IMPLEMENTASI AKUNTABILITAS BERDASARKAN PADA PERSPEKTIF SHARIA ENTERPRISE THEORY (Studi Kasus pada Koperasi Syariah Mumtaz Tasikmalaya)

Yusuf Abdullah, AA WILLY NUGRAHA

Abstract


Akuntabilitas merupakan bentuk pertanggungjawaban yang harus dipenuhi oleh setiap organisasi/perusahaan. Konsep akuntabilitas penting untuk dilaksanakan tidak hanya terhadap pemegang saham maupun dewan pengawas (direct stakeholder) melainkan terhadap semua pihak yang terlibat, baik itu karyawan maupun nasabah. Koperasi syariah sebagai salah satu lembaga keuangan mikro memiliki peran yang penting dalam pendanaan maupun investasi anggota koperasi, baik itu dari pelaku UMKM dan individu sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Sebagai suatu lembaga, koperasi syariah memiliki akuntabilitas yang harus dipenuhi oleh manajemen sebagai tanggung jawab terhadap anggota koperasi maupun pemegang saham atas amanah yang diberikan dengan melakukan pelaporan hasil kinerja secara periodik serta pemenuhan hak dan kewajiban para pemangku kepentingan. Mengacu pada sistem syariat Islam, akuntabilitas koperasi syariah Mumtaz Tasikmalaya diimplementasikan dengan perspektif Sharia Enterprise Theory (SET) yang merupakan trilogi akuntabilitas, yaitu bentuk akuntabilitas terhadap Tuhan, manusia dan alam/lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada salah satu koperasi syariah di Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara secara mendalam terhadap pengelola koperasi. Hasil studi menunjukkan bahwa koperasi syariah Mumtaz Tasikmalaya mengimplementasikan akuntabilitas berdasarkan Sharia Enterprise Theory dengan memenuhi kewajibannya terhadap Tuhan (spiritual), manusia (ekonomi dan sosial), dan alam (ekologi) dengan melaksanakan beragam aktifitas sesuai dengan ketentuan syariat Islam.


Keywords


Akuntabilitas, koperasi syariah, Sharia Enterprise Theory (SET)

Full Text:

PDF

References


Asep, D., & Ari, R. (2019). Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Keuangan Koperasi Perguruan Tinggi (KPT) Mahasiswa. Jurnal STIE Dewantara. Pp. 115 – 122

Benedicta, A. B. Savira., & Indira, J. (2020). Akuntabilitas koperasi simpan pinjam di Jawa Tengah. JEB. Volume 23 No. 1.Pp. 97 – 112

I Gusti, L.A.M., Ni Luh Gede, E.S., Anantawikrama, T.A. (2015) Analisis Transparansi dan Akuntabilitas Pelaporan Keuangan Pada Koperasi Unit Desa di Kabupaten Buleleng (Studi Kasus Pada Koperasi Unit DesaTirta Luhur Desa Banyuning Buleleng). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi UNDIKSHA. Vol 3 No. 1. Pp. 1 – 10

Ifham, A.S. (2010). Buku Pintar Ekonomi Syariah. Bandung: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kementerian Koperasi UKM sebagaimana Undang-Undang pasal 1 Tahun 2009

Mardiasmo. (2005). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Mursalim. (2005). Income Smoothing dan Motivasi Investor: Studi Empiris pada Investor di BEJ. SNA VIII Solo, 15-16 September 2005.

Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor 16 /Per/M.Kukm/Ix/2015 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Oleh Koperasi.

Shela, W.A., Aji Dedi, M. (2018). Akuntabilitas Koperasi Syariah (Studi Kasus pada KANINDO Syariah Jatim). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. UNBRAW. Vol 2 No. 2. Pp. 1 – 20.

Siti, A., Gugus, I., & Didied P. Affandy. (2012). Akuntabilitas Pada Baitul Maal Wat Tamwil Ditinjau Dari Perspektif Shari’ate Enterprise Theory. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam. Volume 2 No. 1. Hal. 27-39.

Sofian. (2018). Koperasi Syariah Sebagai Solusi Keuangan Masyarakat: Antara Religiusitas, Trend, Dan Kemudahan Layanan. (9th Industrial Research Workshop and National Seminar. Polban. Pp. 752 - 758.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2002). Studi Manajemen Laba (Earnings Management): Evaluasi Pandangan Profesi Akuntansi, Pembentukan dan Motivasinya. Kompak. hal: 158—179.

Triyuwono, Iwan. (2006). Perspektif, Metodologi, dan Teori Akuntansi Syariah, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang Undang No. 25 Tahun 1992 pasal 4 tentang perkoperasian.

Viva, B,K. (2019). Berapa jumlah koperasi di Indonesia? dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/25/berapa-jumlah-koperasi-di-indonesia#




DOI: https://doi.org/10.37058/jes.v5i2.2073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal index by:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.Â