KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SERTA AKTIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT MELALUI POGIL

Euis Encar, Yayu Laila Sulastri, Annisai Nurmaulani, Usep Kosasih

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas pembelajaran matematika dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di jenjang sekolah menengah pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas pembelajaran matematika dan kemampuan berpikir kreatif matematis yang terdiri atas empat komponen, yaitu fluency, flexibility, originality, serta elaboration melalui teknik pembelajaran berorientasi proses dengan panduan penyelidikan (process-oriented guided-inquiry learning/POGIL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu kepada langkah-langkah model Hopkins. Penelitian ini terdiri dari empat siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan semua siswa kelas VII-F SMP Al-Qonaah sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes formatif. Berdasarkan analisis data tentang lembar observasi dan hasil tes formatif, menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran matematika dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa meningkat setelah menggunakan teknik process-oriented guided-inquiry learning (POGIL). Peningkatan terjadi disemua jenis aktivitas yang diamati baik pada kegiatan-kegiatan visual, lisan, mendengarkan, menulis, menggambar, metrik, mental, dan emosional.


Full Text:

PDF

References


Herawati, E., Somatanaya, A. A., & Hermanto, R. (2019). Hubungan Self-Confidence dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik yang Diajar Menggunakan Model Electing Activities (MEAs). Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3. https://doi.org/10.37058/jarme.v1i1.621

Indrawati, R. M. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Melalui Bermain Peran. Journal of Elementary Education, 17.

Khoiri, W. (2013, November 7). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kudus pada Materi Segitiga. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/: http://lib.unnes.ac.id/18832/

Masyhud, M. S. (2013). Analisis Data Statistik untuk Penelitian Pendidikan Sederhana. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.

Mu'alimin, & Cahyadi, R. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. -: Gending Pustaka.

Putri, D. R., Nasir, F., & Maharani, A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel . Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 58. https://doi.org/10.37058/jarme.v5i1.6220

Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 173. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i2.4880

Sadirman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Setiaji, B., Nindiasari, H., & Hendrayana, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Peserta Didik Madrasah Aliyah Ditinjau dari Tahap Perkembangan Kognitif. Journal of Authentic Research on Mathematics Education , 150. https://doi.org/10.37058/jarme.v1i2.797

Soemamrmo, U., & Hendriana, H. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yonny, A. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. . Yogyakarta: Familia.

Yuliani, N. P., Margunayasa, G., & Parmiti, D. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran POGIL Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Journal of Education Technology, 118. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11773




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v5i2.6950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal