PENGARUH LAMA BELAJAR PAUD TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD (Studi Pada Siswa SD Faforit di Kota Tasikmalaya)

YUS DARUSMAN, RULI AS'ARI, LULU YULIANI

Abstract


ABSTRAK: Tujuan yang ingin dicapai dari penilitian ini adalah menemukan besarnya pengaruh lama belajar di PAUD terhadap prestasi belajar siswa di SD. Lama Belar di  PAUD  ada yang 1 tahun hingga 4 tahun, mulai dari umur 3-4  tahun pada kelompok bermain (KOBER) atau Play Group hingga umur 5-6 tahun pada Taman Kanak-kanak, kelas 0 kecil dan 0 besar atau (pra Sekolah). penelitian akan digunakan penelitian kuantitatif  pada SD-SD Vaforit yang ada kota Tasikmalaya, yaitu SD Citapen, SD Nagarawangi, SD galungung, dan SD Pengadilan. Sampel adalah siswa SD kelas 1. Data prestasi belajar diambil dari nilai raport  kelas 1. Data lama belajar di PAUD diambil dari buku induk siswa SD ditambah wawancara dengan Guru kelas 1 SD dan dekumentasi yang ada di sekolah. Analisis  data digunakan regresi dan korelasi non farametrik dengan anlisis jalur atau Pert Analisis. Hasil penelitian akan bermanfaat bagi pemerintah, Tutor PAUD dan guru SD bahwa idealnya lama belajar di PAUD dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar di SD. Sekaligus akan menambah keyakinan atau menggugurkan keyakinan bahwa lama belajar di PAUD berpengaruh terhadap prestasi belajar di SD dan bahkan terhadap belajar selanjutnya.Kesimpulan penelitian ini pada beberapa SD yang Ada dikota Tasikmalaya, hanya menerima siswanya yang pernah belajar di PAUD. Begitu pentingnya PAUD sehingga menjadi syarat untuk masuk  SD dikota – kota besar. Sementara didaerah –daerah masih banyak penduduk yang tidak memiliki PAUD dan bahkan apabila adapun letaknya sulit dijangkau oleh anak seusia PAUD.

 

Kata Kunci : Lama belajar , Prestasi belajar, Siswa SD

 


References


Aviles, A.M, Anderson, T.R, & Davila, E.R. (2006). Child and Adolescent Social-Emotional Development Within The Context of School, Child and Adolescent mental Health

Christiana Hari Soetjiningsih. (2012). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta; Kharisma Putra Utama.

Hurlock, E. 1980. Developmental Psychology: A Life-Span Approach, McGraw-Hill, Companies, Inc. New York.

Ibnu Hasan Najati &Mohamed A. Khalfan. 2006. The Principle Of Education And Child Psychologi. Terj. M. Anis Maulachela. Iran; Intisyarat al-Nur, Cet.1

Inayat Khan. 2007. Educatian From Before Birrth to Maturity. Terj. Ani Susana, S,Pd. USA: House,Inc.

Ridwan. (2008). Dasar-Dasar Statistika. Jakarta: Alfabeta.

Sujianto, Agus Eko.( 2009). Aplikasi Statistika. SPSS. 16,0. Jakarta: Prestasi Pustaka

Santrock J.W. 2007. Child development. 11 edition. Mc Graw-Hill Companies. New York.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Dalam Kajian Neurosains. PT Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi dan Maulidya Ulfah (2012). Konsep Dasar PAUD. PT Rosdakarya. Bandung: PT Rosdakarya.

Webster,s New International Dictionary. (1951)




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v2i1.453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944