ANALISIS EFEKTIVITAS PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI “META SINTESIS KOMPONEN PELATIHANâ€
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mensintesis proses pelatihan berbasis kompetensi yang dibatasi pada proses perencanaan. Penelitian ini dilakukan dengan metode meta sintesis pada empat manuskrip hasil riset pada pelatihan berbasis kompetensi. Hasil sintesis proses pengembangan kompetensi terjadi kesenjangan, belum adanya direktori kompetensi yang lengkap dan setiap Departemen dan belum lengkapnya matrik kompetensi untuk setiap karyawannya, sehingga desain pelatihan pengembangan kompetensi teknis belum sepenuhnya mengacu pada kriteria standar perubahan perilaku yang diharapkan dapat ditampilkan di tempat kerja masing-masing unit. pada proses perencanaan dijadikan awal untuk melakukan suatu program pelatihan, karena kebutuhan yang diperlukan harus mengacu pada training needs analysis. Pada proses pelaksanaan perancangan diklat atau pelatihan kompetensi pegawai guna meningkatkan kinerja pegawai sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pada proses evaluasi pelatihan menggunakan pre test dan post test, koesioner untuk melihat peningkatkan pelaksanaan program pelatihan guna melihat perubahan tingkah laku dan pegawai setelah pelatihan.
Kata kunci: pelatihan berbasis kompetensi, meta sintesisFull Text:
PDFReferences
Arifin, M. F. (2020). Technical Vocational Education and Training (TVET) Innovation dengan Model Pelatihan Berbasis Kompetensi dalam Pengembangan Soft Skill Sumber daya Manusia. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1495–1506. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.318
Daniati, S. I., & Marliani, R. S. (2019). Pelatihan Berbasis Kompetensi Pada Pelatihan Fungsional Kemetrologian. Prosiding Seminar Stiami, 8(5), 101–112.
Dedik, T. I. (2019). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompeteni Guna Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Dosen Politeknik Perkeretapian Indonesia. Jurnal Perkeretaapian Indonesia, III(2), 93 – 101. https://doi.org/https://doi.org/10.37367/jpi.v3i2.89
Gunawan, A. I., Rafdinal, W., Amalia, F. A., Hardiyanto, N., & Saefuloh, D. (2020). Pengembangan Model Pelatihan Berbasis Kinerja bagi Peningkatan Kompetensi Pimpinan Perusahaan Startup. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 43–49. https://doi.org/10.33603/ejpe.v8i1.2832
Nurhajati, W. A., & Bachri, B. S. (2018). Pengembangan Kurikulum Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Berbasis Kompetensi dalam Membangun Profesionalisme dan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 156–164. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p156-164
Prasetyo, B., & Joeliaty. (2018). Analisis Model Pelatihan Sumber Daya Manusia Berbasis kompetensi Pada Perusahaan PT. Pindad. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 285–299. https://doi.org/10.24912/jmieb.v2i2.955
Putra, S. A., Widyaswari, S. G., Azhar, A., Puspitasari, R. D., & Parmino, D. V. (2020). Dampak Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Guru Kejuruan Bidang Kemaritiman di Indonesia. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 1(3), 120–129. http://ejournal.iwi.or.id/ojs/index.php/iwi/article/view/18
Sanghi, S. (2007). The Handbook of Competency Mapping, Understanding, Designing, and Implementing Competency Models in Organizations. Sage Publications. Asia-Fasific, Ltd.
Susilawati, Zulfiati, & Dudung, A. (2016). Evaluasi Program Pelatihan Berbasis Kompetensi di Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan kerja Karawang (Penerapan Model Evaluasi Cippo). Jurnal Pendidikan Teknik Dan Vokasional, 2(1), 38–45. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPTV.2.1.5
Wu, J. L. (2013). The study of competency-based training and strategies in the public sector: Experience from Taiwan. Public Personnel Management, 42(2), 259–271. https://doi.org/10.1177/0091026013487124
DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v6i2.3189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jendela PLS is Indexed by
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.