PENERAPAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Setiap siswa memiliki karakteristik yang unik dalam hal kesiapan belajar, minat, dan profil belajar. Untuk itu, dalam proses pembelajaran tidak dapat semua disamaratakan berdasarkan perbedaan–perbedaan tersebut potensi masing-masing siswa dapat berkembang secara optimal. Differentiated Instruction merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunkan untuk memperhatikan perbedaan-perbedaan tersebut dalam merancang pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilihat kemampuan apa saja yang dapat dikembangkan melalui pendekatan tersebut. Penelitian ini merupakan studi pustaka terhadap artikel-artikel terkait dengan penerapan pendekatan Differentiated Instruction dan kemampuan siswa yang dapat dikembangkan. Selanjutnya hasil temuan dianalisis untuk melihat kemampuan apa saja yang dapat dikembangkan melalui pendekatan ini. Ditemukan bahwa kemampuan siswa yang dapat dikembangkan melaui pendekatan ini adalah berpikir kreatif, pemahaman konsep, pemecahan masalah, penalaran matematis, dan koneksi matematis.
Full Text:
PDFReferences
Amin. (2009). Pembelajaran Berdiferensiasi: Alternatif Pendekatan Pembelajaran bagi Anak Berbakat. Jurnal edukasi 1(1) 57 – 67
Azizah, D. (2016). Penerapan Differentiated Instruction terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 4 (1) 1-8
Bao, J. (2010). Teaching and Learning Strategies for Differentiated Instruction in the Language Classroom [Online] Tersedia: http://steinhardt.nyu.edu/teachlearn /dclt/Summer_Institute_2010
Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual melalui Game Adobe Flash CS 4.0. Jurnal Infinity 4 (2) 197–222
Butler, M. dan Van Lowe, K. (2008). Using Differentiated Instruction in Teacher Education. International Journal for Mathematics Teaching and Learning [Online] Tersedia: http://www.cimt.plymouth.ac.uk/journal/default.htm
Defitriani, E. (2018). Differetianted Intruction: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Penerapannya. Jurnal Pendidikan Matematika 2 (2) 111-120
Ditasona, C. (2017). Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. Jurnal EduMatSains 2 (1) 43-54
Fatimah, A.E. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 1 Percuit Sei Tuan melalui Pendekatan Differentiated Instructon. Journal of Mathematics Education and Science 2 (1)
Habibah, A. dan Purwaningsih, D. (2022). Efektifitas Pendekatan Differentiate Instruction (DI) terhadap Pemahaman Konsep Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Dialektika Pendidikan Matematika 9 (2)
Hadi, I.A. (2017). Pentingnya Pengenalan Tentang Perbedaan Individu Anak Dalam Efektivitas Pendidikan. Jurnal Inspirasi 1 (1) 71-92
Iman, S.A. & Firmansyah, D. (2019). Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 356-360
Iskandar, R.S.F. (2016) Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction untuk mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Jurnal Alphamath
Joseph, S., Thomas, M., Simonette, G. & Ramsook, L. (2013). The Impact of Differentiated Instruction in a Teacher Education Setting: Success and Challenges. International Journal of Higher Education 2 (3) 28-40.
Kusnandar. (2011). Guru Profesional Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Maharani, S & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Lingkaran. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (5) 819-826
Pertiwi, K.E. (2021). Bagaimana Menerapkan Differentiate Intruction. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 7 (2) 100-105
Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Shadiq, F. (2007). Laporan Hasil Seminar dan Lokakarya Pembelajaran Matematika 15-16 Maret 2007 di P4TK (PPPG) Matematika Yogyakarta Depdiknas P4TK Matematika Yogyakarta
Simanjuntak, S.S. dan Listiani, T. (2020) Penerapan Differentiate Intruction dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 134-141
Siswono, T.Y.E. (2014). Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3 (3)
Sumarmo, U. (2010). Berfikir Logis, Kritis, Kreatif, dan Budi Pekerti: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta
Tomlinson, C.A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Upper Saddle River, NJ: Pearson/Merrill Prentice Hall
Tomlinson, C.A. (2000). What is Differentiated Instruction? Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v5i2.5818
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :