PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PROFESIONAL PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Ilham Muhammad, Fitriana Yolanda, Dedek Andrian, Sri Rezeki

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash Cs 6 Profesional pada materi relasi dan fungsi. Metode yang digunakan yaitu  metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp, yaitu: (1) investigasi awal (prelimenary investigation); (2) desain (design); (3) realisasi/konstruksi (realization/construction); (4) test, evaluation and revision; (5) implementasi (implementations). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes dengan instrumen pengumpulan data yaitu lembar validasi dan lembar kepraktisan. Lembar validasi terdiri dari tiga aspek, yaitu: aspek media, aspek materi dan aspek bahasa yang divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Lembar kepraktisan diisi oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil analisis rata-rata validasi diperoleh persentase 90,68 % dengan kategori sangat valid.  Rata-rata kepraktisan media pembelajaran adalah 86,11% yang termasuk pada kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pengembangan media interaktif menggunakan Adobe Flash Cs 6 Profesional pada materi relasi fungsi sebagai media dalam pembelajaran dapat ditarik kesimpulan yaitu telah dihasilkan suatu produk yang teruji kevalidan dan kepraktisannya.


Full Text:

PDF

References


Hamifah N 2014 Membedah Anatomi Kurikulum 2013 Untuk Membangun Masa Depan Pendidikan Yang Baik (Sumedang: Sumedang Press)

Paramansyah A 2020 Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital (Medan: Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Panca Budi)

Setianto B D 2021 Masa Depan Pendidikan (Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata)

Fairus R & Purnama S 2020 Pengembangan Media Grapertalibra Dengan Pendekatan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Sosial Siswa Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 2(2) 201-213 doi: 10.37058/jarme.v2i2.1730

Hartoyo A, Nursangaji A, Tanjungpura U, Nawawi J H & Barat K 2021 Pengembangan Bahan Ajar Bersumber Al-Qur’an Berbentuk Modul Pada Materi Fungsi Kelas X Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 3(2) 217-232 doi: 10.37058/JARME.V3I2.3357

Susanti W D & Suripah S 2021 The Effectiveness of Website as a Mathematics Learning Media During the Online Learning Period Edumatica Jurnal Pendidikan Matematika 11(1) 73-83 doi: 10.22437/EDUMATICA.V11I01.12225

Jubaerudin J M, Supratman S & Santika S 2021 Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Berbantuan Articulate Storyline 3 Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 3(2) 178-189 doi: 10.37058/JARME.V3I2.3191

Afrizal A S 2015 Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Multimedia Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar Kelas I (Satu) Teknik Informatika 3(2) 10–21

Herliandry L D, Nurhasanah, Suban M E & Heru K 2020 Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Jurnal Teknologi Pendidikan 22(1) 65–70 http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp

Lestari S 2018 Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2) 94–100 doi: 10.33650/edureligia.v2i2.459

Oktafiani D, Nulhakim L & Alamsyah T P 2020 Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV Mimbar PGSD Undiksha 8(3) 527–540

Wirawan R, Nur A M & Syahraeni R 2020 Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Multimedia JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan 3(1) 75–83 doi: 10.36765/jartika.v3i1.28.

Maharani M, Supriadi N & Widiyastuti R 2018 Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Desimal: Jurnal Matematika 1(1) 101–106 doi: 10.24042/djm.v1i1.2036

Yolanda F & Wahyuni P 2020 Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 4(2) 170–177 doi: 10.35706/sjme.v4i2.3612

Safitri M, Hartono Y & Somakim S 2013 Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas VII SMP Jurnal Pendidik 14(2) 62–72 doi: 10.33830/JP.V14I2.358.2013

Amini R, Handayani E S, Fitria Y, Lena M S & Helsa Y 2019 Development of Integrated Thematic Teaching Materials using Problem-Based Learning Model in Elementary School Atlantis Press 382 doi: 10.2991/ICET-19.2019.111.

Kartika M & Hiltrimarti, C 2019 Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) dalam Pembelajaran Matematika Materi Relasi dan Fungsi Jurnal Gantang 4(2) 161–168 doi: 10.31629/JG.V4I2.1347

Handayani N W P, Ardana I M & Sudiarta I G P 202. Media Pembelajaran Berbasis Model Bruner, Budaya Lokal, dan Scaffolding untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 4(2) 221–236 doi: 10.33603/jnpm.v4i2.3235

Yanti R N, Melati A S & Zanty L S 2019 Analisis Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3(1) 209–219 doi: 10.31004/CENDEKIA.V3I1.95.

Plomp 1998 Auditory handicap of hearing impairment and the limited benefit of hearing aids The Journal of the Acoustical Society of America 63(2) 533-549 doi: 10.1121/1.381753

Rochmad 2012 Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Jurusan Matematika FMIPA UNNES 3(1) 59-72 doi: 10.15294/kreano.v3i1.2613

Sutrisno T & Agung Y A 2016 Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning pada Mata Pelajaran Komunikasi Data Interface di SMK Sunan Drajat Lamongan Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 5(3) 1068–1074

Akbar S 2013 Instrumen Pernagkat Pembelajaran (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Riduwan R 2015 Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula (Bandung: Alfabeta)

Yuniar F, Sumarni S & Adiastuty N 2020 Pengembangan Media Pembelajaran Segiempat Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT) 6(2) 101–112 doi: 10.25134/jes-mat.v6i2.3413

Hidayah N, Aisyah A & Dewi S 2019 Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash Cs6 Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Garis Dan Sudut Kelas VII Di Smp Negeri 6 Kota Jambi Phi: Jurnal Pendidikan Matematika 3(2) 98–103

Mayana I, Sthephani A, Effendi L A & Yolanda F 2021 Motivasi Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Macromedia Flash 8 Dimasa Pandemi Covid-19 Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika 1(2) 144-155 doi: 10.51574/KOGNITIF.V1I2.109.




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.3958

Article Metrics

Abstract view : 348 times
PDF - 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal