KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA PADA MATERI SPLDV

Dela Rahayu Putri, Fuad Nasir, Anggita Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada kelas VIIIB SMP Negeri 3 Losari sebanyak 6 siswa dengan kategori self confidence tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen terdiri atas angket self confidence, tes tertulis kemampuan pemecahan masalah matematis, dan wawancara yang telah diuji terlebih dahulu oleh ahli matematika dan kemudian data dianalisis menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori self confidence tinggi mampu memenuhi 4 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis menurut Polya, siswa kategori self confidence sedang hanya mampu memenuhi 2 indikator diantaranya menyusun rencana, dan melihat kembali jawaban keseluruhan. Sedangkan siswa kategori self confidence rendah tidak mampu memenuhi indikator memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana penyelesaian, maupun melihat kembali jawaban keseluruhan. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi self confidence yang dimiliki maka akan lebih mudah dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematis, dan sebaliknya jikalau self confidence siswa rendah maka akan lebih sulit juga dalam menyelesaikannya.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, G., Akbar, M., Diniyah, A. N., Akbar, P., & Nurjaman, A. (2018). Analisis kemampuan kemampuan penalaran dan self confidence siswa sma dalam materi peluang. Journal On Education, 1(1), 14–21.

Dewi, R. V. K., Sunarsi, D., & Akbar, I. R. (2020). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK Ganesa Satria Depok. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 1001–1007.

Eliza Purnamasari, N., Supriatna, E., & Renata Manuardi, A. (2021). Profil Self Confidence Siswa MTS Al Bidayah. Journal Fokus, 4(4), 291–297.

Fitayanti, N., Rahmawati, A., & Mufida Asriningsih, T. (2022). Pengaruh Self- Confindence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2), 335–344.

Hendriana, H., Eti Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2021). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (N. Falah Atif (ed.); 3rd ed.). Refika Aitama.

Hermawati, H., Jumroh, J., & Sari, E. F. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Kubus dan Balok di SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 141–152. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.874

Hidayah, N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence siswa kelas x ma al asror kota semarang.

Indahsari, A. T., & Fitrianna, A. Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Spldv. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 77. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i2.p77-86

Noviani Dewi, S., & Dwi Minarti, E. (2018). Hubungan Antara Self-Confidence Terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Matematika Siswa pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 189–198.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan PP Nomor 57 Tahun 2021.pdf

Ramdani, R. R., Sridana, N., Baidowi, B., & Hayati, L. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tingkat Self-Confidance Peserta Didik Kelas VIII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 212–223. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.33

Raudho, Z., Handayani, T., & Syutaridho. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Pytagoras Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 101–110. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/9061

Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2079

Shinta Aprilia Yanida, F. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Hot Berdasarkan Langkah Polya Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kalangan Siswa Kelas VIII SMP Kanisius Wonosari Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sukri Situmeang, M. M. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri (Self Confidence) Mahasiswa dengan Hasil Belajar Pengembangan Kurikulum Menggunakan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(1), 27–36.

Triana, C. R., & Rahmi, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Lingkaran : Analisis Deskriptif Berdasarkan Self Confidence Siswa SMP IT Insan Utama 2. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 19–28.

Wahyu Agustin, E. (2016). Penerapan Tahapan Polya Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X-D SMA Negeri 1 Balong Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Yulinawati, A., & Nuraeni, R. (2021). Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Statistika di Desa Talagasari. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(November), 519–530.




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v5i1.6220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal