PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS VBA MICROSOFT POWERPOINT MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA SMP
Abstract
Siswa sekolah menengah mengalami kesulitan dalam memahami materi matematika yang abstrak, salah satunya bangun ruang sisi datar (BRSD). Alternatif pembelajaran yang dapat membantu kesulitan siswa pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan discovery learning berbasis Visual Basic Applications (VBA) Microsoft Powerpoint. Tujuan penelitian untuk menganalis respons ahli terhadap media VBA Microsoft Powerpoint, mendeskripsikan penerapan discovery learning berbasis VBA Microsoft Powerpoint pada materi bangun ruang sisi datar, dan menganalisis respons siswa terhadap penggunaan media VBA Microsoft Powerpoint. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah satu kelas siswa kelas VIII pada salah satu SMP di kota Bandung. Instrumen menggunakan lembar validasi media dan skala pendapat siswa. Hasil penelitian menunjukkan respons ahli terhadap tampilan media sangat baik, sedangkan respons ahli terhadap sajian materi pada media sudah baik. Penerapan discovery learning berbasis VBA Microsoft Powerpoint memiliki tahap-tahap yaitu stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Respons siswa terhadap penggunaan media VBA Microsoft Powerpoint sudah baik. Mereka dapat memahami materi BRSD melalui media VBA Microsoft Powerpoint, aktif mengikuti pembelajaran, dan merasa senang.
Full Text:
PDFReferences
Rohaeti E E 2012 Analisis Pembelajaran Konsep Esensial Matematika Sekolah Menengah Melalui Pendekatan Kontekstual Socrates Infin. J. 1(2) 186–191 Doi: 10.22460/infinity.v1i2.18
Nuroso H and Siswanto J 2012 Model Pengembangan Modul IPA Terpadu Berdasarkan Perkembangan Kognitif Siswa J. Penelit. Pembelajaran Fis. 1(1) 35–46 Doi: 10.26877/jp2f.v1i1/april.106
Putra H D 2014 Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa MTs Asy Syifa Kelas IX Berdasarkan Teori Piaget Prosiding seminar nasional pendidikan matematika 2 224–230
Aini I N and Hidayati N 2017 Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa SMP Kelas VII Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika 10(2) 25–30 Doi: 10.30870/jppm.v10i2.2027
Putra H D, Putri A, Lathifah A N and Mustika C Z 2018 Kemampuan Mengidentifikasi Kecukupan Data pada Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa MTs JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 2(1) 48–61 Doi: 10.33603/jnpm.v2i1.862
Lestari R S, Rohaeti E E and Purwasih R 2018 Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kemampuan Dasar Jurnal Ilmial Pendidikan Matematika 3(1) 51–58 Doi: 10.26877/jipmat.v3i1.2220
Hasibuan E K 2018 Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 12 Bandung AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika 7(1) 18–30 Doi: 10.30821/axiom.v7i1.1766
Putra H D, Thahiram N F, Ganiati M and Nuryana D 2018 Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang JIPM (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika) 6(2) 82-90 Doi: 10.25273/jipm.v6i2.2007
Masjudin M 2017 Pembelajaran Kooperatif Investigatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Barisan Dan Deret Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 4(2) 76–84 Doi: 10.25273/jems.v4i2.687
Sofyan F A 2019 Implementasi HOTS Pada Kurikulum 2013 Inventa 3(1) 1–9 Doi: 10.36456/inventa.3.1.a1803
Putra H D, Setiawan W and Afrilianto M 2020 Indonesian high scholar difficulties in learning mathematics International Journal of Scientific & Technology Research 9(1) 3466–3471
Rohaeti E E 2010 Critical and Creative Mathematical Thinking of Junior High School Students Educationist 4(2) 99–106
Marfuah S, Zulkardi Z and Aisyah N 2016 Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint Disertai Visual Basic for Application Materi Jarak Pada Bangun Ruang Kelas X Jurnal Gantang 1(1) 45–53 Doi: 10.31629/jg.v1i1.5
Fathoni E, Syaiful M and Ekwandari Y S 2017 Pengaruh Powerpoint dengan Visual Basic Applications (VBA) Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah 5(1) 1–12
Nasir A, Upu H & Ihsan H 2017 Penerapan Media Animasi Pada Materi Bangun Datar Segiempat Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Ecosystem 16(3) 477–488 Doi: 10.31227/osf.io/ygajp
Sugiyono 2016 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: CV Alfabeta)
Zulyadaini 2017 A Development of Students’ Worksheet Based on Contextual Teaching and Learning IOSR Journal of Mathematics 13(1) 30–38 Doi: 10.9790/5728-1301033038
Putra H D 2017 Pengembangan Instrumen Untuk Meningkatkan Kemampuan Mathematical Problem Posing Siswa SMA Euclid 4(1) 636–645 Doi: 10.33603/e.v4i1.211
Hendriana H, Putra H D and Hidayat W 2019 How to design teaching materials to improve the ability of mathematical reflective thinking of senior high school students in Indonesia? Eurasia Journal Mathematics, Science and Technolonogy Education 15(12) 1-20 Doi: 10.29333/ejmste/112033
Riani W and Rozali Y 2014 Hubungan Antara Self-Efficacy dan Kecemasan Saat Presentasi Pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul Jurnal Psikologi Esa Unggul 12(1) 1–9
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.4152
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :