ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA

Fahmi Abdul Rozi, Ekasatya Aldila Afriansyah

Abstract


Kreativitas merupakan aspek penting yang harus dimiliki siswa. Dengan mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa, guru memperoleh wawasan yang luas tentang potensi dan bakat yang dimiliki siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi segi empat dan segitiga berdasarkan disposisi matematis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan 3 subjek siswa kelas VIII di Desa Sindangsari. Pemilihan subjek berdasarkan kemampuan disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif matematis, angket disposisi matematis, dan wawancara. Analisis tes kemampuan berpikir kreatif mengacu pada tiga indikator berpikir kreatif, yaitu fluency, ,flexibility, dan originality. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan disposisi matematis tinggi diperoleh tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK) 3 yang artinya kreatif; (2) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan disposisi matematis sedang diperoleh  (TKBK) 1 yang artinya kurang kreatif; (3) kemampuan berpikir kreatif siswa dengan disposisi matematis rendah diperoleh  (TKBK) 1 yang artinya kurang kreatif.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Disposisi Matematis, Segiempat, Segitiga.

Creativity is an important aspect that must be owned by students. By knowing students' creative thinking abilities, teachers gain broad insight about the potential and talents of their students. This study aims to describe students' mathematical creative thinking skills on the material of rectangles and triangles based on mathematical dispositions. This research is a qualitative descriptive study using 3 subjects of class VIII students in Sindangsari Village. Subject selection was based on high, medium, and low mathematical disposition abilities. Data collection techniques used mathematical creative thinking ability tests, mathematical disposition questionnaires, and interviews. The creative thinking ability test analysis refers to three indicators of creative thinking, namely fluency, flexibility, and originality. The results of this study stated that (1) the creative thinking ability of students with high mathematical disposition obtained a level of creative thinking ability (TKBK) 3 which means creative; (2) the creative thinking ability of students with moderate mathematical disposition is obtained (TKBK) 1 which means less creative; (3) the creative thinking ability of students with low mathematical disposition is obtained (TKBK) 1 which means less creative.

Keywords: Mathematical Creative Thinking Ability, Mathematical Disposition, Quadrilateral, Triangle.


Full Text:

PDF

References


Jung J 2020 The fourth industrial revolution, knowledge production and higher education in South Korea Journal of Higher Education Policy and Management 42(2) 134-156

Dewi R P & Afriansyah E A 2022 Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 2(1) 39-52

Hensley N 2020 Educating for sustainable development: Cultivating creativity through mindfulness Journal of Cleaner Production 243 118542

Sari K P Neviyarni & Irdamurni 2020 Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak SD Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7(1) 44–50

Mursidik E M Samsiyah N & Rudyanto H E 2015 Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika pada Siswa Sekolah Dasar PEDAGOGIA: Journal of Education 4(1) 23–33

Faturohman I & Afriansyah E A 2020 Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(1) 107-118

Afriansyah E A 2021 Realistic Mathematics Education Berbasis Emergent Modeling untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis serta Curiosity Mahasiswa Calon Guru (Disertasi: Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Indonesia)

Fauziyyah B S & Silfia 2020 Pertumbuhan Kreativitas Siswa Melalui Program Ektrakulikuler di Sekolah Dasar Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1) 35–40

Dalilan R & Sofyan D 2022 Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 2(1) 141-150

Kurniawati N 2018 Mengakses dan Memonitor Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Matematika Prisma 7(1) 99–106 https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.362

Siregar R N Karnasih I & Hasratuddin 2020 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self-Efficacy Siswa SMP Jurnal Pendidikan Glasser 4(1) 45–64

Soeviatulfitri & Kashardi 2020 Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Osborn di SMP Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 5(3) 35–43

Kozlowski J S Chamberlin S A & Mann E 2019 Factors that influence mathematical creativity The Mathematics Enthusiast 16(1) 505-540

Rahayu E L Akbar P & Afrilianto M 2018 Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Journal on Education 1(2) 271–278

Ummah R & Amin S M 2018 Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Tipe “What’s Another Way†Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 7(3) 508–517

Herdani P D & Ratu N 2018 Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Open – Ended Problem pada Materi Bangun Datar Segi Empat JTAM Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika 2(1) 9–16

Suardipa I P 2019 Kajian Creative Thinking Matematis dalam Inovasi Pembelajaran Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya 3(2) 15–22

Suparman T & Zanthy L S 2019 Analisis Kemampuan Beripikir Kreatif Matematis Siswa SMP Journal On Education 1(2) 503–508

Choridah D T 2013 Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA Infinity Journal 2(2) 194–202 https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.35

Capone R & Lepore M 2021 From Distance Learning to Integrated Digital Learning: A Fuzzy Cognitive Analysis Focused on Engagement, Motivation, and Participation During COVID-19 Pandemic Technology, Knowledge and Learning 1-31

Yohana R & Zhanty L S 2019 Disposisi Matematik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMK Journal On Education 01(03) 113–118

Reynaldi R Sugianto & Astuti D 2016 Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dikaji dari Tingkat Disposisi Matematis di Madrasah Aliyah Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa 5(10) 1–15

Sumarmo U Kusnadi A & Maya R 2018 Mathematical Critical Thinking Ability and Disposition Journal of Educational Experts 1(2) 69–80

Ardiansyah A S & Junaedi I 2020 Tingkat Kreativitas Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Muliple Solution Task Setting Challenge Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika 3 258–265

Irawan M A & Suhardi M 2018 Implementasi Manajemen Strategik Unit Produksi SMKN 3 Mataram Jurnal Paedagogy 5(2) 130–135

Senjawati R A & Fakhruddin 2017 Motivasi Warga Belajar dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Program Kelompok Belajar Paket C Journal of Nonformal Education 3(1) 40–46

Safitri A I & Prasetyawan Y Y 2016 Peran Layanan Mobil Pintar Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta (Studi Kasus: Anak Usia7-15) Jurnal Ilmu Perpustakaan 5(4) 111–120

Ningsih E F 2015 Implementasi Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis PJME: Pasundan Journal of Mathematics Education 5(1) 26–36 https://doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1441

Trisnowali A 2015 Profil Disposisi Matematis Siswa Pemenang Olimpiade pada Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Journal of Educational Science and Technology (EST) 1(3) 47–57 https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1826

Hamidah M T & Prabawati M N 2019 Analisis Disposisi Matematik Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Statistika di MTsN 11 Tasikmalaya Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers 373–380

Setiawan F T Suyitno H & Susilo B E 2017 Analysis of Mathematical Connection Ability and Mathematical Disposition Students of 11th Grade Vocational High School Unnes Journal of Mathematics Education 6(2) 152–162 https://doi.org/10.15294/ujme.v6i2.13135

Wanabuliandari S 2016 Peningkatan Disposisi Matematis dengan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Thinking Aloud Pairs Problem Solving (Tapps) Berbasis Multimedia Refleksi Edukatika 6(2) 138–144 https://doi.org/10.24176/re.v6i2.605




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.4880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal