PERAN TAMAN BACA PELOSOK BUMI DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN LITERASI DASAR PADA ANAK-ANAK DI DUSUN CILELE
Raissa Ageng Sasikirana, Dayat Hidayat, Tika Santika
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Taman Baca Pelosok Bumi dalam meningkatkan kecakapan literasi dasar pada anak-anak di dusun cilele kabupaten karawang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi data primer melalui observasi dan wawancara kepada relawan, warga belajar dan orangtua warga belajar dan data sekunder yang diperoleh dari buku, catatan, atau arsip yang berhubungan dengan penelitian ini. Penelitian menunjukan hasil bahwa taman baca pelosok bumi berperan dalam meningkatkan kecakapan literasi dasar pada anak-anak. Terdapat faktor pendukung seperti dukungan keluarga dan peran tutor atau relawan, serta terdapat faktor penghambat yaiitu kemampuan anak, media pembelajaran dan waktu belajar.
Anggito, Albi, and Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Dwiyantoro, Dwiyantoro. 2019. “Peran Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara Dalam Menumbuhkan Minat Baca Pada Masyarakat.†Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan 7(1):19–32. doi: 10.24198/jkip.v7i1.14430.
Hamid, Muhammad. 2010. Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Djambatan.
Ningsih, Henni Setia, and Mahmud Alpusari. 2019. “IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH.â€
Saepudin, Asep, and Bunga Nisa Mentari. 2016. “Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi.†Jurnal Kwangsan 4(1):43. doi: 10.31800/jurnalkwangsan.v4i1.34.