POLA ASUH IBU TUNGGAL DALAM KEBERHASILAN PENDIDIKAN ANAK

Joice Dwi Suhartini, Abdul Malik

Abstract


Tidak semua orang memiliki keluarga yang utuh, ada yang harus menjalani kehidupannya tanpa bantuan pasangan karena perceraian maupun kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh dan problematika ibu tunggal dalam mencapai keberhasilan pendidikan anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan kepada tiga ibu tunggal (satu cerai hidup dan dua cerai mati) melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh ibu tunggal dalam keberhasilan pendidikan anak yaitu pola asuh autoriarian (otoriter), pola asuh autoritatif (demokratis), dan pola asuh permisif. Namun, pola asuh otoriter tidak dominan digunakan karena dua ibu tunggal dengan status cerai mati cenderung menggunakan pola asuh demokratis sementara satu ibu tunggal dengan status cerai hidup menerapkan pola asuh permisif. Selanjutnya, problematika yang dihadapi ibu tunggal dengan status cerai hidup yaitu pada aspek sosial, ekonomi, dan psikologis, sementara ibu tunggal dengan status cerai mati hanya mengalami problematika pada aspek ekonomi.

Kata kunci: pola asuh, problematika, ibu tunggal


Keywords


Pola asuh; Problematika; Ibu tunggal

Full Text:

PDF

References


Alonso, R. F., Diaz, M. A., Woitschach, P., Alvarez, J. S., & Cuesta, M. (2017). Parental Involvement and Academic Performance: Less control and More Communication. Psicothema, 29(4), 453–461. https://doi.org/10.7334/psicothema2017.181

Alvarizi, M. S., Mahfud, A., Halim, N., Muhaimin, Nizar, A., & Prasetiya, B. (2021). Makna Kehadiran Ibu Tunggal terhadap Pendidikan Anak. Al-Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 142–153. https://doi.org/https://doi.org/10.46773/muaddib.v3i2.147

Amalia, S. N. (2023). Resiliensi Sosial pada Anak Single Parent Usia Dasar. Journal on Education, 5(2), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.934

Anggraini, H., Amir, A., & Maputra, Y. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Tunggal Ibu dengan Kematangan Emosi dan Keterampilan Sosial pada Anak Pra Sekolah usia 4-6 tahun di PAUD Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(4), 115–121. https://doi.org/10.25077/jka.v8i4.1127

Anwar, F., & Claudia, S. (2022). Peranan Orang Tua terhadap Pembinaan Akhlak Remaja di Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 715–720. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2972

Aryani, E. I., & Lindawati, Y. I. (2023). Single Parent Women’s Strategy in Providing Children’s Education Needs: A Case Study. Journal of Gender Equality and Millennium Development, 1(2), 50–60. https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/jgemd/article/view/58

BPS. (2023). Badan Pusat Statistik: Jumlah Perceraian Menurut Provinsi dan Faktor. https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/aWhSR0ViS3hxc1hWZlZEbExjNVpDUT09/da_04/1

Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090

Choirun Nisaa, & Aryanti, E. (2022). Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. CERDAS - Jurnal Pendidikan, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.58794/cerdas.v1i2.56

Desmawati, L., & Malik, A. (2018). Peran Orangtua dalam Pembinaan Pemahaman Motif Pernikahan bagi Anak dalam Lingkup Pendidikan Informal. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(2), 162–169. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jnece.v5i2

Dewi, L. (2017). Kehidupan Keluarga Single Mother. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 2, 44–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23916/08422011

Dewi, P. Y. A., & Indrayani, L. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Biaya Pendidikan. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 69–78. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.27034

Dewi, T. A., & Widyasari, C. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5691–5701. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3121

Diastuti, I. M. (2021). Hubungan antara Pola Asuh Keluarga dan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 8447–8452. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2347

Hamzah, I. I., & Jaafar, F. M. (2020). Issues of Single Mothers in Practice Parenting Style to Adolescent in Indonesia. South Asian Journal of Social Science and Humanities, 1(2), 50–59. https://sajsh.com

Hartanto, W. (2022). Karakteristik Kemiskinan pada Keluarga Orang Tua Tunggal di Kabupaten Jember. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(3), 364–374. https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.47

Hasanah, T. D. U., & Widuri, E. L. (2014). Regulasi Emosi pada Ibu Single Parent. Jurnal Psikologi Integratif, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jpsi.2014.%25x

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Istiwidayanti & Soedjarwo (eds.); 5th ed.). Jakarta. Erlangga.

Hutasoit, I. T. M., & Brahmana, K. M. B. (2021). Single Mother Role in The Family. Education and Social Sciences Review, 2(1), 27–34. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/07essr208800

Kaneez, S. (2019). Perception of Subjective Well-being among Divorced Women : A Comparative Study of Hindus and Muslims. Pakistan Journal of Social and Clinical Psychology, September.

Lestari, D. W. P. (2019). Subjective Well-Being pada Ibu Tunggal Dewasa Awal yang Bercerai. Acta Psychologia, 1, 15–22. http://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia

Lestari, M., & Andrian, D. (2019). Intensitas Pola Asuh Authoritative Anak Usia Dini yang Memiliki Ibu Tenaga Kerja Wanita terhadap Hasil Belajar di Sekolah di Bajang Mlarak Ponorogo Propinsi Jawa Timur. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 19(2), 176–181. https://doi.org/10.33319/sos.v19i2.13

Mabuza, N., Thwala, S. K., & Okeke, C. I. O. (2014). Single Parenting and Its Effects on The Psychosocial Development of Children in Swaziland. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(23), 2252–2262. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n23p2252

Mahdi, M. I. (2021). Status Perceraian Menurut Jenis Kelamin. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/varia/detail/jumlah-janda-di-indonesia-lebih-banyak-dibandingkan-duda

Malik, L. R. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 03(01), 97–109. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/sajie.v3i1.2919

Muarifuddin, M., Rc, A. R., Sutarto, J., & Joko, T. (2021). Jurnal Bina Desa Ketahanan Keluarga sebagai Peningkatan Pemberdayaan Keluarga bagi Anggota PKK Pendahuluan. Jurnal Bina Desa, 3(3), 200–205. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jbd.v3i3.26974

Nadhifah, I., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.852

Nurfitri, D., & Waringah, S. (2019). Ketangguhan Pribadi Orang tua Tunggal: Studi Kasus pada Perempuan Pasca Kematian Suami. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 4(1), 11. https://doi.org/10.22146/gamajop.45400

Parker, L., Riyani, I., & Nolan, B. (2016). The Stigmatisation of Widows and Divorcees (janda) in Indonesia, and the Possibilities for Agency. Indonesia and the Malay World, 44(128), 27–46. https://doi.org/10.1080/13639811.2016.1111677

Perdana, P. D., & Dewi, K. S. (2015). Pergulatan Emosi pada Wanita Karir yang Ditinggal Mati Suami. Jurnal Empati, 4(April), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2015.14883

Putri, A. D., & Izzati, I. (2020). Pelaksanaan Perkembangan Kemandirian Anak yang Diasuh oleh Grandparent. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1269–1277. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.593

Roshimah, S., Talib, N. A. H. M., Akhir, N. S. M., & Zali, M. A. (2023). Single Motherhood and Depression: An Overview of Selected Studies from the Malay Archipelago. BITARA: International Journal of Civilizational Studies and Human Sciences, 6(4), 189–197.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja (W. C. Kristiaji & Y. Sumiharti (eds.); 6th ed.). Erlangga.

Sari, C. A. K., & Wahyuliarmy, A. I. (2022). Resiliensi pada Janda Cerai Mati. IDEA: Jurnal Psikologi, 6(1), 61–74. https://doi.org/https://doi.org/10.32492/idea.v5i1.5104

Sari, P. P., Sumardi, & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Shofi, M. A. (2022). Widow Stigma: A Critical Study of the Discrimination of Widow in Public (Islamic Perspective and Gender). AL-MAIYYAH: Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 9887, 30–45. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/al-maiyyah.v15i1.767

Sholikhah, L. I. (2023). Pola Asuh Orang Tua Menyikapi Penggunaan Smartphonepada Anak Usia Dini: Konteks Pendidikan Keluarga. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 8(1), 22–31. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jpls.v8i1

Sudarsono, S., Amin, S., & Rajab, A. (2021). Peranan Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak di Sekolah MA Muhammadiyah Pokobulo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 437–445. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1335

Suryana, D., & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479–4492. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1852

Taib, B., Ummah, D. M., & Bun, Y. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090

Wahida Rachman, A., Rismayanti Fadlillah, A., & Nalendra Rucitra, D. (2023). Perjuangan Ibu Tunggal Menghadapi Perubahan Peran dalam Memenuhi Kebutuhan Anaknya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(4), 227–245.

Widiyati, R., & Budiartati, E. (2020). Motivation The Motivation of Volunteer Bangjo Smart House Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 123–138. https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.36452

Wiranti, & Sudagijono, J. S. (2017). Gambaran Subjective Well-Being pada Single. Experientia: Jurnal Psikologi Indonesia, 3, 69–80. https://doi.org/https://doi.org/10.33508/exp.v5i1.1553

Yusuf, I. A. (2020). Perpetuating Stigma Representation of Widows and Divorcees (Janda) in Indonesian Popular Media. I-Pop: International Journal of Indonesian Popular Culture and Communication, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.36782/i-pop.v1i1.34

Zakaria, S. M., Hazila, N., Lazim, M., & Hoesni, S. M. (2019). Life Challenges and Mental Health Issues of Single Mothers : A Systematic Examination. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 2, 48–52. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1007.0982S1019




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v9i1.11531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944