EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ARSITEKTUR KERATON KANOMAN CIREBON AREA SITI INGGIL

Mega Nur Prabawati, Ipah Muzdalipah, Ovi Octafiyani

Abstract


Keraton Kanoman Cirebon merupakan salah satu cagar budaya yang masih dilestarikan hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai nilai filosofis yang terkandung pada arsitektur Keraton Kanoman Cirebon, dan konsep matematis yang terdapat pada arsitektur Keraton Kanoman Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dokumen, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan terhadap beberapa sumber ahli yakni, abdi dalem Keraton Kanoman, tim Pustaka Wangsakerta, dan Humas Keraton Kanoman. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti sebagai instrumen utama, pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumen. Teknik analisis data menggunakan model analisis data menurut Spradley, yaitu: analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema kultural. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Arsitektur Keraton Kanoman Cirebon Area Siti Inggil mengandung nilai filosofis yang mengandung sisi normatif, moral, dan estetika, (2) Konsep matematis pada Arsitektur Keraton Kanoman Area Siti Inggil diantaranya konsep golden ratio, konsep geometri yang meliputi garis, sudut, bangun datar, bangun ruang, dan geometri transformasi yang dapat dijadikan sebagai referensi sumber belajar pembelajaran matematika secara kontekstual. 


Full Text:

PDF

References


Normina 2017 Pendidikan dalam kebudayaan Ittihad : Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan 15(28) 17–28

Medyasari L T Rachmani N & Nino D 2019 Eksplorasi etnomatematika bangunan kota lama di kota semarang Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES

Marsigit Condromukti R Setiana D S & Hadiarti S 2019 Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika Journal of Chemical Information and Modeling 20–38

Gerdes P 2004 Ethnomathematics as a new research field, illustrated by studies of mathematical ideas in african history New Trends in the History and Philosophy of Mathematics 11–36 http://iascud.univalle.edu.co/libro/libro_pdf/Ethnomathematics as a new research.pdf

Bishop A J 1997 The Relationship between Mathematics Education and Culture In Opening address Delivered of Iranian Mathematics education Conference. Kermannshah, Iran. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/ 255590052

Sucipto T 2010 Eksistensi keraton di cirebon kajian persepsi masyarakat terhadap keraton-keraton di Cirebon Patanjala: Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya 2(3) 472 https://doi.org/10.30959/patanjala.v2i3.240

Herawaty D Widada W Nugroho K U Z & Anggoro A F D 2019 The Improvement of the Understanding of Mathematical Concepts through the Implementation of Realistic Mathematics Learning and Ethnomathematics In International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) Atlantis Press http://doi.org?10.2991?icetep-18.2019.6

Barta J & Shockey T 2006 The mathematical ways of an aboriginal people: the northern ute Journal of Mathematics and Culture 1(1) 79-89

Sharp J & Stevens A 2007 Culturally-relevant algebra teaching: The case of African drumming The Journal of Mathematics and Culture 2(1) 37-57

Owens K 2012 Papua New Guinea Indigenous knowledges about mathematical concepts Journal of Mathematics and Culture 6(1) 20-50

Setiadi D 2017 Pola bilangan matematis perhitungan weton dalam tradisi Jawa dan Sunda Adhum: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Ilmu Administrasi dan Humaniora 7(2) 75-86

Hartoyo A 2012 Eksplorasi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar Jurnal Penelitian Pendidikan 13(1) 14-23 http://doi.org/10.26418/jpmipa.v2i1.2180

Sudirman S, Son A L & Rosyadi R 2018 Penggunaan Etnomatematika Pada Batik Paoman Dalam Pembelajaran Geomteri Bidang di Sekolah Dasar IndoMath: Indonesia Mathematics Education 1(1) 27-34 http://doi.org/10.30738/ indomarth.v1i1.2093

Muhtadi D, Sukirwan, Warsito & Prahmana RCI 2017 Sundanese Ethnomathematics: Mathematical Activities in Estimating, Measuring, and Making Patterns Journal on Mathematics Education 8(2) 185-198 Doi:10.22342/jme.8.2.4055.185-198

Fitriani I A, Somatanaya A. A. G, Muhtadi D & Sukirwan 2019 Etnomatematika: Sistem Operasi Bilangan Pada Aktivitas Masyarakat Jawa Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) 1(2) 1-11 https://doi.org/10.37058/jarme.v1i2.779

Muhadi D, Sukirwan & Warsito 2019 Ethnomathematics on Sundanese belief symbol International Journal of Innovation, Creativity and Change 10(2) 44-55 https://www.ijicc.net/images/vol10iss2/10207_Muhtadi_2019_E_R.pdf

Utami R N F, Muhtadi D, Ratnaningsih N, Sukirwan & Hamid H 2020 Etnomatematika: Eksplorasi Candi Borobudur Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika 6(1) 13 – 26 Doi:10.37058/jp3m.v6i1.1438

Utami R N F, Hermanto R, Muhtadi D & Sukirwan 2021 Etnomatematika: Eksplorasi Seni Ukir Jepara Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika 7(1) 23-38 https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2551

Nurjamil D, Muhtadi D & Habibah A 2021 Studi Etnomatematika: Mengungkap Konsep Matematika pada Kerajinan Anyaman Bambu di Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya 3(1) 64-81 http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074

Muhtadi D, Rochmad & Isnarto 2021 Bahasa Matematis dalam Penentuan Waktu Siang - Malam menurut Tradisi Sunda Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 1(2) 263-274

Sugiyono 2019 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung, Indonesia: Alfabeta)

Hari A H 2015 Peran nilai-nilai personal (personal values) terhadap sikap konsumen. Magistra 92(27) 35-44

Sukardjono 2011 Hakikat dan Sejarah Matematika (Jakarta, Indonesia: Universitas Terbuka)




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.5024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal