Peran Tutor Pendidikan Masyarakat dalam Meningkatkan Literasi Finansial pada Kelompok Belajar Dewasa (Studi pada masyarakat Desa Tumbang Masukih Provinsi Kalimantan Tengah)

Muhamad Affandi

Abstract


Literasi finansial tidak hanya konsep yang berkaitan dengan keuangan, tetapi lebih kepada bagaimana mengelola keuangan serta ketepatan pengambilan keputusan untuk keberlanjutan unit usaha di masa depan. Pada konteks masyarakat pedesaan seperti Desa Tumbang Masukih, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah, literasi finansial masih menjadi tantangan tersendiri. Kekurangan akses terhadap informasi, pendidikan, dan pelatihan mengenai pengelolaan keuangan seringkali berdampak pada minimnya pemahaman masyarakat akan pentingnya perencanaan keuangan, investasi, dan pengelolaan utang. Namun di sisi lain, peran tutor dalam upaya peningkatan literasi finansial seringkali terabaikan atau kurang dimaksimalkan. Penelitian ini diasumsikan mampu berkontribusi nyata dalam mengembangkan program pendidikan masyarakat yang lebih efektif, terutama dalam upaya meningkatkan literasi finansial pada lingkup masyarakat desa. Pendekatan yang digunakan ialah kualitatif dengan metode studi kasus dan kajian entografis. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa setelah mengikuti program pembelajaran, peserta mengalami peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep dasar keuangan, perubahan sikap terhadap pengelolaan keuangan, serta peningkatan keterampilan dalam merencanakan keuangan. Sebagian besar peserta berhasil menerapkan kebiasaan finansial yang lebih bijaksana, seperti menyusun anggaran, menabung secara rutin, dan mengelola pengeluaran dengan lebih efisien. Keberhasilan dalam meningkatkan literasi finansial peserta sangat dipengaruhi oleh kemampuan tutor dalam menyampaikan materi dengan pendekatan yang relevan, menerapkan metode pembelajaran partisipatif, dan memberikan bimbingan personal. Namun, beberapa tantangan, seperti keterbatasan waktu dan tingkat pemahaman awal peserta, perlu mendapatkan perhatian lebih dalam pelaksanaan program pembelajaran.

Keywords


tutor; literasi finansial; orang dewasa

Full Text:

PDF

References


Affandi, Muhamad. 2018. “Manfaat Literasi Finansial Terhadap Keberlanjutan Usaha Mikro.” Jurnal AKRAB IX No. 2:84–94.

Bouckaert, Marina, and Quinta Kools. 2018. “Teacher Educators as Curriculum Developers: Exploration of a Professional Role.” European Journal of Teacher Education.

Chen, H., & Volpe, R. P. 1998. “An Analysis of Financial Literacy among College Students. Financial Services Review.” An Analysis of Fi-Nancial Literacy among College Students. Finan-Cial Services Review.

Creswell, JW. 2013. “Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.” in Research design.

Graña-Alvarez, Roberto, Ernesto Lopez-Valeiras, Miguel Gonzalez-Loureiro, and Freddy Coronado. 2024. “Financial Literacy in SMEs: A Systematic Literature Review and a Framework for Further Inquiry.” Journal of Small Business Management.

Lawn, Sharon, Tania Westwood, Sarah Jordans, Sara Zabeen, and Julianne O’Connor. 2017. “Support Workers Can Develop the Skills to Work with Complexity in Community Aged Care: An Australian Study of Training Provided across Aged Care Community Services.” Gerontology and Geriatrics Education.

Lexy J. Moleong, Dr. M. A. 2019. “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).” PT. Remaja Rosda Karya.

McGregor, Deb, Barbara Hooker, David Wise, and Linda Devlin. 2010. “Supporting Professional Learning through Teacher Educator Enquiries: An Ethnographic Insight into Developing Understandings and Changing Identities.” Professional Development in Education.

Roberts, Benjamin James, Narnia Bohler-Muller, Jare Struwig, Steven Lawrence Gordon, Ngqapheli Mchunu, Samela Mtyingizane, and Carin Runciman. 2017. “Protest Blues: Public Opinion on the Policing of Protest in South Africa.” South African Crime Quarterly.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi).

شكري, مؤمن ،نجوى, الطاهر أحمد الزاوي, М. Палистрант, Бадалян Л.О., Sustainable Development, Financial Inclusion, Action Plan, Economic Development, Saad Ghaleb Yaseen, Ihab Ali El Qirem, Vol Issue, Affaires- Esa, CGAP, Ede Andrew, American Research Foundation., Nagham Hussein Al-naama, Ahmed Nouri Hassan, and Sawadogo Alain. 2019. “7402 / 44 – دذعلا / 4 - ذلجملا / تيداصخقلااو تيرادلإا مولعلل جيزكح تلجم / داصخقلااو ةرادلإا تيلك - جيزكح تعماج.” International Journal of Bank Marketing.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v9i2.12791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944