DAMPAK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL PENILAIAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19

Komara Komara, Nani Ratnaningsih

Abstract


Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) bahwa belajar dari rumah dilaksanakan melalui pembelajaran daring/jarak jauh untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. Hal ini mengubah paradigma pembelajaran dari yang semula pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana dampak pelaksanaan pembelajaran daring terhadap hasil penilaian kognitif peserta didik dalam pembelajaran matematika selama pandemi covid-19 di MTs Negeri 3 Ciamis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang diambil sebanyak 4 orang guru matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan diskusi menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring memberikan dampak terhadap rata-rata pencapaian tujuan pembelajaran yang relatif rendah, aspek kognitif yang digunakan guru dalam pembuatan instrumen penilaian hanya tahap mengingat (remember), memahami (understand) sampai menerapkan (apply) dan rata-rata hasil penilaian kognitif tidak sesuai dengan yang diharapkan guru yaitu 60% peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga guru melaksanakan program remidial agar nilai seluruh peserta didik dapat mencapai KKM.

Full Text:

PDF

References


Kompas 2020 Fakta Lengkap Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia tersedia https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2020 Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Desease (Covid-19)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013 Permendikbud No 109 Tahun 2013 tentang Penyelenggaran Pembelajaran Jarak Jauh

Kuntarto, E 2017 Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Journal Indonesian Language Education and Literature 3(1) doi: 10.24235/ileal.v3i1.1820

Oktavian R & Aldya R F 2020 Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0 Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan 20(2) doi: 10.30651/didaktis.v20i2.4763

Hutauruk A & Sidabutar R 2020 Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied 2(1) 45–51 doi: 10.36655/sepren.v2i1.364

Mustakim M 2020 Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika Al asma : Journal of Islamic Education 2(1) 1-12 doi: 10.24252/asma.v2i1.13646.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2016 Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan

Asrul, Ananda R & Rosinta 2014 Evaluasi Pembelajaran, 2nd edition (Bandung: Citapustaka Media)

Pagarra H, Bundu P, Irfan M, Hartoto & Raihan S 2020 Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes dan Penugasan Online Jurnal Publikasi Pendidikan 10(3) 260–265 doi : 10.26858/publikan.v10i3.16069

Hartuti M & Handayani D E 2019 Analisis Penilaian Kognitif Kurikulum 2013 Kelas Rendah MI Sabilul Ulum Mayong Jepara el-Ibtidaiy:Journal of Primary Education 2(1) 1-8 doi: 10.24014/ejpe.v2i1.7370

Anderson L W & Krathwohl D R 2001 A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy New York: Longman Publishing

Amarulloh S I, Sahida N M, Apriliani L & Muhtadi D 2022 Perspektif Mahasiswa Pada Pembelajaran Matematika Di Era Pandemi Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 4(1) 66–78 doi: 10.37058/jarme.v4i1.3293

Sari R P, Tusyantari N B, & Suswandari M 2021 Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19 Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(1) 9–15 doi: 10.37478/jpm.v2i1.732

Alawamleh M, Al-Twait L M & Al-Saht G R 2022 The effect of online learning on communication between instructors and students during Covid-19 pandemic Asian Education and Development Studies 11(2) 380–400 DOI: 10.1108/AEDS-06-2020-0131

Nambiar D 2020 The impact of online learning during COVID-19: students’ and teachers’ perspective The International Journal of Indian Psychology 8(2) 783–793 DOI: 10.25215/0802.094

Selvaraj A, Radhin V, Nithin K A, Benson N & Mathew A J 2021 Effect of pandemic based online education on teaching and learning system International Journal of Educational Development 85 DOI: 10.1016/j.ijedudev.2021.102444

Mursabdo W & Mursabdo M C 2021 Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Daya Serap Siswa Kelas 9 SMP Kristen Kanaan Jakarta Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan 3(2) 17–26 doi: 10.51518/lentera.v3i2.49

Robandi D & Mudjiran M 2020 Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3) 3498–3502 doi: 10.31004/jptam.v4i3.878

Sugiyono 2016 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta

Sundayana R 2016 Statistika Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta

Setiadi H 2016 Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20(2) 166–178 doi: 10.21831/pep.v20i2.7173

Wahyuningsih K S 2021 Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Dharma Praja Denpasar Jurnal Pangkaja 21(1) 107-118 http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PJAH/article/view/2185

Sari N 2020 Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di MIN 3 Medan Journal Of Education And Teaching Learning (JETL) 2(3) 44–57 doi: 10.51178/jetl.v2i3.67

Asmuni A 2020 Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya Jurnal Paedagogy 7(4) doi:10.33394/jp.v7i4.2941

Balitbang Kemendikbud RI 2020 Surat Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 018/H/KR/2020 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah

Anisa R J, Jana P & Marsiyam M 2021 Persepsi Guru Matematika Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(4) 2119-2128 doi: 10.24127/ajpm.v10i4.3707

Budiman J 2021 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Indonesia Selama Masa Pandemi Covid-19 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 12(1) 104–113 doi: 10.31932/ve.v12i1.1074

Adeno V A, Hasrul & Rafni A 2022 Persepsi Guru, Siswa dan Orang Tua Siswa di SMP Negeri 30 Padang Tentang Pembelajaran Daring Journal of Education, Cultural, and Politics 2(1) 88–97 doi: 10.24036/jecco.v2i1.48

Yazid M & Ernawati A 2020 Hasil Belajar Siswa Di MI NW Pancor Kopong Pada Masa Pandemi Covid-19 Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1(2) 205–209 doi: 10.37478/jpm.v1i2.661

Syafa’ati J S N, Sucipto & Roysa M 2021 Analisis Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 Jurnal Educatio 7(1) 122–128 doi: 10.31949/educatio.v7i1.882




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.4048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal