META ANALISIS: KEEFEKTIFAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Muhamad Amin, Malik Ibrahim, Alkusaeri Alkusaeri

Abstract


Membimbing siswa untuk berpikir kreatif merupakan bagian penting dari proses Pendidikan untuk memenuhi keterampilan yang dibutuhkan di abad ke-21 dengan kurikulum 2013. Berpikir kreatif adalah cara berpikir seseorang untuk menciptakan ide-ide baru yang berbeda dari lainnya, kemampuan ini dapat dikembangkan dari berbagai macam pendekatan dan media yang dapat menumbuhkan kreatifitas siswa seperti pendekan STEM salah satunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian menggunakan meta analisis, yaitu mereview, mendata dan menganalisis terbitan  sebelumnya yang dikumpulkan dari database pengindeks seperti Google Scholar, Portal Garuda, PubMed. Dari database tersebut didapatkan 30 data dengan kategori lengkap yaitu data (jurnal, artikel, skripsi) hasil penelitian yang memuat nilai uji fisher (F), uji student (t), uji korelasi (r), dan jumlah peserta didik yang menjadi sampel penelitian (N), kemudian data yang di filter digunakan untk mendapatkan effect size (ES) dan standart error (SE), yang kemudian dianalisis menggunakan bantuan software JASP. Hasilnya secara keseluruhan dari 30 data sampel didapatka nilai rata-rata ES dan SE berturut-turut 0.579762 dan 0.14298, yang menunjukkan pendekatan STEM berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dengan RE-Model 57% yang berarti kategori sedang. Dan dari output berdasarkan jenjang, STEM paling berpengaruh di jenjang SMA/MA dengan sampel sebanyak 11 data menghasilkan output RE-Model 65% yang berarti kategori sedang. Dan juga Dapat disimpulkan bahwa pendekatan STEM paling efektif pada bidang focus Sains sebanyak 20 data yang terbagi menjadi beberapa cabang seperti fisika, geografi menunjukkan RE-Model 59% yang berarti kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


T. S. S. Hidayah R., Moh. Salimi, “CRITICAL THINKING SKILL: KONSEP DAN INIDIKATOR PENILAIAN,†vol. 01, no. 02, 2017, doi: https://doi.org/10.30738/tc.v1i2.1945.

H. Im, B. Hokanson, and K. K. P. Johnson, “Teaching Creative Thinking Skills,†Cloth. Text. Res. J., vol. 33, no. 2, pp. 129–142, 2015, doi: 10.1177/0887302x15569010.

A. Syahrin, Dawud, H. Suwignyo, and E. T. Priyatni, “Creative thinking patterns in student‘s scientific works,†Eurasian J. Educ. Res., vol. 2019, no. 81, pp. 21–36, 2019, doi: 10.14689/ejer.2019.81.2.

M. Sanders, “STEM,STEMEducation,STEMmania,†Technol. Teach., pp. 20–27, 2009, [Online]. Available: https://vtechworks.lib.vt.edu/bitstream/handle/10919/51616/STEMmania.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

T. Torlakson, “Innovate A Blueprint for STEM Education - Science (CA Dept of Education),†Californians Dedic. to Educ. Found., no. May, p. 52, 2014.

B. Budi Setiawan, R. Kurniasari, and T. M., & Sarkim, “The implementation of STEM approach through project based learning to develop student ’ s creativity The implementation of STEM approach through project based learning to develop student ’ s creativity,†2020, doi: 10.1088/1742-6596/1470/1/012041.

W. Benjamin, “No Titיליle,†ペインクリニック学会治療指é‡ï¼’, vol. 3, pp. 1–9, 2019.

H. Bakırcı and M. G. Kırıcı, “The effect of STEM supported research-inquiry-based learning approach on the scientific creativity of 7th grade students,†J. Pedagog. Res., vol. 5, no. 2, pp. 1–17, 2021, doi: 10.33902/jpr.2021067921.

A. Azis, “Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Literasi Sains , Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Effect of Project-Based Learning Integrated Stem Against Science Literacy , Creativity and Learning Outcomes On Environmental Pollution,†pp. 189–194, 2017.

A. Renandika, “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Di Sdn Sumberpinang 02 Jember.,†Edustream J. Pendidik. Dasar, vol. IV, no. November, pp. 106–114, 2020, [Online]. Available: http://repository.um.ac.id/100017/.

A. A. Dywan and G. S. Airlanda, “Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM dan Tidak Berbasis STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,†J. Basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 344–354, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.353.

A. E. M. Cahyani, T. Mayasari, and M. Sasono, “Efektivitas E-Modul Project Based Learning Berintegrasi STEM Terhadap Kreativitas Siswa SMK,†J. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 1, p. 15, 2020, doi: 10.20527/jipf.v4i1.1774.

F. HASANÇEBİ, Ö. GÜNER, C. KUTRU, and M. HASANÇEBİ, “Impact of Stem Integrated Argumentation-Based Inquiry Applications on Students ’ Academic Success, Reflective Thinking and Creative Thinking Skills,†Particip. Educ. Res., vol. 8, no. 4, pp. 274–296, 2021, doi: 10.17275/per.21.90.8.4.

A. Tiryaki and S. Adıgüzel, “The Effect of STEM-Based Robotic Applications on the Creativity And Attitude of Students,†J. Sci. Learn., vol. 4, no. 3, pp. 288–297, 2021, doi: 10.17509/jsl.v4i3.29683.

Safriana, F. W. Ginting, and Khairina, “Universitas Abulyatama Jurnal Dedikasi Pendidikan PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI ALAT- ALAT,†vol. 8848, no. 1, pp. 127–136, 2022.

R. Mawarni and R. A. Sani, “Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan Berpikir kreatif siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Negeri Tebing Tinggi T.P 2019/2020.,†J. Inov. Pembelajaran Fis., vol. 8, no. 2, pp. 8–15, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/18678.

N. A. Lestari, S. S. Eraku, and R. Rusiyah, “Pengaruh Pembelajaran Berintegrasikan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Terhadap Hasil Belajar Geografi Di Sma Negeri 1 Gorontalo,†Jambura Geo Educ. J., vol. 2, no. 2, pp. 70–77, 2021, doi: 10.34312/jgej.v2i2.11587.

D. Muslimin, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA Di MTs. Mu’allimien Muhammadiyah Bogor,†2014.

I. Madyani, S. Yamtinah, and S. B. Utomo, “The Implementation of PBL Integrated With STEM in the Material of T emperature and Its Changes to the Improvement of Students ’ Creative Thinking Skills and Learning Results,†vol. 5, no. 3, pp. 260–267, 2019.

A. Argianti and S. Andayani, “Keefektifan pendekatan STEM berbantuan Wolfram Alpha pada pembelajaran matematika ditinjau dari motivasi dan kemandirian belajar,†J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, pp. 217–230, 2021, doi: 10.21831/jrpm.v8i2.35263.

S. Novidya and R. Kustijono, “Keefektifan model pembelajaran STEM guna peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa,†Semin. Nas. Fis. 2019 “Menghilirkan Penelitian-Penelitian Fis. dan Pembelajarannya,†vol. 3, pp. 66–71, 2019.

S. H. Santoso and M. Mosik, “Unnes Physics Education Journal Kefektifan LKS Berbasis STEM ( Science , Technology , Engineering and Mathematic ) untuk,†Unnes Phys. Educ. J., vol. 8, no. 3, pp. 248–253, 2019.

Z. Oktavia and S. Ridlo, “Critical Thinking Skills Reviewed from Communication Skills of the Primary School Students in STEM-Based Project-Based Learning Model,†J. Prim. Educ., vol. 9, no. 3, pp. 311–320, 2020, doi: 10.15294/jpe.v9i3.27573.

N. Arifin, “Efektivitas Pembelajaran Stem Problem Based Learning Ditinjau Dari Daya Juang Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pgsd,†JPMI (Jurnal Pendidik. Mat. Indones., vol. 5, no. 1, p. 31, 2020, doi: 10.26737/jpmi.v5i1.1644.

N. H. Shalihah, Dafik, and T. D. Prastiti, “The analysis of the application of learning materials based on project-based learning to improve the elementary school students’ creative thinking skills in solving contextual division problems,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1563, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1563/1/012044.

Y. Akhmad, Masrukhi, and B. Indiatmoko, “The Effectiveness of the Integrated Project-Based Learning Model STEM to improve the Critical Thinking Skills of Elementary School Students,†Educ. Manag., vol. 9, no. 1, pp. 9–16, 2020, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/35870.

V. Y. Erviana, “Pengembangan Ensiklopedia Terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Sebagai Pengayaan Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar,†J. Inov. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 1, pp. 31–44, 2019, doi: 10.22236/jipd.v5i1.96.

A. Somwaeng, “Developing early childhood students ’ creative thinking ability in STEM Education,†2021, doi: 10.1088/1742-6596/1835/1/012009.

A. Khoiri, “Meta Analysis Study: Effect of STEM (Science Technology Engineering and Mathematic) towards Achievement,†Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 9, no. 1, pp. 71–82, 2019, doi: 10.30998/formatif.v9i1.2937.

Z. Zeng, J. Yao, H. Gu, and R. Przybylski, “A Meta-Analysis on the Effects of STEM Education on Students’ Abilities,†Sci. Insights Educ. Front., vol. 1, no. 1, pp. 3–16, 2018, doi: 10.15354/sief.18.re005.




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.4844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal