ANALISIS GESTURE MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED

Parida Nurfadilah, Ekasatya Aldila Afriansyah

Abstract


Pada saat proses penyelesaian masalah matematika secara spontan siswa melakukan gerakan tubuh yang disebut gesture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gesture yang digunakan dalam menyelesaikan soal open-ended. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes soal, observasi, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI tahun ajaran 2020/2021 yang berada di Desa Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut yang berjumlah 6 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok yang memiliki tingkat penyelesaian sangat tinggi menggunakan gesture ikonik 58 gesture, gesture metaforik 7, dan gesture deiktik 37. Kelompok yang memiliki tingkat penyelesaian tinggi menggunakan gesture ikonik 45, gesture metaforik 8, dan gesture deiktik 43. Dan kelompok yang memiliki tingkat penyelesaian sedang menggunakan gesture ikonik 41, gesture metaforik 2, dan gesture deiktik 29. 


Full Text:

PDF

References


Lestari A B & Afriansyah E A 2021 Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp di kampung cibogo pada materi SPLDV SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika 13(2) 92-102

Dewi P, Asnawati R & Widyastuti W 2017 Penerapan strategi REACT untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung 5(3)

Fadilah D N & Afriansyah E A 2021 Peran orang tua terhadap hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19 dalam pembelajaran matematika berbasis online Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 1(3) 395-408

Islamiah N, Purwaningsih W E, Akbar P & Bernard M 2018 Analisis hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa SMP Journal on Education 1(1) 47-57

Yunaeti N, Arhasy E A & Ratnaningsih N 2021 Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik menurut teori john dewey ditinjau dari gaya belajar Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 3(1) 10-21

Fermansyah D, Aripin A & Supratman S 2020 Kemampuan pemecahan masalah matematik ditinjau dari kematangan berpikir matematis Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 2(2) 158-166

Yanti Y, Sumarni S & Adiastuty N 2019 Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi segiempat melalui pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT) 5(2) 145-159

Mustikasari M, Zulkardi Z & Aisyah N 2010 Pengembangan soal-soal open-ended pokok bahasan bilangan pecahan di sekolah menengah pertama Jurnal Pendidikan Matematika 4(2)

Andriani Y N & Madio S S 2013 Perbandingan kemampuan berpikir reflektif antara siswa yang mendapatkan pendekatan open ended dengan konvensional Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 2(2) 135-144

Kurniasih M D, Darojati H, Waluya S B & Rochmad R 2020 Analisis gesture siswa tunarungu dalam belajar matematika di tinjau dari gender JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 5(2) 175-182

Purnamasari P D & Sugiman S 2016 Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMK muhammadiyah I patuk pada pokok bahasan peluang Jurnal Pendidikan Matematika-S1 5(4)

Afriansyah E A 2016 Enhancing mathematical problem posing via realistic approach International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education MSCEIS

Elvierayani R R 2016 Gesture matematis siswa dalam menyelesaikan masalah fungsi Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4(1)

Wandasari Y, Kristiawan M & Arafat Y 2019 Policy evaluation of school’s literacy movement on improving discipline of state high school students International Journal of Scientific & Technology Research 8(4) 190-198

Wakefield E, Novack M A, Congdon E L, Franconeri S & Goldin‐Meadow S 2018 Gesture helps learners learn, but not merely by guiding their visual attention Developmental science 21(6) p.e12664

O'Neill H, Murphy C A & Chiat S 2019 What our hands tell us: a two-year follow-up investigating outcomes in subgroups of children with language delay Journal of Speech, Language, and Hearing Research 62(2) 356-366

Hardianto H, Subanji S & Rahardjo S 2016 Penggunaan gesture dalam memperbaiki kesalahan prosedural siswa dalam proses diskusi pemecahan masalah matematika Prosiding 2(1)

Arzarello F & Edwards L 2005 Gesture and the construction of mathematical meaning

Goldin-Meadow S, Nusbaum H, Kelly S D & Wagner S 2001 Explaining math: Gesturing lightens the load psychological science 12(6) 516-522

Arzarello F, Paola D, Robutti O & Sabena C 2009 Gestures as semiotic resources in the mathematics classroom Educational Studies in Mathematics 70(2) 97-109

Goldin‐Meadow S 2011 Learning through gesture Wiley Interdisciplinary Reviews: Cognitive Science 2(6) 595-607

Edwards L D & Robutti O 2014 Embodiment, modalities, and mathematical affordances Emerging perspectives on gesture and embodiment in mathematics 1-23

Habibah S N 2018 Analisis gesture matematis siswa dalam menyelesaikan masalah dalil phytagoras di SMP negeri 1 ngantru tulungagung tahun ajaran 2017/2018.

Lascarides A & Stone M 2009 A formal semantic analysis of gesture Journal of Semantics 26(4) 393-449

McNeill D 1985 So you think gestures are nonverbal? Psychological review 92(3) 350

Lester J C, Voerman J L, Towns S G & Callaway C B 1999 Deictic believability: Coordinated gesture, locomotion, and speech in lifelike pedagogical agents Applied Artificial Intelligence 13(4-5) 383-414

Koh E T & Owen W L 2000 Descriptive research and qualitative research In Introduction to Nutrition and Health research 219-248 Springer Boston MA




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.4246

Article Metrics

Abstract view : 136 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal