PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PART DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI
Abstract
Peningkatan kreativitas pada anak usia dini dapat dilakukan dengan menggunakan media dalam proses pembelajaran. Media yang digunakan bisa beragam jenisnya, salah satunya media loose part. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta meningkatkan kreativitas anak-anak usia dini di PAUD Tunas Harapan dalam proses pembelajaran melalui pengunaan media loose part. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini kelompok B (5-6 tahun) yang berjumlah 10 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini guru dan peneliti berkolaborasi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media loose part. Hasil dari penelitian ini, terlihat dari sebelum diberikannya tindakan persentase kreativitas anak masih sangat rendah, namun kemudian pada siklus 1 persentase meningkat menjadi 30% untuk kategori cukup dan 70% untuk kategori kurang. Pada siklus ke 2 meningkat lagi menjadi 80 % untuk kategori sangat baik dan 10% untuk kategori cukup, dan 10% lagi untuk kategori kurang. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa penelitian dengan penggunaan media Loose Part dapat mengembangkan dan meningkatkan kreativitas anak usia dini di PAUD Tunas Harapan. Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhani D N, Dkk. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo.
Anis Kumala Fasha, (2021). Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Kartini Jatimulyo Lampung Selatan.
Asyhar R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi Jakarta.
Dewi K. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. UIN Raden Fatah Palembang.
Farida, Azky. (2020). Penggunaan Media Loose Part Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Paud Al-Musfiroh Gunungsindur, Jawa Barat. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Filtri H, Dkk. (2020). Media Pembelajaran Bernilai Ekonomis Berbasis Recycle System Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. Universitas Lancing Kuning.
Fono Yasita M & Ita Efrida. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Loose Part Untuk Menstimulus Kreativitas Anak Kelompok B Di Kober Peupado Malanuza. Jurnal Pendidikan Tambusai. STKIP Citra Bakti
Mauladani Y H. Menjadi Guru Kreatif, Inovatif Dan Inspiratif. Universitas Riau.
Muryaningsih S. (2021). Media Pembelajaran Berbahan Loose Part Dalam Pembelajaran Eksak Di MI Kedungwuluh Lor. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Khazanah Pendidikan.
Pramana C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemic Covid-19.
Rachmawati Y & Euis (2010) Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta.
Rahmat S T & Sum TA. (2017). Mengembangkan kreativitas anak. Jurnal pendidikan dan kebudayaan missio.
Riyana C, (2012). Media Pembelajaran. Jakarta. Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republic Indonesia Tahun 2012.
Rohani, (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas.UIN Sumatra Utara.
Safitri D & lestariningrum A. (2021). Penerapan media loose part untuk kreativitas anak usia 5-6 tahun. jurnal pendidikan islam anak usia dini.
Siskawati & Herawati, (2021). Efektivitas Media Loose Part Di Paud Kelompok A Pada Masa Belajar Dari Rumah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Sitepu J M & Hutasuhut S N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak Melalui Media Permainan Bounch Magic Ball Pada Kelompok A Di RA Al-Fathin Kecamatan Medan Belawan. Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.
Witri R I, Dkk. (2020). Penerapan Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A Di RA Bina Amanah. Universitas Islam Malang. Dewantara.
DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v7i2.5352
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jendela PLS is Indexed by
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.