PERSPEKTIF MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA PANDEMI

Sandy Ihsan Amarulloh, Nurahmi Mutia Sahida, Leni Apriliani, Dedi Muhtadi

Abstract


Pandemi COVID-19 telah menjadi masalah serius secara global dan berdampak bagi dunia pendidikan. Banyak mahasiswa belum siap dalam menjalani proses pembelajaran matematika di era pandemi saat ini. Oleh sebab itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui perspektif mahasiswa terhadap pembelajaran di era pandemi. Metode penelitian menggunakan Mixed Methods. Data kuantitatif diperoleh dengan melakukan survei melalui google form terhadap 420 mahasiswa dan data kualitatif berasal dari 10 mahasiswa melalui wawancara semi-struktur. Temuan kuantitatif menunjukkan bahwa sebanyak 60% mahasiswa cukup puas dengan pembelajaran yang telah dilakukan dan 40% mahasiswa merasa kurang puas. Temuan kualitatif menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami pembelajaran daring yang kurang efektif disebabkan oleh beberapa factor, yaitu: jaringan yang tidak memadai, kurang efektifnya metode pembelajaran dari beberapa mata kuliah, kurangnya interaksi antara dosen dengan mahasiswa di beberapa mata kuliah, dan tidak semua mahasiswa memiliki fasilitas pembelajaran yang memadai. Selain itu, situasi dan kondisi yang kurang membangkitkan gairah belajar untuk saling memotivasi diantara mahasiswa sehingga cenderung malas dalam belajar, khususnya dalam mengerjakan tugas-tugas mata kuliah. Hasil penelitian menyarankan: (1) Kepada Kementerian Pendidikan Tinggi untuk merancang dan memperkenalkan platform belajar yang dapat diakses secara offline; dan (2) Kepada pemangku kebijakan di Perguruan Tinggi untuk meninjau dan mengadopsi sistem pembelajaran dengan cara blended learning, karena metode tersebut akan memperkuat model pembelajaran yang sudah berjalan saat ini melalui pengembangan teknologi pendidikan, dan juga dapat membantu dosen untuk merancang rencana pembelajaran yang tepat dan dapat meningkatkan pengajaran mereka.


Full Text:

PDF

References


Orfan S N & Elmyar A H 2020 Public Knowledge, Practices and Attitudes Towards Covid-19 in Afghanistan Public Health Indonesia 6(4) 104–115 Doi: 10.36685/phi.v6i4.356

Noori A Q 2021 The impact of COVID-19 pandemic on students’ learning in higher education in Afghanistan Heliyon 7(10) e08113 Doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e08113

Sukendro, Habibi A, Khaeruddin Kh, Indrayana B, Syahruddin Sy, Fredrik Alfrets Makadada F A, & Hakim H 2020 Using an extended Technology Acceptance Model to understand students’ use of e-learning during Covid-19: Indonesian sport science education context Heliyon 6(11) Doi: 10.1016/j.heliyon.2020.e05410

Aditya M R & Hasibuan A B 2020 Pengaruh Persepsi, Gender dan Tipe Kepribadian Mahasiswa Terhadap Pemilihan Karir Mahasiswa Akuntansi sebagai Akuntan Publik WACANA Ekonomi (Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi) 19(1) 43–57 Doi: 10.22225/we.19.1.1579.43-57

Onyema E M, Eucheria N Ck, Obafemi F A, Sen Sh, Atonye F G, Sharma A, & Alsayed A O 2020 Impact of Coronavirus Pandemic on Education Journal of Education and Practice 11(13) 108–121 Doi: 10.7176/jep/11-13-12

Winters N & Patel K D 2021 Can a reconceptualization of online training be part of the solution to addressing the COVID-19 pandemic? Journal of Interprofessional Care 35(2) 161–163 Doi: 10.1080/13561820.2021.1892615

Monica J & Fitriawati D 2020 Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19 Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi 9(2) 1630–1640 Doi: 10.35508/jikom.v9i2.2416

Mahnun N 2018 Implementasi Pembelajaran Online dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online di Perguruan Tinggi Islam dalam Mewujudkan World Class University Indonesian Journal of Islamic Educational Management 1(1) 29–36 https://doi.org/10.24014/ijiem.v1i1.5240

Winangun I M A 2020 Perspektif Mahasiswa terhadap Pengelolaan Pembelajaran Online dimasa Pandemi Covid-19 Jurnal WIDYALAYA 1(1) 19–27 https://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/69

Widodo A, Nursaptini N, Novitasari S, Sutisna D, & Umar U 2020 From face-to-face learning to web base learning: How are student readiness? Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 10(2) 149 Doi: 10.25273/pe.v10i2.6801

Berga K A, Vadnais E, Nelson J, Johnston Sh, Buro K, Hu R &, Olaiya B 2021 Blended learning versus face-to-face learning in an undergraduate nursing health assessment course: A quasi-experimental study National Library of Medicine 92 104-622 Doi: 10.1016/j.nedt.2020.104622

Abbasi S, Ayoob T, Malik A, & Memon S I 2020 Perceptions of students regarding e-learning during covid-19 at a private medical college Pakistan Journal Medical Sciences 36 57-61 Doi: 10.12669/pjms.36.COVID19-S4.2766.q

Mukhtar K, Javed K, Arooj M, & Sethi A 2020 Advantages, limitations and recommendations for online learning during covid-19 pandemic era Pakistan Journal Medical Sciences 36 27-31 Doi: 10.12669/pjms.36.COVID19-S4.2785

Snoussi T 2019 Learning Management System in Education: Opportunities and Challenges The International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering 8(12) 664-667 Doi: 10.35940/ijitee.l1161.10812s19

Almaiah MA, Al-Khasawneh A, & Althunibat A 2020 Exploring the critical challenges and factors influencing the E-learning system usage during COVID-19 pandemic Education and Information Technologies 25(6) 5261-5280 Doi: 10.1007/s10639-020-10219-y

Alqahtani AY & Rajkhan AA 2020 E-learning critical success factors during the covid-19 pandemic: A comprehensive analysis of e-learning managerial perspectives Education Science 10(9) 1-16 Doi: 10.3390/educsci10090216

S Dhawan 2020 Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis J Educ Technol Syst 49(1) 5-22 Doi: 10.1177/0047239520934018

I W T Gunawijaya & N K T Srilaksmi 2020 Hambatan Pembelajaran Agama Hindu Terhadap Siswa Tuna Netra di Panti Mahatmia Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3) 3

Creswell JW & Creswell JD 2018 Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (SAGE Publications Ins.)

Affouneh S, Salha S, & Khlaif Z N 2020 Designing Quality E-Learning Environments for Emergency Remote Teaching in Coronavirus Crisis Interdisciplinary Journal of Virtual Learning in Medical Sciences 11(2) 135-137 DOI: 10.30476/IJVLMS.2020.86120.1033

Zhang W, Wang Y, Yang L, & Wang Ch 2020 Suspending classes without stopping learning: China's education emergency management policy in the COVID-19 outbreak Journal of Risk and Financial Management 13(3) 1-6 http://dx.doi.org/10.3390/jrfm13030055

Shahzad S K, Hussain J, Sadaf N, Sarwat S, Ghani U, & Saleem R 2020 Impact of Virtual Teaching on ESL Learners Attitudes under Covid-19 Circumstances at Post Graduate Level in Pakistan English Language Teaching 13(9) 1-9 Doi: 10.5539/elt.v13n9p1

Aristovnik A, KeržiÄ D, RavÅ¡elj D, TomaževiÄ N, & Umek L 2020 Impacts of the COVID-19 pandemic on life of higher education students: A global perspective Sustainability 12(20) 1-34 Doi: 10.3390/su12208438




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.3293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal