ETNOMATEMATIKA: SISTEM OPERASI BILANGAN PADA AKTIVITAS MASYARAKAT JAWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep matematis dalam proses perhitungan Jawa untuk mengetahui hari baik dalam melaksanakan pernikahan, mendirikan rumah, pindahan, khitanan dan gusaran dalam adat istiadat masyarakat di Desa Indrajaya, Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi dengan sumber data sejumlah tiga orang, yaitu dua orang yang memahami perhitungan Jawa dan satu orang yang memahami tentang ngagesrek (istilah adat dalam khitanan dan gusaran). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perhitungan Jawa terdapat konsep matematis berupa modulo bilangan 5 dan 7 untuk aktivitas pernikahan, dan modulo bilangan 4 untuk aktivitas mendirikan rumah, pindahan, khitanan dan gusaran.
Full Text:
PDFReferences
Muhtadi D, Sukirwan, Warsito & Prahmana R C I 2017 Sundanese ethnomathematics: Mathematical activities in estimating, measuring, and making patterns Journal on Mathematics Education, 8(2) 185-198
D’Ambrosio U 1985 Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics For the Learning of Mathematics 5(1) 44-48
Setiadi D & Imswatama A 2017 Pola Bilangan Matematis Perhitungan Weton dalam Tradisi Jawa dan Sunda. Indonesia: Jurnal ADHUM 7(2)
Listyana R & Hartono Y 2015 Persepsi dan sikap masyarakat terhadap penanggalan Jawa dalam penentuan waktu pernikahan: (Studi kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan tahun 2013) Indonesia: Jurnal Agastya 5(1) 118-138
Hariwijaya 2005 Islam Kejawen (Yogyakarta, Indonesia: Gelombang Pasang)
Noeradyo S W S 1978 Kitab Primbon Betaljemur Adammakna (Jogjakarta, Indonesia: Soemodidjojo Mahadewa)
Moleong L J 2011 Metodologi penelitian kualitatif. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya
Spradley J P 1997 Metode Etnografi Muhadjir (Yogyakarta: Tiara Wacana)
Sugiyono 2017 Metode penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif kualitatif dan R & D (Bandung, Indonesia: Alfabeta)
Depdiknas 2008 Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka)
Andreescu T & Andrica D 2009 Number Theory, Structures, Examples, and Problems Birkhäuser Boston, a part of Springer Science + Business Media, LLC
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v1i2.779
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :