Analisis Penerapan Pembelajaran Andragogy di PKBM Hanuba Medan

Cristina Asvera Saragih, Junfanny Pakpahan, Melina Gultom, Muhammad Salim Sagala

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran andragogy di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Hanuba di Jalan AH Nasution Medan, Sumatera Utara. Metode penelitian dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa PKBM hanuba telah menerapkan pendekatan pembelajaran andragogy berbasis kontekstual, prinsip pembelajaran yang diterapkan seperti pembelajaran berbasis masalah, cara cara belajar, evaluasi diri, melibatkan perasaan dalam mengatur emosi serta bebas dari ancaman. asumsi belajar yang digunakan seperti kesiapan diri, motivasi dan gaya belajar andragogy yang diterapkan adalah gaya belajar visual dan audio visual. Pelaksanaan sudah dilaksanakan dengan sangat baik namun terdapat  permasalahan yang terjadi di PKBM hanuba adalah orientasi belajar warga belajar berpusat pada ijazah dan motivasi dalam diri warga belajar yang rendah. Solusi yang diberikan adalah membuat Pelatihan Kewirausahaan membuat JASUKE (Jagung Susu Keju) pada warga belajar kejar  paket C di PKBM Hanuba Medan Sumatera Utara  dengan tujuan meningkatkan skill dalam berwirausaha serta mengubah mindset warga belajar orang dewasa di PKBM Hanuba.


Keywords


Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, andragogi

Full Text:

PDF

References


Ali Mudlofir, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2012) hal. 1-2.

Anwika MY, dkk. 2021. Penerapan prinsip andragogi oleh tutor pada program life skill. jurnal kolokium. Vol 9(1).

Budiwan, J. 2018. Pendidikan Orang Dewasa (andragogi). Jurnal qalamuna. Vol 10(2).

Darmanto, Susetyo. 2020. Peningkatkan Kompetensi Warga Belajar Kejar Paket C Melalui Pelatihan Kreasi Desain Grafis. Jurnal E-Dimas. Vol 11(4). 586-593.

Dede Rosyada. 2006. Materi Kurikulum, Pendekatan dan Metide Pendidikan Agama Islam Perspektif Multikulturalisme. Jurnal Edukasi.

Effendi. 2017. Hubungan readiness (kesiapan) belajar siswa dengan hasil belajar fisika siswa kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Jurnal JPF. Vol 5(1). 15-24.

Fadilla, dkk. 2014. Pengaruh penerapan pembelajaran scaffolding terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit. Vol 1(1).

Hasibuan, Jubaidah. 2020. Kompetensi Tutor dan Manajemen Pendidikan Pada PKBM Hanuba dalam Mencapai Tujuan pembelajaran. Jurnal Millenial Community. Vol 2(2). 77-84).

Kaniati, Rina dan Dodi kusmayadi. 2013. Upaya tutor dalam menerapkan pendekatan mandiri pada warga belajar paket c di PKBM Pelita Pratama Bandung. Jurnal Empowerment. Vol 2(2). 2252-4738.

Kisworo, Bagus. 2017. Implementasi media pembelajaran berbasis prinsip-prinsip pendidikan dewasa di PKBM Indonesia Pusaka Ngaliyan Semarang. Jurnal Unnes. Vol 3(1). 80-86.

Muhajang, tatang dkk. 2018. Gaya belajar anak jalanan berprestasi. Jurnal Pedagonal. Vol 2(1). 23-33.

Masykur, 2013. Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: AURA.

Meilisan, Mira dan Eka PS. 2020. Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika Pendidikan Kesetaraan A PKBM Kasih Bundo. Jurnal Ensiklopedia Social Review. Vol 2(2). 172-179.

Nasution. 2008. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Prasanti, Ditha. 2018. Penggunaan media komunikasi bagi remaja perempuan dalam pencarian informasi kesehatan. Jurnal Lontar. Vol 6(1). 13-21.

Rizky, A dkk. 2019. Pengaruh orientasi pembelajaran dan konsepsi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa tahun pertama. Jurnal psikologi talenta. Vol 5(1).

Sutisna, Deni F dkk. 2012. Peranan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dalam menumbuhkan Minat Baca Warga Belajar. Jurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran. Vol 1(1). 1-17.

Septiani, Mita. 2015. Pengalaman Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dalam memfasilitasi masyarakat belajar sepanjang hayat. Jurnal Visi PPTK PAUDNI. Vol 10(2).

Septiani, M. 2015. pengalaman pusat kegiatan belajar masyarakat dalam memfasilitasi masyarakat belajar sepanjang hayat. Jurnal Ilmiah VISI PPTK Paudni. Vol 10(2).

Sukmadinata, Nana S. 1995. Penerapan Kurikulum (Makalah). Bandung: PPs IKIP Bandung.

Usma. (2002), Konteks implementasi berbasis Kurikulum, Bandung, CV Sinar Baru.

Widiarti, PW. 2017. Konsep diri (self concept) dan komunikasi interpersonal dalam pendampingan pada siswa SMP Se Kota Yogyakarta. Jurnal Informasi. Vol 47(1).

Winarti, Agus. 2018. Pendidikan orang dewasa. Bandung: ALFABETA..




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v9i1.4917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944