MENGOPTIMALKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI JARAK DALAM RUANG BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA

Laela Nur Rokhmawati, Diar Veni Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan penguasaan konsep matematis peserta didik pada materi jarak dalam ruang berbantuan video pembelajaran berbasis geogebra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik berdasarkan definisi yang dikemukakan oleh Pollatsek, Skemp dan Copeland. Penelitian dilaksanakan dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII.IPA SMA Negeri 2 Banjar tahun pelajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 10-15 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling . Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis geogebra ini dapat mengoptimalkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi jarak dalam ruang. 


Full Text:

PDF

References


Rostina, S. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Suyitno, A. (2004). Dasar-dasar dan proses pembelajaran matematika I. Semarang: FMIPA Unnes

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18

Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Dianta, Y. J. (2018). PERANAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 906-911

Ernasari, E., & Amboro, K. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Windows Movie Maker Terhadap Kemampuan Menganalisis Sejarah Siswa Kelas X Ipa Semester Genap Di Sma Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 5(1), 77-94.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Belajar serta Penyelesaian Masalah Ruang Dimensi Tiga. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 135-142

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. Prisma, 8(1), 1-13

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108-117.




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v5i1.6502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal