EFEK INTERAKSI KEMAMPUAN REPRESENTASI MELALUI BLENDED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK

Laelasari Laelasari, Darhim Darhim, Sufiyani Prabawanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif tentang efek interaksi kemampuan representasi mahasiswa melalui pembelajaran blanded learning berbasis pendekatan realistik.  Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen jenis pretest-postest-kontrol group design. Desain penelitian menggunakan jenis kuasi eksperimen dengan kelompok control non-equivalen. Kelompok eksperimen sebagai kelompok yang dikenankan perlakuan perkuliahan BLPMR dan kelompok kontrol dengan BL. Subyek penelitiannya mahasiswa semester IV, kelas eksperimen 22 orang, dan kontrol 20 orang.   Analisis data dilakukan secara kuantitatif terhadap data pretes dan postes untuk melihat pencapaian serta peningkatan kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwatidak terdapat efek interaksi model pembelajaran (BLPMR dan BL) dan KAM (tinggi, sedang, dan rendah) terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis; terdapat efek interaksi model pembelajaran (BLPMR dan BL) dan KAM (tinggi, sedang, dan rendah) terhadap pencapaian kemampuan representasi matematis

Full Text:

PDF

References


Amadea,K dan Ayuningtyas , D. (2020). Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Sinkronus dan Asinkronus Pada Materi Program Linear . Primatika, Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9 No. 2

Angkotosan, N dan Jalal, A (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Pada Materi Program Linier Terhadap Aspek Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Sainstifik Vol 1, No 2.

Angreanisita, Mastur, dan Rochmad. 2021. Mathematical Literacy Seen from Learning Independency in Blended Learning with Project Based Learning Assisted by Moodle. Unnes Journal of Mathematics Education Research. UJMER 10 (2). 155 – 161.

Freudenthal, H. (1991). Revisiting Mathematics Education. China Lectures. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Gravemeijer, K.P.E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht:

CD-β Press, Freudenthal Institute.

Hadi, S. (2005). Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Penerbit Tulip.

Haji dan Yumiati. 2019. Implementation of Realistic Mathematics Education Learning Model with Outdoor Approach in Elementary School: Study of Presenting and Processing Data. Mathematics and Science Education International Seminar (MASEIS). Journal of Physics: Conference Series doi:10.1088/1742-6596/1731/1/012046

Marlina, E., dan Harahap, E (2018). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Resiliensi Matematik Melalui Pembelajaran Program Linier Berbantuan QM for Windows. Jurnal Matematika Vol.17 No. 2. ISSN: 1412-5056 / 2598-8980

Minarni, A., Napitupulu, E., & Husein, R. (2016). Mathematical Understanding and Representation Ability of Public Junior High School in North Sumatra. Journal on Mathematics Education, 7(1), 43-56.

Muhamad, N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 75–90. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v9i1.79.

Ruseffendi, E.T. 1988. Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini untuk Guru

dan SPG. Bandung: Tarsito.

Sari, E., F., Nugraheni, N., dan Kiptiyah, S., M. (2019). Learning Based Realistic Mathematics Education in Mathematics Teaching. International Journa l of Innovation, Creativity and Change. Volume 5, Issue 5.

Streefland, L. (1991). Fractions in Realistic Mathematics Education. A Paradigm of Developmental Research. Kluwer Academic Publisher. Dordrecht.

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.

Suwarsono, St. (2001). Beberapa Permasalahan yang Terkait dengan Upaya

Impelmentasi Pendidikan Matematika Realistik di Indonesia. Makalah

disampaikan pada Seminar Nasional tentang Pendidikan Matematika Realistik tanggal 14-15 November 2001. Yogyakarta: Tidak Diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v5i2.8109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal