DESIGNING A HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY FOR EXPONENTIAL NUMBERS USING THE DISCOVERY LEARNING MODEL

Dedi Muhtadi, Eko Yulianto, Redi Hermanto

Abstract


Bilangan berpangkat merupakan salah satu konsep penting dalam matematika yang sering kali menimbulkan kesulitan bagi siswa. Masalah tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman mendalam tentang konsep tersebut, yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang terlalu berfokus pada aspek prosedural. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran yang efektif dalam memahami konsep bilangan berpangkat melalui penerapan Discovery Learning dengan menggunakan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) sebagai kerangka dasar. Penelitian ini mengikuti metode penelitian desain dengan tiga tahapan utama: perancangan awal (preliminary design), eksperimen pengajaran (teaching experiment), dan analisis retrospektif. Tahap awal melibatkan analisis literatur dan perancangan HLT yang disesuaikan dengan konsep bilangan berpangkat. Rancangan pembelajaran didasarkan pada HLT tersebut dan diujicobakan melalui dua tahap eksperimen, yaitu eksperimen pendahuluan (pilot experiment) dan eksperimen pengajaran (teaching experiment). Analisis retrospektif dilakukan untuk membandingkan HLT awal dengan Actual Learning Trajectory yang dicapai selama pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi untuk memantau aktivitas pembelajaran dan kondisi lingkungan, serta melalui rekaman kegiatan pembelajaran untuk memperoleh pemahaman tentang partisipasi siswa dalam eksperimen perancangan. Selain itu, Lembar Kerja Siswa (LKS) digunakan sebagai alat bantu siswa dalam memahami konsep bilangan berpangkat, dan soal evaluasi digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi. Wawancara juga dilakukan untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam dari perspektif siswa. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan metode pembelajaran matematika yang lebih efektif, khususnya dalam pemahaman konsep bilangan berpangkat, serta memberikan panduan bagi pendidik untuk merancang pembelajaran yang lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v6i1.8889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal