POLA ASUH ORANGTUA MENYIKAPI PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA ANAK USIA DINI

Lisa Imroatus Sholikhah

Abstract


Aktivitas anak usia dini bergantung pada sikap orangtua melalui penerapan pola asuh. Termasuk pola asuh orangtua menyikapi penggunaan smartphone pada anak. Penggunaan smartphone menyebabkan berkurangnya minat sosial pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui penggunaan smartphone pada anak usia dini, pola asuh yang diterapkan orangtua, dan dampak penggunaan smartphone. Metode penelitian yang digunakan adalah  kualitatif jenis fenomenologi. Dalam penelitian kualitatif, hasil tidak diperoleh dan disajikan melalui prosedur statistik, hitungan, atau berbentuk angka, melainkan melalui proses pengamatan dan analisis yang dijelaskan secara deskriptif. Jenis fenomenologi digunakan untuk mengungkap kesamaan makna yang menjadi esensi dari suatu konsep atau fenomena yang secara sadar dan individual dialami oleh sekelompok individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa durasi penggunaan smartphone pada anak usia dini adalah 3-4 jam per hari. Smartphone digunakan untuk menonton youtube, tiktok, dan bermain game. Orangtua menerapkan pola asuh permisif dan demokratis dalam menyikapi penggunaan smartphone pada anak usia dini. Alasan diberikan smartphone pada anak guna memudahkan pengasuhan. Anak tidak mengganggu aktivitas orangtua saat bermain smartphone. Dampak positif penggunaan smartphone pada anak usia dini adalah memperluas pengetahuan anak, meningkatnya kreativitas, dan kemampuan bahasa inggris. Sedangkan dampak negatifnya adalah kecanduan, minat sosial anak rendah, dan berpotensi menonton tayangan yang tidak mendidik.


Keywords


(PENDIDIKAN KELUARGA) Pola Asuh; Smartphone; Anak Usia Dini

Full Text:

Remote PDF

References


Aviani, D., Latiana, L., & Mulawarman, M. (2020). Dampak Gaya Pengasuhan Permisif Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 3(1), 68–74.

Elfiadi. (2018). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. In Jurnal ITQAN (Vol. 9, Issue 2).

Farida, A., Salsabila, U. H., Hayati, L. L. N., Ramadhani, J., & Saputri, Y. (2021). Optimasi Gadget dan Implikasinya Terhadap Pola Asuh Anak. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 1–208.

Hara, F. M., & Pranoto, Y. K. S. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana ISSN 26866404 Peran Screen Time dan Gadget Terhadap Kemampuan Berbahasa pada Anak Usia Dini. 396–401.

Paridawati, I., Daulay, M. I., & Amalia, R. (2021). Persepsi orang tua terhadap penggunaan smartphone pada anak usia dini di desa indrasakti kecamatan tapung kabupaten kampar. Journal Of Teacher Education, 2(2), 28–34. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/1329

Putri, S. A., Syamsuddin, M. M., & Zuhro, N. S. (2021). Efektivitas Pelatihan Screen Time Terhadap Interaksi Anak dan Orangtua. Jurnal Kumara Cendekia, 9(4).

Sawitri, Y., Yannaty, I. A., Widyastika, S. I., Harumsih, T. D., & Musyarofah, H. F. (2019). Dampak penggunaan smartphone terhadap perkembangan anak usia dini. “Pengembangan Sumberdaya Menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokal,†691–697.

Sulaiman, H., Purnama, S., Holilullah, A., Hidayati, L., & Saleh, N. H. (2020). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja (N. Asri (ed.)). PT. Remaja Rosdakarya.

Viandari, K. D., & Susilawati, K. P. A. (2019). Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 76. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p08

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107–119. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v8i1.6915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944