KONTRIBUSI PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C

Khusnul Miraniwati, Endang Sri Redjeki, Edi Widianto

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara pembelajaran e-learning dengan hasil belajar warga belajar paket C di PKBM Alfa Salam Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Responden dalam penelitian terdiri dari 95 warga belajar paket C. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling yang diambil dari populasi warga belajar paket C semester genap tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket (kuesioner) tertutup dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig. < 0,05 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pembelajaran e-learning dengan hasil belajar warga belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,552 artinya berdasarkan tabel interpretasi hubungan tergolong cukup dan arah hubungan bersifat positif yakni apabila terdapat peningkatan pada pembelajaran e-learning yang diselenggarakan maka hasil belajar juga akan meningkat dan begitu pula sebaliknya.

Keywords


Pembelajaran E-Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, Musyafa., Prawening, Cesilia., Samiaji, Mukhamad Hamid. 2020. Inovasi Model Pembelajaran Jarak Jauh Program Kesetaraan Paket C di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah PTK PNF 15(2). Dari: https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/2041628

Andani, Putri A. Dwi. 2021. Keefektifan Pembelajaran Online dengan Website Setara Kemendikbud Masa Pandemi Covid-19 di PKBM Al-Fattah Manonjaya. Jurnal Diksatrasia 5(2).

Anni, Chatarina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press

Arriany, Ike., Junadi. Laksono, A. Dwi. 2020. Pelatihan E-learning untuk Tutor Pendidikan Kesetaraan. Community Development Journal 1(2). Dari: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/726

Ashadi, N. Rahayu & Suhaeb, Sutarsih. 2020. Hubungan Pemanfaatan Google Classroom dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PTIK Pada Masa Pandemi. Jurnal Media Elektrik 17(2). Dari: https://ojs.unm.ac.id/mediaelektrik/article/download/14036/8239

Asra, A., Irawan,P.B., & Purwoto, A.2016. Metode Penelitian Survei. Bogor: In Media

Ekawati, Hanifah. Wahyuni. Sari, Nila Ratna. 2021. Penerapan Taksonomi Bloom dan Krathwohl’s pada Aplikasi Rubrik Penilaian Hasil Belajar Siswa di Samarinda untuk Aspek Kognitif. Jurnal Ilmiah MATRIK 23(02).

Mutia, Intan & Leonard. 2013. Kajian Penerapan e-learning dalam proses pembelaajaran di perguruan tinggi. Jurnal afakto EYacta 6(4). Dari: https://journal.lppmunindra.ac.id/indeY.php/Faktor_EYacta/article/download/239/225

Nylund, H., & Lanz, M. 2020. Interactive Learning Activities for Educations of Factory Level Order-todelivery Procces. Procedia Manufacturing 45 504-509. Dari: https://www.researchgate.net/publication/346319164_Dampak_pandemi_Covid-19_terhadap_kepuasan_pembelajaran_jarak_jauh

Ni’mah, D. Zahrotun. Chamalah, Evi. Azizah, Aida. 2021. Fleksibilitas dan Aksesbilitas Digitalisasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA 03(01). Dari: https://www.researchgate.net/publication/357828103_FLEKSIBILITAS_DAN_AKSESIBILITAS_DIGITALISASI_PEMBELAJARAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA_DI_MASA_PANDEMI_COVID-19

Nurgiansah, T. Heru. 2021. Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Journal of Information Technology 2(2). Dari: https://journal.ar-raniry.ac.id/indeY.php/jintech/article/download/672/667/

Richardo, R., & Meilani, R.I., 2017. Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 2(2).

Setiawardhani, Ratna T. 2013. Pembelajaran Elektronik (E-Learning) dan Internet Dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi 1(2) hal. 84. Dari: https://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/indeY.php/edunomic/article/view/21

Sofiyati, Siti. 2016. Pengaruh Penggunaan Android dan E-learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FITK UIN Maulana Malik Ibrahim.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supangat, Andi. 2007. Statistik dalam Kajian Deskriptif Nonparametrik, Inparsial, dan Parametrik. Bandung: Alfabeta

Widianto, Edi., Shafia. A. Bilqisth., Sari, M. Andini., Maula, N.M. Ni’matul., Salsabila, N. Rizki., Hidayat, Taufik. 2021. Peran Pembelajaran Daring bagi Warga Belajar Program Pendidikan Kesetaraan dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 5(1). Dari: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/25291

Widianto, Edi., Husna, A.A., Sasami, A. Nur., Rizkia, E.F., Dewi, F.K., Cahyani, S.A.I. 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Tekonologi Informasi. Journal of Education and Teaching 2(2). Dari: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JETE/article/view/11707

Karwati, L. 2016. Prinsip Andragogi pada Performa Tutor Pendidikan Luar Sekolah. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS 1(1).

Knowles, S, Malcom. 1970. The Modern Practice of Adult Education. New York: Association Press




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v7i2.5035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944