ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI KONSEP GEOMETRI TRANSFORMASI PADA BANGUNAN IKONIK KOTA SOREANG

Sidiq Aulia Rahman, Elsa Elsa, Lilis Fatimah, Rani Sumiati Hasanah, Usep Kosasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan konsep Geometri Transformasi pada bangunan ikonik Kota Soreang Ibukota Kabupaten Bandung. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan model etnografi. Peneliti berperan sebagai pengumpul data melalui pengumpulan data studi literatur, observasi dan dokumentasi atau bisa dikatakan bahwa penelitian ini menggunakan instrumen penelitian human instrument. Analisis data melalui teknik reduksi data, penyajian data serta pemaparan hasil analisis data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa beberapa bangunan di daerah Soreang seperti diantaranya Gapura Selamat datang di Kabupaten Bandung merupakan salah satu contoh bangunan yang mengandung unsur Geometri Transformasi seperti translasi, refleksi, dilatasi, dan juga rotasi. Selain itu Masjid Agung Al-Fathu Soreang juga merupakan mengandung unsur dari Geometri Transformasi seperti translasi, dilatasi, rotasi dan juga refleksi, atau bisa dikatakan bahwa kedua ikon tersebut isometri. Konsep-konsep Geometri Transformasi yang ada pada beberapa bangunan di daerah Soreang tersebut bisa dimanfaatkan untuk mempermudah untuk mempelajari dan memahami konsep Geometri Transformasi.

Full Text:

PDF

References


Nyolandra, P R 2021 Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa di Sekolah Dasar. In Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 2, No. 1, pp. 1733-1742)

Resfaty A G, Muzdalipah I, & Hidayat E 2019 Studi Etnomatematika: Mengungkap Gagasan dan Pola Geometris pada Kerajinan Anyaman Mendong di Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1) https://doi.org/10.37058/jarme.v1i1.623

Fitriani I A, Somatanaya A A G, Muhtadi D, & Sukirwan S 2019 Etnomatematika: Sistem Operasi Bilangan Pada Aktivitas Masyarakat Jawa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), pp.94-104 https://doi.org/10.37058/jarme.v1i2.779

Safrina K, Ikhsan M, & Ahmad A 2014 Peningkatan kemampuan pemecahan masalah geometri melalui pembelajaran kooperatif berbasis teori van hiele. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1)

Fadila A 2018 Pengembangan LKPD Geometri Transformasi Dengan Motif Tapis Lampung. JURNAL e-DuMath, 4(2), 59-64 https://doi.org/10.52657/je.v4i2.734

Koriah T, Nandang N, & Mellawaty M 2021 Etnometematika Pada Proses Budi Daya Petani Tambak Udang Indramayu. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), pp.233-248, https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3216

Strauss A & Corbin J 2003 Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Lusiana D, Afriani N H, Ardy H, & Widada W 2019 Eksplorasi etnomatematika pada masjid jamik kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), pp.164-176 https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9787

Sebayang A 2015 Analisis Penerapan Ornamen dan Struktur Gapura di Daerah Perbatasan Kabupaten Karo dengan Kabupaten Sekitarnya (Doctoral dissertation, UNIMED)

Ridwanullah A I & Herdiana D 2018 Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, (12), 82-98 https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i1.2396




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.5221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal