ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA SMK
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis keterampilan komunikasi matematis siswa berdasarkan gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan metode pengambilan data adalah tes dan review. Penelitian dilakukan pada XII multimedia 2 SMKN 2 Pandeglang. Subjek penelitian ini adalah empat siswa yang terdiri dari field independent strong (FI1), field independent sedikit (FI2), field depended sedikit (FD1), dan field depended strong (FD2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa FI memiliki keterampilan komunikasi matematis lebih dari FD. Ada sedikit perbedaan antara FI dan FD. Subjek FI1 memiliki kemampuan untuk menganalisis, lebih suka bekerja secara individu, tidak berorientasi sosial. Bidang subjek sedikit independen (FI2) dan sedikit tergantung bidang (FD1) memiliki karakteristik yang serupa. Lebih suka bekerja kelompok daripada individu, membutuhkan bantuan, dan berorientasi sosial.
Full Text:
PDFReferences
Kadir A 2012 Dasar-dasar pendidikan (Jakarta: Kencana)
Ansari B 2009 Komunikasi matematik konsep dan aplikasi (Banda Aceh Yayasan Pena)
Baroody A J 1993 Problem solving, reasoning, and communicating, K-8: Helping children think mathematically (Prentice Hall)
Miftah R 2015 Pengaruh pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa program Dual Mode System (DMS) Jurnal Edumatica 5(1)
Sternberg R J dan Elena L G 1997 “Are cognitive styles still in style?†American Psychologist Association 52(7) 700–712
Stephen B & Marion W 1993 Problem posing: Reflections and aplications (New Jersey Lawrence Erlbaum Associates Publishers)
Muhtadi D, Supratman & Hermanto R 2019 The students’ mathematical critical thinking process reviewed from the cognitive style Journal of Physics: Conference Series 188 (2019) 012082 doi:10.1088/1742-6596/1188/1/012082
Ghufron M N dan Rini 2012 Gaya belajar kajian teoritik (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Slameto 2010 Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta)
Witkin H A, Moore C A, Goodenough D R & Cox P W 1997 Field-dependent and field-independent cognitive styles and their educational implications Review of Educational Research 47(1) 1-64
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v1i2.783
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :