Dampak Bullying Terhadap Prestasi Akademik Siswa

syifa fatimatuz zahro, Vina Izzatul Marifah, Arifatun Nisak, Miming Hidayaturrohmah, Ismi Muftalikhatuz Zahro, Amliur Rohmah, Diya Nur Ramadhani, Arista Thalitha Yumna

Abstract


Pendidikan sangat identik dengan adanya pencapaian prestasi yang diperoleh oleh setiap peserta didik. Dalam proses pendidikan tentunya terdapat berbagai Faktor baik maupun buruk yang mempengaruhi peserta didik. Salah satu faktor buruk yang menjadi penghambat peserta didik yaitu adanya tindakan bullying di sekolah. Bullying ini merupakan tindakan kekerasan yang dilakukan dengan cara apapun itu yang dilakukan secara individu maupun kelompok, sehingga membuat mental para siswa terganggu dan menurunkan minat belajar yang mempengaruhi prestasi mereka. Tindakan bullying ini perlu ditangani setidaknya adanya kesadaran oleh para orang tua dan guru bahwa bullying benar adanya dan perlu tindakan lanjut untuk mengatasinya. Metode penelitian yang dilakukan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Studi Pustaka adalah suatu teknik pengumpulan data yang dilakukan untuk menghimpun informasi yang relevan dengan masalah yang diteliti dari berbagai sumber tertulis baik tercetak maupun elektronik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kasus atau faktor yang terjadi mengenai bullying yang ada di sekolah, serta memberikan solusi atas kejadian-kejadian tersebut. Sehingga nantinya dapat meminimalisir adanya tindakan-tindakan kekerasan di sekolah yang akan berdampak buruk pada siswa. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa bullying memang benar adanya dan memberikan dampak yang signifikan terhadap prestasi siswa dan butuh penanganan yang serius untuk mengatasinya.Kata kunci : Pendidikan, Prestasi, dan Bullying

Keywords


Pendidikan, prestasi, bullying

Full Text:

PDF

References


Al-Raqqad, H. K., Al-Bourini, E. S., Al Talahin, F. M., & Aranki, R. M. E. (2017). The Impact of School Bullying On Students’ Academic Achievement from Teachers Point of View. International Education Studies, 10(6), 44. https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p44

Ariesto, Andrian. (2017). Pelaksanaan Program Anti Bullying.

Azizah, E., Setyono, D. C., Jannah, S. C., & Munawaroh, H. (2024). Pengaruh Teknologi, Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 3(1), 62-76.

Diannita, A., Salsabela, F., Wijiati, L., & Putri, A. M. S. (2023). Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education Research, 4(1), 297-301. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.117

Hoover, J., & MilnerC.W. (1998). ArehazingandBullying relatedto love and belongingness? Reclaiming chil-dren and youth. Request Psychology Journal,7(3), 138-14.

Hymel, S., Nickerson, A., & Sweare, S. (2012). Bullying at School and online. Education. com. intervensi sosial. Jurnal Psikologi Undip, 11(2).

Kowalski, R. M., Morgan, M., & Taylor, K. (2017). Stigma of mental and physical illness and the use of mobile technology. The Journal of Social Psychology, 157(5), 602-610.

Munawaroh, H., & Sangadah, Z. (2023). Dampak Bullying Terhadap Prestasi Peserta Didik SD/MI Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(1), 110-123. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i1.47

Noya, A., & Kiriwenno, E. (2024). SOSIALISASI PENCEGAHAN PERUNDUNGAN DALAM UPAYA MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK. Jurnal Abdi Insani, 11(1), 294-305. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i1.1337

Putra, P., Harefa, P., & Rozali, Y. A. (2020). Nomor 1 Januari-Maret 2020 JCA Psikologi Volume 1 Nomor 1 Januari-Maret (Vol. 1). www.cdbethesda.org

Putri, N. K., Gede, S. N., & Madri A. (2014). Hubungan intensitas interaksi dalam pola asuh orang tua dan konsep diri terhadap kecemasan siswa korban tindakan bullying (kekerasan) di SMP Negeri 2 Sawan tahun pelajaran 2013/1014. E-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1); 1-10

Samsudi, M. Agus., & Muhid, Abdul. (2020). Efek Bullying Terhadap Proses Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam dan MultikulturalismeVol. 2. No. 2, 124.

Sitorus, E. V. (2023). Pengaruh Bullying Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi Sd Negeri 122345 Pematang Siantar Info Artikel Abstrak, Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (Vol. 1, Issue 3).

Sudarsono. (2004). Kenakalan remaja: prevensi, rehabilitasi, dan resosialisasi. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Sukawati, A., Lidinillah, D. A. M., & Ganda, N. (2021). Fenomena bullying berkelompok di sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 354-363.

Yusuf, Husmiati, & Fahrudin, Adi. (2012). Perilaku bullying: asesmen multidimensi dan intervensi sosial. Jurnal Psikologi Undip, 11(2).




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v10i1.12247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944