PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PUBLIC SPEAKING PADA LEMBAGA SEKOLAH KOMUNIKASI MIRACLE

Erli Astri Raina, Argan Rajafa, Monika Julia Mawarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan program kecakapan hidup pada program pelatihan public speaking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah pengelola dan tutor program. Metode pengumpulan data dengan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan program pendidikan kecakapan hidup pada program pelatihan public speaking meliputi: (1) perencanaan dalam program bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi, mengembangkan potensi yang dimiliki serta memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan atau berkarir; (2) pengorganisasian yang dilakukan oleh ketua atau pengelola yang menempatkan anggota sesuai dengan potensi yang dimiliki, selain itu pengkoordinasian tufoksi dalam program memiliki prinsip kebersamaan sehingga seluruh pengelola program sama-sama bertanggung jawab; (3) pelaksanaan program pada saat pembelajaran dilakukan pengarahan untuk mengenali potensi diri para peserta; (4) pengendalian dilakukan dengan melakukan pematauan pada saat kegiatan pelatihan berlangsung dan pada saat final review; (5) penilaian dilakukan dengan final review dimana peserta program bertugas membuat acara yang mengharuskan peserta ikut andil dan aktif dalam acara tersebut.


Full Text:

PDF

References


Cut Ismalia Benazir. Pengelolaan Program Pendidikan Luar Sekolah. [Online]. Tersedia: https://www.academi.edu/383324801/PENGELOLAAN_PROGRAM_PLS.docx. Diakses 02 Oktober 2018

Coombs, P. with Ahmed, M. (1974). Attacking Rural Poverty, Baltimore: The John Hopkins University Press.

Delors, J. et al. (1996). Learning: The Treasure within. Report to UNESCO of the International Commission on Education for the Twenty-first Century. Paris: UNESCO. Accessed 20 September 2013 from http://www.unesco.org/education/pdf/15_62.pdf

Depdiknas. (2002). Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Pendekatan Broad Based Education. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Jordaan, et.al. (2017). The Development and Evaluation of a Life Skills Programme for Young Adult Offenders. International Journal of Offender Therapy and Comparative Criminology 1–20 DOI: 10.1177/0306624X17737682

Maithreyi, R. (2018). Children’s reconstruction of psychological knowledge: An ethnographic study of life skills education programmes in India. Journal of Childhood 1–15 DOI: 10.1177/0907568218798014

Sudjana, D. (2000), Pendidikan Luar Sekolah, Sejarah, Azas, Bandung Falah Production.

UIL (UNESCO Institute for Lifelong Learning). (2013a). 2nd Global report on adult learning and education: Rethinking literacy. Hamburg: UIL

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v3i1.1618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944