IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENGGALI KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL MATEMATIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK

Wendayani Wendayani, Nani Ratnaningsih, Dedi Muhtadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ketuntasan belajar peserta didik pada kemampuan berpikir lateral matematik melalui model Pembelajaran Osborn, dan (2) kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir lateral matematik ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir lateral matematik dan angket gaya belajar peserta didik. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VIII salah satu SMP Negeri di Kota Tasikmalaya dengan sampel sebanyak satu kelas. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak dan analisis kualitatif dari hasil jawaban soal tes kemampuan berpikir lateral matematik peserta didik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir lateral matematik peserta didik melalui model Pembelajaran Osborn mencapai ketuntasan belajar, dan (2) Kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir lateral yaitu: kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan prosedural.


Full Text:

PDF

References


Muhtadi D, Supratman & Hermanto R 2019 The students’ mathematical critical thinking process reviewed from the cognitive style Journal of Physics: Conference Series 188 (2019) 012082 doi:10.1088/1742-6596/1188/1/012082

Permendiknas 2006 lampiran peraturan menteri pendidikan nasional Republik Indonesia no. 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah (Jakarta Indonesia: BNSP)

Scristia 2014 Meningkatkan kemampuan mathematical visual thinking dan self-efficacy siswa smp melalui metode discovery learning (Thesis: Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Indonesia)

Suryadi D 2005 Penggunaan pendekatan pembelajaran tidak langsung serta pendekatan gabungan langsung dan tidak langsung dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir matematik tingkat tinggi siswa SLTP (Disertasi: Universitas Pendidikan Indonesia Indonesia)

Nurhidayah S D 2016 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Lateral Matematis Siswa melalui Pendekatan Open–ended (Thesis: Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Indonesia)

Agni A A 2017 Penerapan model pembelajarn Osborn untuk meningkatkan kemampuan berpikir lateral matematis siswa (Thesis:Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Indonesia)

Tiffani H 2015 Profil Proses Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Berdasarkan Gaya Belajar dan Gaya Kognitif (Thesis: Universitas Muhammadiyah Surakarta Indonesia)

Sofianingsih A & Kusmanto B 2018 Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kretek Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia 140 – 146

Wahbi A & Bey A 2015 Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal faktorisasi suku aljabar ditinjau dari objek matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kendari Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 3(1) 17-30

Soejadi

Nurafifah L, Nurlaelah E & Usdiyana D 2016 Model pembelajaran osborn untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika MATHLINE 1(2) 93 – 102

Asih N N 2013 Keefektifan Model Pembelajaran Knisley dengan Metode Brainstorming Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X (Thesis: Universitas Negeri Semarang Indonesia)

Jossey-Bass 1998 Brainstorming The Pfeiffer Library, 26(2nd ed) 1 – 5

Nurmalasari R, Kade A & Kamaluddin 2013 Pengaruh model learning cycle tipe 7e terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas VII SMP Negeri 19 Palu Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) 1(2) 18-23

De Porter B, Hernacki M 2016 Quantum learning: membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan (Bandung Indonesia: Penerbit Kaifa PT Mizan Pustaka)

Sulistyaningsih A & Rakhmawati E 2017 Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 123-130

Minaldi Q i, Halini & Silvia 2015 Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4(9)

Sutarni S & Nasrudin R T 2017 Kesalahan siswa berdasarkan tahapan kastolan dalam menyelesaikan soal cerita kubus dan balok di Mts Negeri Sukoharjo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UHAMKA 1(1) 100-104

Layn M R & Kahar M S 2017 Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN) 3(2) 95 – 102




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v1i2.782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal