Pengaruh Kesadaran Halal Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Restoran Jepang Di Jakarta

Alifah Nurfajrina, Tati Handayani, Lili Puspita Sari

Abstract


This study aims to determine and analyze the factors of halal awareness and lifestyle on the purchasing decisions of Muslim consumers at Japanese restaurants in Jakarta using a quantitative approach. The population selected in this study were Muslim consumers who had visited a Japanese restaurant located in the Jakarta area. For the number of samples in this study using as many as 150 Muslim consumers of Japanese restaurants in the Jakarta area. The sampling instrument in this study was obtained from distributing questionnaires. The analytical technique used to determine the magnitude of the effect is multiple linear regression. The data processing tool used for data analysis in this research is SPSS software version 20. The results of the tests carried out show that the variables of halal awareness and lifestyle partially and simultaneously have a significant effect on purchasing decisions of Muslim consumers at Japanese restaurants in Jakarta.


Keywords


Halal awareness, halal food, lifestyle, purchasing decisions, Japanese restaurants

Full Text:

PDF

References


Abdilla, M., Kamener, D., & Zeshasina, R. (2015). Pengaruh Gaya Hidup, Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus : Zalora.Com).

Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Astuti, R., Hasbi, M., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Pada Situasi Covid 19 Di Kota Medan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 127–135.

Badan Pusat Statistik. (2015). Statistik Restoran/Rumah Makan.

Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik Penyediaan makanan dan minuman. Tidsskrift for Den Norske Laegeforening, 29. https://www.bps.go.id/publication/2020/05/19/46f4771e281557c89c35f732/statistik-penyediaan-makanan-dan-minuman-2018.html

Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hatta, A., Tamam, A. M., & Alim, A. S. (2013). Bimbingan Islam untuk Hidup Muslim Petunjuk Praktis Menjadi Muslim Seutuhnya dari Lahir sampai Mati Berdasarkan al-Qur’an dan Sunnah (I). Maghfirah Pustaka.

Herindar, E., Amani, A. S. Z., & Wulansari, R. (2020). Pengaruh Halal Sertification dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Halal dengan Minat Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Generasi Muslim Z. 18102012.

Izzuddin, A. (2018). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner Jember.

Janah, M. . (2018). Pengaruh Kesadaran Halal dan Sertifikasi Halal terhadap Minat Beli Produk Mi Samyang (Studi pada Masyarakat Muslim di Kecamatan Kebumen). Skripsi, 1–12.

Juliannisa, I. A., & Widodo, P. (2019). Buku Praktikum Ekonometrika I. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Kimiyuki, T. (2020). Indonesia ni okeru nikkei gaishoku chēn no genjŠto kadai. Kanda Universities of International Sudies Journal, 289–299.

Mahanani, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mataharimall.Com.

Mahendra, I. G. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi dan Promosi) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Minimarket (Alfamart/Indomaret) ( Studi kasus di Universitas Pamulang ). 1(3), 34–52.

Munir, M., Hidayat, K., Muhammad, F., & Mu’tamar, M. F. F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Halal, Kesadaran Halal (Halal Awareness) Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Madura.

Nindyawati, V. (2014). Pengaruh Gaya Hidup Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 2(4).

Nofianti, K. A., & Rofiqoh, S. N. I. (2019). Kesadaran Dan Logo Halal: Apakah Menentukan Minat Beli? (Studi Pada Praktisi Bisnis Umkm Di Gresik). Journal of Halal Product and Research, 2.

Sahputra, A., & Nurlatifah, H. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, dan Halal Terhadap Keputusan Memilih Melalui Attitude dan Brand Trust Pada Bakeri Modern (Studi Kasus 3 Bakeri Top Brand. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(1), 11. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i1.456

State of Global Islamic Economy Report. (2018). State of Global Islamic Economy Report.

Sudjana. (2012). Metode Statistik. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Alfabeta.

Suhardi, S. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Demografi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Perspektif, 17(1), 96–103. https://doi.org/10.31294/jp.v17i1.5462

Sumawarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.

Suryani, H. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori Dan Aplikasi Pada Penilitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Prenadamedia group.

Susanti, G. A., Qomariah, N., & Anwar. (2017). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Cangkir Klasik Jember. 2(2), 154–167.

Sutrisno, R. (2010). Perilaku Konsumen Muslim : Persepsi Religiusitas Dan Persepsi Atribut Produk Minuman Berlabel Halal Di Kalangan Mahasiswa Muslim Di Bandung Muslim Consumer Behavior : the Religiosity Perceptions and the Perceptions of Product Attributes Toward the Loyalty. Sigma-Mu, 5(2), 18–36.

Tribunnews.com. (2015). Jumlah Restoran di Luar Negeri ada 89.000 Toko.

Widyaningrum, P. W. (2019). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian kosmetik melalui variabel Persepsi sebagai mediasi (Studi Pada Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Ponorogo). 2(10).

Yunus, N. S. N. M., Rashid, W. E. W., Ariffin, N. M., & Rashid, N. M. (2014). Muslim’s Purchase Intention towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130(December 2015), 145–154. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.018




DOI: https://doi.org/10.37058/jes.v6i2.3897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal index by:

   

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.Â