DESAIN PEMBELAJARAN BILANGAN BERPANGKAT MELALUI PERANCANGAN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING

Dedi Muhtadi, Eko Yulianto, Redi Hermanto, Tiana Virawanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran yang efektif dalam memahami konsep bilangan berpangkat dengan menerapkan model Discovery Learning menggunakan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) sebagai landasan kerangka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode design research yang terdiri dari tiga tahapan utama: preliminary design, teaching experiment, dan analisis retrospektif. Tahap awal melibatkan analisis literatur serta perancangan HLT yang disesuaikan dengan konsep bilangan berpangkat. Rancangan pembelajaran didasarkan pada HLT yang telah disiapkan dan diujicobakan melalui dua tahap eksperimen: pilot experiment dan teaching experiment. Analisis retrospektif dilakukan untuk membandingkan HLT awal dengan Actual Learning Trajectory (ALT) yang dicapai selama proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi untuk memonitor aktivitas pembelajaran dan kondisi lingkungan serta melalui rekaman kegiatan pembelajaran untuk mendapatkan pemahaman tentang partisipasi siswa dalam eksperimen perancangan. Selain itu, Lembar Kerja Siswa (LKS) digunakan sebagai alat bantu bagi siswa dalam memahami konsep bilangan berpangkat, dan soal evaluasi digunakan untuk mengukur capaian hasil belajar siswa terhadap materi tersebut. Wawancara juga dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam dari perspektif siswa. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan metode pembelajaran matematika yang lebih efektif, khususnya dalam pemahaman konsep bilangan berpangkat, serta memberikan panduan bagi guru untuk merancang pembelajaran yang lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Implikasi hasil penelitian ini memberikan pedoman bagi guru dalam merancang pembelajaran yang lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.


Full Text:

PDF

References


Adha, I. & Refianti, R. (2019). Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Menggunakan media Konteks. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 2(1), 1-10. doi: 10.31539/judika.v2i1.729

Akker J V D, Bannan B, Kelly A E, Nieveen N, & Plomp T 2007 An introduction to educational design research (Netherland: SLO Netherland Institute for Curriculum Development)

Arieyantini, P., Putri, R. I. I., & Kesumawati, N. (2017). Desain Pembelajaran Menggunakan Konteks Perkembangbiakan Hewan Secara Vegetatif pada Materi Bentuk Pangkat di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Elemen, 3(1), 68-86. doi: 10.29408/jel.v3i1.339

Alfieri, L., Brooks, P. J., Aldrich, N. J., & Tenenbaum, H. R. (2011). Does discovery-based instruction enhance learning? Journal of Educational Psychology, 103(1), 1–18. https://doi.org/10.1037/a0021017

Arisandy, E. N. & Fuad, Y. (2019). Development of Students' Understanding of Exponential Based On Cognitive Style, Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 3(1), 10 - 20

Astuti W & Wijaya A 2020 Learning trajectory berbasis proyek pada materi definisi himpunan Jurnal Riset Guruan Matematika 7(2) 254–266 Doi: 10.21831/jrpm.v7i2.16483

Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227-238. doi: 10.31980/mosharafa.v9i2.576

Caice, C. A. T. (2020). Procesos de enseñanza de la función exponencial. Un acercamiento cualitativo. Uisrael Revista Científica, 7(3) Https://Revista.Uisrael.Edu.Ec/Index.Php/Rcui/Article/View/303

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. PT Indeks.

Gravemeijer K & Cobb P 2006 Utrecht, the Netherlands Susan McKenney University of Twente, the Netherl in Design research from a learning design perspective 17–51

Prahmana R C L (2017). Design research (Teori dan implementasinya: Suatu pengantar) (Jakarta: Rajawali Press).

Isrok’atun., & Rosmala, A. (2018). Model – Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Khairunnisa, S. N., Putra, H. D., & Senjayawati, E. (2020). Discovery Learning Model as A Solution to Develop Students’ Understanding in Matrix Concept. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 35-48. https://doi.org/10.24252/mapan.2020v8n1a3.

Mariam, Lidinillah, D. A. M., & Hidayat, S. (2017). Desain Didaktis Luas Layang-Layang untuk Pengembangan Berpikir Kreatif Siswa. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 62-75. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7420/7589

Meldawati & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Bilangan Berpangkat Bulat Positif. AXIOM: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-14. doi: 10.30821/axiom.v10i1.7681

Nurkamilah, P. & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 49-60. doi: 10.31980/mosharafa.v10i1.818

Okwina, D.(2020). Discovery Learning Effect on Mathemathic Learning. Journal of Asian Multicultural Research for Educational Study, 1(1), 21-27. https://doi.org/10.47616/jamres.v1i1.12

Orr, C. (2016). Using Discovery Learning Pedagogies. Teachers’ Work, 13(1), 8-21. https://doi.org/10.24135/teacherswork.v13i1.93

Ozdem-Yilmaz, Y., Bilican, K. (2020). Discovery Learning—Jerome Bruner. In: Akpan, B., Kennedy, T.J. (eds) Science Education in Theory and Practice. Springer Texts in Education. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-43620-9_13

Prahmana, R. C. I. (2017). Design Research. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Putri, A. Y., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2020). Pengembangan Permainan Ular Tangga Menggunakan media Komputer pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 133-143. doi: 10.33373/pythagoras.v9i2.2392

Rosmala, R., Rahman, A., & Sukmayadi, D. (2023). The Effect of Discovery Learning on the Problem Solving Ability and Science Learning Outcomes in Elementary School Students. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(1), 52-58. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline1431

Simanjuntak, R. M., & Sihombing, D. I. (2022). Pengembangan Modul Matematika Menggunakan media Strategi Problem Solving untuk Kelas IX SMP. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 11(1), 88-96. doi: 10.30821/axiom.v11i1.11449

Sinaga, C. V. R. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Metode Inkuiri dengan Metode Ekspositori pada Materi Pangkat dan Bentuk Akar. JKIPM (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Matematika), 2(1), 42-55. Retrieved from https://jurnal.uhnp.ac.id/jkipm-uhnp/issue/view/7

Surgandini, A., Sampoerno, P. D., & Noornia, A. (2019). Pengembangan Pembelajaran Dengan Pendekatan Pmri Berbantuan Geogebra untuk Membangun Pemahaman Konsep Transformasi Geometri. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika,3(2), 85-102. doi:10.31000/prima.v3i2.932

Susanti, E., Zulkardi, & Hartono, Y. (2018). Desain Pembelajaran Materi Eksponen dengan Konteks Perkembangan Tubuh Manusia. Cakrawala Pendidikan, (1), 97-106. doi: 10.21831/cp.v37i1.17800

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. doi: 10.32585/jkp.v2i2.113

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Graha Ilmu

Wijaya, A., Elmaini, & Doorman, M. (2021). A learning trajectory for probability: A case of game-based learning. Journal on Mathematics Education 12(1) 1–16 Doi: 10.22342/JME.12.1.12836

Weber, K. (2002). Students' Understanding of Exponential and Logarithmic Functions. Murray State University Department of Mathematics and Statistics Faculty Hall Suite 6C Murray, KY 42071 U. S. A.




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v6i1.8889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal