ANALISIS LITERASI MATEMATIS SISWA PADA SOAL BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM

Kurnia Vera Hazira, Zaenuri Zaenuri, Isti Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal AKM yang terdiri dari 3 komponen utama yaitu penguasaan konten, proses kognitif dan konteks. Soal AKM menjadi pengganti Ujian Nasional dimulai pada tahun 2021, yang mengutamakan kemampuan literasi (bahasa) dan numerasi (literasi matematis) siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Tarbiyatul Mubtadiin Demak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan literasi matematis siswa lebih dominan pada level tingkat sedang dengan hasil presentase 80% artinya siswa dapat menyelesaikan soal AKM dengan kemampuan literasi matematis cukup baik. Berdasarkan hasil tes didapatkan 3 siswa dengan kemampuan literasi matematis tingkat rendah, 19 siswa tingkat sedang dan 8 siswa tingkat tinggi. Hasil wawancara menyatakan bahwa siswa siap melaksanakan pembaruan pada sistem pendidikan melalui gantinya Ujian Nasional dengan Soal AKM, dan siswa lebih menyukai soal AKM yang berbasis konteks, karena mudah dipahami dan dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


American Association of Colleges of Teacher Education (AACTE). (2010).

Azid, N., Ali, R. M., El Khuluqo, I., Purwanto, S. E., & Susanti, E. N. (2022). Higher order thinking skills, school-based assessment and students’ mathematics achievement: Understanding teachers’ thoughts. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 290–302. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.22030

Fathani. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligences. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2), 136–150. https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.524

Gomes, Hirata, & Oliveira. (2020). Student Composition in the PISA Assessments: Evidence from Brazil. International Journal of Educational Developmen, 79. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2020.102299

Habibi, & Suparman. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 58–64.

Hadiana. (2020). Penguatan Asesmen dan Pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud RI.

Johar. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang Universitas Syiah Kuala, 1(1).

Kemendikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum 2020 I.

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, 1, 140–144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0AMelatih

Muzana, S. R., Jumadi, Wilujeng, I., Yanto, B. E., & Mustamin, A. A. (2021). E-STEM project-based learning in teaching science to increase ICT literacy and problem solving. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4), 1386–1394. https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I4.21942

OECD. (2019). ramework for the Assessment of Creative Thinking in PISA 2021: Third Draft.

PISA. (2021). Mathematics Framework. https://pisa2021-maths.oecd.org/

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati (Ed.)). Penerbit KBM Indonesia.

Semiawan, C. R. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo.

Subaidah, Valentino, E., & Wijayanti, E. (2017). Analisis Literasi Matematika Siswa dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Ruang dan Bentuk. Jurnal Buana Matematika, 7, 7–12. http://clpsy.journals.pnu.ac.ir/article_3887.html

Sujatmiko, E., Suparno, & Miyanto. (2020). Detik-Detik Asesmen Nasional AKM Numerasi. PT Penerbit Intan Pariwara.

Zainiyah. (2018). Literasi Matematika : Bagaimana jika Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kelas Tinggi ? Mathematical Literacy : How if Viewed from Mathematics Problem Solving Ability of High-Grade ’ s Elementary School Students ?




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v5i2.5895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal