PERAN GURU PAUD DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG MEMILIKI PERBEDAAN BUDAYA

Asthy Asty Agustina, Shafira Hasti, Hilda Nala, Aira Shofiyatun, Hida Alya, Hidayatu Munawaroh

Abstract


Pentingnya keberagaman budaya dalam pendidikan anak usia dini diungkapkan agar generasi penerus di masa depan tidak kehilangan warisan tersebut. Sekolah dan pendidik memainkan peran utama dalam memperkenalkan keberagaman ini kepada anak-anak, serta mengajarkan sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan secara seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru untuk menciptakan pembelajaran di PAUD karena adanya perbedaan budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu datang langsung ke tempat untuk observasi. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Provinsi Bali di PAUD AL- BANNA. Pada pengumpulan data ini mengacu pada bagaimana kondisi pembelajaran yang ada di PAUD Al-BANNA karena prioritas rata-rata budayanya menggunakan budaya Bali, dan prioritas agamanya juga sebagian besar tidak beragama Islam. Menurut Kepala Sekolah di PAUD Al-BANNA yaitu Ibu Siti Rohimah S. Pd, perbedaan budaya yang ada di PAUD AL-BANNA sedikit mempengaruhi hanya saja dibatasi, dan seluruh siswa-siswi yang ada si PAUD AL-BANNA beragama Islam. Perbedaan budaya ini tidak membuat guru yang ada di PAUD AL-BANNA menyerah, mereka tetap mempertahankan kualitas dan menciptakan pembelajaran dengan baik dan tidak mempermasalahkan perbedaan budaya yang ada di sekitarnya.  

Keywords


penelitian kualitatif, observasi, perbedaan budaya

Full Text:

PDF

References


Devi, T. (2016). Peran guru dalam membentuk Arif budaya siswa melalui model pembelajaran think pair share. Satya Widya. Vol 32, No 2.

Ndeot, F. (2024). Penguatan budaya dalam pembelajaran anak usia dini. Rumah artikel; Paudpedia

Jumrawarsi, NS. (2020). Peran seorang guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Ensiklopedia education review; lembaga penelitian dan penerbitan hasil penelitian ensiklopedia. Vol 2, No 3.

Wiryanto, S. (2022). Perbedaan budaya. Kompasiana.com.

Widyastuti, R. (2020). Persamaan di dalam perbedaan budaya. Alprin. ISBN 6232635531, 9786232635531.

Supiyah, Fadillah, Dian Miranda. (2021). Pengenalan keberagaman budaya pada anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak se-kecamatan sungai raya. Jurnal pendidikan dan pembelajaran; khatulistiwa. Tanjungpura. Vol 10, No 4.

Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal obsesi, jurnal pendidikan anak usia dini. Vol 1, No 1.

Sumarto. (2017). Agama dan Budaya (Suatu Kajian Parsialistik-Integralistik). Ri`ayah. Vol 1, No 2.

A. Tabi'in. (2020). Pengenalan keanekaragaman suku agama ras dan antar golongan (SARA) untuk menumbuhkan sikap toleransi pada anak usia dini. Jurnal inovasi pendidikan guru Raudhatul. Vol 9, No 2.

Syakhrani, AW. (2022). Budaya dan Kebudayaan.Tinjauan Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Bersifat Universal. Cross-Border. Vol 5, No 1.

Suryadin. (2022). Buku bahan ajar SD/MI kelas IV keragaman suku bangsa dan agama di negeriku.

Sutardi, T. (2007). Antropologi: mengungkap keberagaman budaya. PT Grafindo Media Pratama.

Akhmad, N. (2020). Ensiklopedia keragaman budaya. Alprin.

Iskandar, J. (2017). Etnobiologi dan keragaman budaya di Indonesia. Umbara. Vol 1, No 1.

Bennett, C. I. (2018). Comprehensive Multicultural Education: Theory and Practice. Pearson.

Manoppo, F. K., Janis, Y., & Wuwung, O. (2019). Tolerance Education for Early Childhood in Industry 4.0. 339 (Aicosh), 294-297. https://doi.org/10.2991/aicosh-19.2019.64

Sipa, S. (2016). Upaya Guru Menumbuhkan Sikap Toleransi Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(6), 1-11.

Howard, T. C. (2010). Why Race and Culture Matter in Schools. Teachers College Press.

Banks, JA. Banks, C. (2004). Handbook of Research on Multicultural Education. Jossey-Bass.

Nanggut, Yuliani Karolina. (2023). Menghargai keanekaragaman siswa: peran guru dalam proses pemeriksaan. SMAK ST. Thomas Aquinas Ruteng.

Hammond, Z. (2015). Culturally Responsive Teaching and The Brain. Corwin Press.

Moll, L. C. (1992). Funds of Knowledge for Teaching: Using a Qualitative Approach to Connect Homes and Classrooms. Theory Into Practice, 31(2), 132-141.

Gay, G. (2010). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice. Teachers College Press.

Nieto, S. (2000). Affirming Diversity: The Sociopolitical Context of Multicultural Education. Longman.

Ladson-Billings, G. (1994). The Dreamkeepers: Successful Teachers of African American Children. Jossey-Bass.

Suparno, D., & Lestari, S. (2018). Pengaruh Keragaman Budaya terhadap Perkembangan Anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 45-58.

Epstein, J. L. (2011). School, Family, and Community Partnerships: Preparing Educators and Improving Schools. Westview Press.

Wardhani, P. (2019). Pendidikan Multikultural di PAUD: Strategi dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 75-89.

Handayani, M. (2021). Pengaruh Praktik Keagamaan dalam Keluarga terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Pendidikan, 20(2), 123-134.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Panduan Implementasi Pendidikan Multikultural di PAUD. Jakarta: Kemendikbud.

Sutrisno, A. (2020). Pentingnya Pendidikan Toleransi dalam Lingkungan PAUD. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(3), 101-115.

Praptini. Peran pendidikan multikultural dalam menanamkan pendidikan nilai untuk membentuk masyarakat yang menghargai budaya bangsa. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/download/7002/5994#:~:text=Melalui%20pendidikan%20multikultural%2C%20sikap%20penghargaan,dan%20saling%20menghargai%20budaya%20lain

Trisnawati., Desi. (2023). Penerapan metode pengajaran yang inklusif di pendidikan anak usia dini (PAUD): Evaluasi keberhasilan dalam menyediakan lingkungan belajar yang ramah. Kuningan; UPMK news.

Admin Disdikpora; sumber keluarga. (2020). Melatih dan mengajari anak menghormati keragaman. Artikel pemerintah kabupaten Buleleng; dinas pendidikan, pemuda dan olahraga

Membaca proses pemerolehan bahasa anak. (2022). Badan pengembangan di pembinaan bahasa. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/3692/membaca-proses-pemerolehan-bahasa-anak

Furqan. (2024). Mengenalkan keberagaman budaya di rumah bersama anak. Ruang artikel; Paudpedia

Aini., Qurrotu Clarissa. (2023). Penerapan ketrampilan seni pada anak usia dini. Ilmu sosbud; kompasiana; Beyond Blogging




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v10i2.12180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944