PERAN TAMAN BACA PELOSOK BUMI DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN LITERASI DASAR PADA ANAK-ANAK DI DUSUN CILELE

Raissa Ageng Sasikirana, Dayat Hidayat, Tika Santika

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Taman Baca Pelosok Bumi dalam meningkatkan kecakapan literasi dasar pada anak-anak di dusun cilele kabupaten karawang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi data primer melalui observasi dan wawancara kepada relawan, warga belajar dan orangtua warga belajar dan data sekunder yang diperoleh  dari  buku,  catatan,  atau  arsip  yang  berhubungan  dengan  penelitian  ini. Penelitian menunjukan hasil bahwa taman baca pelosok bumi berperan dalam meningkatkan kecakapan literasi dasar pada anak-anak. Terdapat faktor pendukung seperti dukungan keluarga dan peran tutor atau relawan, serta terdapat faktor penghambat yaiitu kemampuan anak, media pembelajaran dan waktu belajar.


Keywords


Taman Bacaan Masyarakat; Peran

Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi, and Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Dwiyantoro, Dwiyantoro. 2019. “Peran Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara Dalam Menumbuhkan Minat Baca Pada Masyarakat.†Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan 7(1):19–32. doi: 10.24198/jkip.v7i1.14430.

Dyah, Larasati Utami. 2021. “No Title.†Perpustakaan Kemendagri. Retrieved (https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661).

Hamid, Muhammad. 2010. Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Djambatan.

Ningsih, Henni Setia, and Mahmud Alpusari. 2019. “IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH.â€

Saepudin, Asep, and Bunga Nisa Mentari. 2016. “Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi.†Jurnal Kwangsan 4(1):43. doi: 10.31800/jurnalkwangsan.v4i1.34.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v9i1.7998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944