DAMPAK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL PENILAIAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Kompas 2020 Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia tersedia https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2020 Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Desease (Covid-19)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013 Permendikbud No 109 Tahun 2013 tentang Penyelenggaran Pembelajaran Jarak Jauh
Kuntarto, E 2017 Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Journal Indonesian Language Education and Literature 3(1) doi: 10.24235/ileal.v3i1.1820
Oktavian R & Aldya R F 2020 Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0 Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan 20(2) doi: 10.30651/didaktis.v20i2.4763
Hutauruk A & Sidabutar R 2020 Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied 2(1) 45–51 doi: 10.36655/sepren.v2i1.364
Mustakim M 2020 Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika Al asma : Journal of Islamic Education 2(1) 1-12 doi: 10.24252/asma.v2i1.13646.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2016 Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan
Asrul, Ananda R & Rosinta 2014 Evaluasi Pembelajaran, 2nd edition (Bandung: Citapustaka Media)
Pagarra H, Bundu P, Irfan M, Hartoto & Raihan S 2020 Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes dan Penugasan Online Jurnal Publikasi Pendidikan 10(3) 260–265 doi : 10.26858/publikan.v10i3.16069
Hartuti M & Handayani D E 2019 Analisis Penilaian Kognitif Kurikulum 2013 Kelas Rendah MI Sabilul Ulum Mayong Jepara el-Ibtidaiy:Journal of Primary Education 2(1) 1-8 doi: 10.24014/ejpe.v2i1.7370
Anderson L W & Krathwohl D R 2001 A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy New York: Longman Publishing
Amarulloh S I, Sahida N M, Apriliani L & Muhtadi D 2022 Perspektif Mahasiswa Pada Pembelajaran Matematika Di Era Pandemi Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 4(1) 66–78 doi: 10.37058/jarme.v4i1.3293
Sari R P, Tusyantari N B, & Suswandari M 2021 Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19 Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(1) 9–15 doi: 10.37478/jpm.v2i1.732
Alawamleh M, Al-Twait L M & Al-Saht G R 2022 The effect of online learning on communication between instructors and students during Covid-19 pandemic Asian Education and Development Studies 11(2) 380–400 DOI: 10.1108/AEDS-06-2020-0131
Nambiar D 2020 The impact of online learning during COVID-19: students’ and teachers’ perspective The International Journal of Indian Psychology 8(2) 783–793 DOI: 10.25215/0802.094
Selvaraj A, Radhin V, Nithin K A, Benson N & Mathew A J 2021 Effect of pandemic based online education on teaching and learning system International Journal of Educational Development 85 DOI: 10.1016/j.ijedudev.2021.102444
Mursabdo W & Mursabdo M C 2021 Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Daya Serap Siswa Kelas 9 SMP Kristen Kanaan Jakarta Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan 3(2) 17–26 doi: 10.51518/lentera.v3i2.49
Robandi D & Mudjiran M 2020 Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3) 3498–3502 doi: 10.31004/jptam.v4i3.878
Sugiyono 2016 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta
Sundayana R 2016 Statistika Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta
Setiadi H 2016 Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20(2) 166–178 doi: 10.21831/pep.v20i2.7173
Wahyuningsih K S 2021 Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Dharma Praja Denpasar Jurnal Pangkaja 21(1) 107-118 http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PJAH/article/view/2185
Sari N 2020 Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di MIN 3 Medan Journal Of Education And Teaching Learning (JETL) 2(3) 44–57 doi: 10.51178/jetl.v2i3.67
Asmuni A 2020 Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya Jurnal Paedagogy 7(4) doi:10.33394/jp.v7i4.2941
Balitbang Kemendikbud RI 2020 Surat Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 018/H/KR/2020 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah
Anisa R J, Jana P & Marsiyam M 2021 Persepsi Guru Matematika Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(4) 2119-2128 doi: 10.24127/ajpm.v10i4.3707
Budiman J 2021 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Indonesia Selama Masa Pandemi Covid-19 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 12(1) 104–113 doi: 10.31932/ve.v12i1.1074
Adeno V A, Hasrul & Rafni A 2022 Persepsi Guru, Siswa dan Orang Tua Siswa di SMP Negeri 30 Padang Tentang Pembelajaran Daring Journal of Education, Cultural, and Politics 2(1) 88–97 doi: 10.24036/jecco.v2i1.48
Yazid M & Ernawati A 2020 Hasil Belajar Siswa Di MI NW Pancor Kopong Pada Masa Pandemi Covid-19 Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1(2) 205–209 doi: 10.37478/jpm.v1i2.661
Syafa’ati J S N, Sucipto & Roysa M 2021 Analisis Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 Jurnal Educatio 7(1) 122–128 doi: 10.31949/educatio.v7i1.882
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.4048
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :