PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN TATA KECANTIKAN RAMBUT DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN BANJARNEGARA
Abstract
Permasalahan pada penelitian yaitu kemiskinan yang terus meningkat karena rendahnya kualitas SDM terutama pada perempuan. Perempuan usia produktif yang berpendidikan rendah dan tidak memiliki keterampilan diberikan pelatihan tata kecantikan rambut untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan proses pemberdayaan perempuan melalui pelatihan tata kecantikan rambut di SKB Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian sebanyak enam orang, yaitu kepala SKB, koordinator program, instruktur pelatihan dan tiga peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, display data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa proses pelatihan dibagi menjadi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan ditentukan dengan penetapan tujuan pelatihan. Sarana prasarana disesuaikan dengan dana APBD 2 Kabupaten Banjarnegara. Rekrutmen instruktur pelatihan yang berkompeten dan rekrutmen peserta pelatihan sebanyak 10 peserta. Pelaksanaan pelatihan selama 60 jam sebanyak 20 pertemuan. Materi pelatihan dasar disesuaikan kondisi peserta. Komunikasi terjadi dua arah dengan baik namun perlu peningkatan suasana pembelajaran yang kondusif. Media pelatihan berupa modul dan peralatan salon. Metode pelatihan berupa ceramah, praktek, tanya jawab dan diskusi. Motivasi yang membangun dilakukan instruktur kepada peserta. Tahap evaluasi melalui pre test dan post test dilakukan sebelum dan sesudah pelatihan secara tertulis. Evaluasi proses dilaksanakan saat kegiatan pelatihan berlangsung. Evaluasi program dilakukan diakhir kegiatan untuk melakukan perbaikan pelaksanaan pelatihan di tahun berikutnya. Tindak lanjut dengan menyalurkan peserta yang berminat magang di salon milik instruktur pelatihan.
Â
Kata kunci : Pemberdayaan Perempuan, Pelatihan Tata Kecantikan Rambut, Sanggar Kegiatan Belajar
Full Text:
PDFReferences
Alsaad, R. I., Hamdan, A., Binsaddig, R., & Kanan, M. A. (2023). Empowerment Sustainability Perspectives for Bahraini Women as Entrepreneurs. International Journal of Innovation Studies. https://doi.org/10.1016/j.ijis.2023.04.003
Andzarini, N., & Sutarto, J. (2020). Manajemen Pelatihan Operator Komputer Tingkat Lanjutan. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(2), 158–173.
Baniah, E. N. S., Riyadi, R., & Singal, A. R. (2021). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Keterampilan Menjahit Busana Wanita Bagi Peserta Pelatihan Di Lkp Rachma Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 75–80.
Djuanda, I. (2020). Implementasi evaluasi program pendidikan karakter model cipp (context, input, process dan output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(01), 37–53.
Ekosiswoyo, R., & Sutarto, J. (2015). Model pembelajaran pendidikan kesetaraan berbasis keterampilan vokasional. Journal of Nonformal Education, 1(1).
Ernawati, T., Siswoyo, R. E., Hardyanto, W., & Raharjo, T. J. (2018). Local-wisdom-based character education management in early childhood education. The Journal of Educational Development, 6(3), 348–355.
Esthi, R. B. (2021). The effect of training, discipline, and motivation on employee performance. FORUM EKONOMI, 23(3), 539–544.
Gautama, B. P., Yuliawati, A. K., Nurhayati, N. S., Fitriyani, E., & Pratiwi, I. I. (2020). Pengembangan desa wisata melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 355–369.
Hamzah, N. (2019). Pemberdayaan Perempuan Miskin Pesisir Melalui Penguatan Industri Kecil Rumah Tangga (Study Pada Perempuan Sebagai Kepala Keluarga Di Desa Mendalok Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat). Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 50–62.
Hartanti, N. B. (2020). Pelatihan Kewirausahaan dalam Mengolah Rumput Laut menjadi Manisan dan Dodol pada Kelompok Belajar Sipatuo di LKP BBEC Bontang. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 23–27.
Hartinah, S., Imsiyah, N., & Himmah, I. F. (2019). Hubungan Antara Minat Belajar dengan Partisipasi Peserta Mengikuti Pelatihan Menjahit Garmen Appreal di UPT Pelatihan Kerja Jember. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 5–9.
Haryani, H., & Desmawati, L. (2020). Pemberdayaan Perempuan Pada Kelompok Salma Batik Di Dusun Malon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 68–75.
Kamil, M. (2012). Model Pendidikan Dan Pelatihan (Konsep Dan Aplikasi). Alfabeta.
Kurnia, V., & Budiartati, E. (2017). Kompetensi Profesional Instruktur Dalam Pencapaian “Hard Skill†Peserta Didik. Journal of Nonformal Education, 3(1), 21–27.
Kusuma, R. V. (2020). Pemberdayaan Perempuan Peserta Pelatihan Tata Rias Pengantin di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Vivi Kota Samarinda. Jurnal Program Studi Pendidikan Masyarakat, 1(2), 12–17.
Madzorera, I., & Fawzi, W. (2020). Women empowerment is central to addressing the double burden of malnutrition. EClinicalMedicine, 20, 1–2. https://doi.org/10.1016/j.eclinm.2020.100286
Miradj, S., & Shofwan, I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Proses Pendidikan Nonformal. Bayfa Cendekia Indonesia.
Mulyono, S. E. (2017). Kemiskinan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Mulyono, S. E. (2020). Model Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Jalur Pendidikan Nonformal di Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang . Edukasi, 14(1), 1–10.
https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.964
Noviyanti, R., Syaefuddin, S., Yuliani, L., & Herwina, W. (2019). Partisipasi Kelompok Wanita Tani dalam Meningkatkan Program P2WKSS untuk Memanfaatkan Lahan. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 59–70.
Nurfaal, A. R. (2017). Penyelenggaraan Program Pelatihan Tata Busana Di Balai Perlindungan Dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 107–118.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.
Ratnasari, S., Saripah, I., & Akhyadi, A. S. (2021). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Kewirausahaan Menjahit di PKBM Bhina Swakarya. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 74–86.
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.
Sasmita, K., Kuswantono, S., Hadiyanti, P., & Ikhsanudin, I. (2021). Development of Teaching Materials for Facilitation and Management of Changes in Community Empowerment. Journal of Nonformal Education, 7(2), 135–141.
Suminar, T., Arbarini, M., Shofwan, I., & Setyawan, N. (2021). The Effectiveness of Production-Based Learning Models in the ICARE Approach to Entrepreneurial Literacy Ability. Journal of Nonformal Education, 7(2), 142–149.
Suryana, A. N., Hamdan, A., & Karwati, L. (2018). Evaluasi program pendidikan anak usia dini (paud) di pkbm danis jaya kota tasikmalaya. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 6–10.
Sutarto, J., Mulyono, S. E., Nurhalim, K., & Pratiwi, H. (2018). Model pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan kecakapan hidup berbasis keunggulan lokal Desa Wisata Mandiri Wanurejo Borobudur Magelang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 27–40.
Syahrudin, A., Majid, A., Yuliani, L., & Qomariah, D. N. (2019). Penerapan Konsep Andragogi Oleh Tutor Kesetaraan Paket C Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Warga Belajar. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 26–30.
Syamsuri, A. R., & Siregar, Z. M. E. (2018). Analisis Pelatihan, Disiplin Kerja, Remunerasi, dan Motivasi Berprestasi dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening terhadap Kinerja Karyawan. JSHP (Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan), 2(2), 95.
Utsman. (2017). Validitas Dan Reliabilitas Untuk Mengevaluasi Mutu Penelitian Kualitatif. Jurnal Non Formal Education UNNES, 39–54.
Verawadina, U. (2020). Learning Model Team Assisted Individualization Assisted Module to Improve Social Interaction and Student Learning Achievement. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7974–7980.
Zubaidah, S., & Hajar, I. (2021). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Pembuatan Nugget Kupang di Desa Karang Gading. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 122–130.
DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v8i1.7142
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jendela PLS is Indexed by
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.