PENGELOLAAN PROGRAM KECAKAPAN HIDUP MELALUI KURSUS GARNIER KUE DI SKB KOTA TASIKMALAYA

Sela Pajriah, Dilla Nurfadillah, Agnis Dewi Rengganis Anshary

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pendidikan kecakapan hidup melalui kursus garnier kue di SKB Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, subjek dari penelitian ini adalah pengelola dan tutor garnier kue. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan kecakapan hidup pada kursus garnier kue meliputi: a) pengelolaan kecakapan hidup pada program kursus garnier kue sudah berlangsung dengan semestinya, hal ini dilihat dari kegiatan program yang selalu terstruktur dan kualifikasi tutor yang sesuai dengan program yang ditawarkan; b) melalui program kursus garnier kue ini peserta didik mampu mandiri dan menerapkan pembelajarannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga.


Full Text:

PDF

References


Choudhary et al. (2015). A Study to Assess Empowerment of Adolescent Girls in Terms of Knowledge-Based Life Skills Education About Child Survival and Safe Motherhood Practices. The Journal of Obstetrics and Gynecology of India. DOI 10.1007/s13224-015-0733-6

Corliss Bean, Kelsey Kendellen & Tanya Forneris (2016) Moving Beyond the Gym: Exploring Life Skill Transfer Within a Female Physical Activity-Based Life Skills Program, Journal of Applied Sport Psychology, 28:3, 274-290, DOI: 10.1080/10413200.2015.1124155

Danish SJ, Forneris T, Hodge K, et al. (2004) Enhancing youth development through sport. World Leisure Journal 46: 38–49.

Flippo, Edwin B. And Musinger, Gary M. (1975). Management. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Gould, D., & Carson, S. (2008). Life skills development through sport: Current status and future directions. International Review of Sport and Exercise Psychology, 1, 58–78. doi:10.1080/17509840701834573

Martinek, T., Schilling, T., & Johnson, D. (2001). Transferring personal and social responsibility of underserved youth to the classroom. The Urban Review, 33, 29–45.

Mustari. M. (2015). Manajemen Pendidikan Dalam Kontes Indonesia. Bandung: Arsad Press.

Rahmat. A. (2018). Manajemen Pemberdayaan ‘’Pada Pendidikan Non-Formal’’. Gorontalo: Ideas Publishing.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

WHO. (1980). Towards a better future: MCH.

WHO Programme on Mental Health, Life Skills Education in Schools, WHO, Division of Mental Health and Prevention of Substance Abuse, Geneva, hlm. 1.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v3i1.1612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944