and Fadel C 2009 21 ST Century Skills: Learning for Life in Our Times (Unites States: HB Printing)

Hendriana H, Rohaeti E E, and Sumarmo U 2017 Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (Bandung Indonesia: PT Refika Aditama)

Handayani U F, Sa’dijah C, and Susanto H 2018 Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Adopsi ‘PISA,’ J. Math Educ. Nusant. 4(2) 143–156 doi: 10.29407/jmen.v4i2.12109

Herdani D P and Ratu N 2018 Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open – Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat J. Teor. dan Apl. Mat. 2(1) 9–16 doi: 10.31764/jtam.v2i1.220

Novianti F and Yunianta T N H 2018 Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bentuk Aljabar Yang ditinjau dari Perbedaan Gender Maju 5(1) 120–132

Rostika D and Junita H 2017 Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR) J. Pendidik. Dasar 9(1) 35–46 doi: 10.17509/eh.v9i1.6176

Purwanto W R 2019 Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Persepektif Gender Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES 894–900

Fardah D K 2012 Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended Kreano J. Mat. Kreat. 3(2) 91–99 doi: 10.15294/kreano.v3i2.2616

Sugiyono 2017 Metode Penelitian Kualitatif 3rd ed (Bandung Indonesia: Alfabeta)

Tendero J 2000 Hemispheric Dominance and Language Proficiency Levels in the Four Macro Skills of Western Mindanao State university college students (Dissertation: Western Mindanao State University Filipina)

Miles M B and Huberman A M 1994 Qualitative Data Analysis: An analytic approach for discovery 2nd ed. (California: SAGE Publications)

Sugiyono 2017 Metode Penelitian Kombinasi Mixed Method (Bandung Indonesia: Alfabeta)

Haryanto 2006 Pengembangan Cara Berpikir Divergen-Konvergen Sebagai Isu Kritis dalam Proses Pembelajaran Maj. Ilm. Pembelajaran 2(1) 1–12

Lindberg T, Gumienny R, Jobst B, and Meinel C 2010 Is there a Need for a Design Thinking Process? Interpret. Des. Think. 8 243–254

Indianto A 2015 Kiat-kiat Mempertajam Daya Ingat Hafalan Pelajaran (Yograkarta Indonesia: DIVA Press)

Wigati and Sutriyono 2017 Deskripsi Penggunaan Otak Kiri Dan Otak Kanan Pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bagi Siswa Smp J. Mitra Pendidik. 1(10) 1021–1030

Ritchey T 1991 Analysis and Synthesis: On Scientific Method – Based on a Study by Bernhard Riemann Syst. Res. 8(4) 21–41 doi: 10.1002/sres.3850080402

Rahmat A et al. 2011 Filsafat Ilmu Lanjutan (Jakarta Indonesia: Kencana Prenada Media Goup)

Muda W H N B W, Ramasamy C, and Samsudin N H B 2017 Mathematical Thinking Styles among Engineering Students through Algebraic Problems World Eng. Educ. Forum 315–319 doi: 10.1109/WEEF.2017.8466967

Martin A S, Schug J, and Maddux W W 2019 Relational Mobility and Cultural Differences in Analytic and Holistic Thinking J. Personal. Soc. Psychol. Attitudes Soc. Cogn. 116(4) 495–518 doi: 10.1037/pspa0000142

Olivia F 2013 Otak Kiri dan Otak Kanan Anak Sama Penting (Jakarta Indonesia: PT Elex Media Komputindo)

S. Sutiyatno 2018 The Effect of Teacher’s Verbal Communication and Non-verbal Communication on Students’ English Achievement J. Lang. Teach. Res. 9(2) 430–437 doi: 10.17507/jltr.0902.28

Ju S 2015 Music Perception and Two Systems of Thoughts (Holistic and Analytic thinking) ResearcGate doi: 10.13140/RG.2.1.3523.6323

Hildebrand D, Harding R D, and Hadi R 2018 Culturally Contingent Cravings: How Holistic Thinking Influences Consumer Responses to Food Appeals J. Consum. Psychol. 29(1) 39–59 doi: 10.1002/jcpy.1049

Alnjar H R, Jonathan S P, and Roberts C 2017 Analysis and Synthesis of Critical Design-Thinking for Data Visualisation Designers and Learners Statement of Originality (Dissertation: Prifysgol Bangor University Wales)

Andersen J F 2017 Teacher Immediacy as a Predictor of Teaching Effectiveness Ann. Int. Commication Assiciation 3(1) 543–559 doi: http://doi.org/10.1080/23808985.1979.11923782

Eunson B I 2012 Non-Verbal Communication ResearcGate

Weigmann K 2013 Educating the Brain Sci. Soc. 14(2) 136–139 doi: 10.1038/embor.2012.213




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal