IMPLEMENTASI DISIPLIN POSITIF ANAK USIA DINI OLEH PENDIDIK KB BINTANG MULIA KREKAH GILANGHARJO PANDAK BANTUL
Gunartati Gunartati, Didik Kurniawan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi atau penerapan disiplin positif anak usia dini oleh pendidik di KB Bintang Mulia Krekah dan hasil dari pengimplementasian disiplin positif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan sample purposive. Subjek penelitiannya adalah pendidik dan orang tua di KB Bintang Mulia Krekah dan objek penelitiannya adalah peserta didik yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data Interview, observasi dan dokumentasi. Tahapan pengujian kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah Miles & Huberman dengan tahapan reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitiannya adalah Pengimplementasian Disiplin Positif dilakukan dengan merencanakan atau menuangkannya dalam RPPH, Pengimplementasian Disiplin Positif dilakukan dengan metode Pembiasaan dan Keteladanan, Pengimplementasian disiplin positif dilakukan dengan menggunakan pendekatan Konstekstual dan saintifik. Bentuk kegiatan berupa kesadaran diri, tanggung jawab dan perilaku prososial
Â
Kata Kunci : Implementasi Disiplin Positif, Anak Usia dini dan Pendidik
Slamet Suyanto. 2005. Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.