DESAIN PEMBELAJARAN LOGARITMA BERBASIS PERMAINAN MATEMATIKA

Usep Kosasih, Nurina Wulan Sabila, Nandang Arif Saefuloh

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh konsep desain pembelajaran logaritma yang terintegrasi dengan permainan agar menarik dan menantang untuk peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research dengan tahapan Preliminary research, Prototyping stage, dan Assessment phase. Penelitian melibatkan peserta didik sekolah menengah atas dalam melakukan percobaan desain pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh gambaran tahapan-tahapan pembelajaran yang baik dengan menerapkan permainan sehingga mampu meningkatkan respons positif peserta didik. Permainan yang dikembangkan mampu memfasilitasi pembelajaran secara intensif, sehingga peserta didik terlibat secara fokus pada pembelajaran sesuai dengan tahapan yang runtut dalam pembelajaran. Permainan yang dihasilkan membantu guru mengembangkan kegiatan apersepsi, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dalam pembelajaran logaritma.

 

This study aims to obtain a logarithmic learning design concept integrated with games to make it exciting and challenging for students. The method used in this research is design research with the stages of preliminary design, teaching experiment, and retrospective analysis. The study involved senior high school students in conducting instructional design experiments. Based on the results of this study, a description of the stages of Learning was obtained by applying the game to improve students' positive responses. The games developed can facilitate intensive Learning so that students are involved in a focused manner on learning according to the successive stages of Learning. The resulting design help teachers form apperception, core, and closing activities in logarithmic Learning.


Full Text:

PDF

References


Mansia F & Amir ZMZ 2019 Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP Journal for Research in Mathematics Learning 2(3) 249-256 http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i3.7675

Suroto 2012 Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIC SMPN 2 Semarang pada Kopetensi Dasar Pemfaktoran Bentuk Aljabar Melalui Alat Peraga Domino Media Penelitian Pendidikan 6(2) 90-98 DOI: 10.26877/mpp.v6i2%20Desember.472

Makur AP & Prahmana RCI 2015 Penyebab Kecemasan Matematika Mahasiswa calon Guru Asal Papua Jurnal Elemen 1(1) 1 – 12 DOI: 10.29408/jel.v1i1.84

Sundayana R 2015 Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika (Bandung: Alfabeta)

Andriantoni & Nurdin 2016 Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada)

Sadiman A & dkk 2012 Media pendidikan: pengertian, pengembangan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)

Rosyid A 2017 Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Domino Untuk Memotivasi Santri di Masjid Al muhajirin Banyuajuh dalam Mengerjakan Soal Matematika Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 3(2) 26-30 DOI:10.31597/ja.v3i2.141

Dwirahayu G & Nursida 2016 Mengembangkan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Permainan Untuk Siswa Kelas 1 MI Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 5(2) 117-138 http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v5i2.177

Rahaju & Hartono SR 2017 Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Monopoli Indonesia Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2(2) 130- 139 https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i2.1977

Taris L & Mantasiah R 2016 Implementasi Media Pembelajaran Anti Korupsi Berbasis Gender Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran di SD Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI 19(2) 100–107 https://doi.org/10.26858/ijes.v19i2.3592

Zulfikar & Azizah L 2017 Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Ma Negeri 1 Makassar Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra 1(2) 156-166 https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4412

Wulandari I, Hendrian J, Sari IP, & Arumningtyas F 2020 Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika E-Dimas Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 11(2) 120-131 DOI:10.26877/e-dimas.v11i2.2513

Gunawan MS & Fitra D 2021 Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Eksponen dan Logaritma Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10(2) 257-268 https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.875

Murtianto YH, Muhtarom, & Setiyaningrum ED 2019 Pemahaman Konsep Logaritma Siswa SMA Ditinjau dari Kemampuan Matematika Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran 13(1) 36-41, DOI:10.26877/mpp.v13i1.5087

Adrelia DI, Kurniawati V, & Prahmana RCI 2015 Permainan Bom Angka dalam Konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil untuk Anak Sekolah Dasar Jurnal Elemen 1(1) 25-35 DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.77

Plomp T & Nieveen N 2013 Educational Design Research Part A: An introduction (Netherlands: SLO, Enschede)

Armianti, Wildan DN, Trissiana O, Robiansyah, & Prahmana RCI 2016 Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Matematika Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) Jurnal Elemen 2(1) 27 – 38 https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.152

Pramuditya SA, Noto MS, & Handayani VD 2021 Desain Didaktis Konteks Fabel Berbasis Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Aljabar Jurnal Elemen 7(1) 68 – 83 https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2730

Ruseffendi ET 2006 Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA (Bandung: Tarsito)

Sanjaya W 2008 Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran (Jakarta: Kencana)

Wibawa W & Mukti F 2001 Media Pengajaran (Bandung: CV Maulana)

Resika M 2021 Penggunaan kartu soal lisan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar sains siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha di semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya 15(1) 58-68 http://dx.doi.org/10.23887/wms.v15i1.24455

Chen-Huei & Chou 2013 Using Tic-Tac-Toe for Learning Data Mining Classification and Evaluations International Journal of Information and Education Technology 3(4) 437-441 DOI: 10.7763/IJIET.2013.V3.314

Agustia W & Amri Z 2013 Improving The Students' Speaking Ability by Using Tic-Tac-Toe Game to be Media at Junior High School Journal of English Teaching 1(2) 224-234 https://doi.org/10.24036/jelt.v1i2.1957




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.4069

Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF - 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal