PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI PAUD PLAMBOYAN 3 KARAWANG
Abstract
Pembelajaran pada pendidikan anak usia dini sebaiknya diusahakan oleh guru untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan yang berpusat pada anak sehingga anak dapat mencurahkan perhatiannya secara penuh dan aktif terhadap apa yang ia pelajari, karena pada hakikatnya pendidikan anak usia dini menyajikan konsep belajar sambil bermain, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Beyond center and circle time (BCCT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai penerapan model pembelajaran BCCT serta faktor pendukung dan pengahambat dalam penerapan model pembelajaran BCCT di PAUD Plamboyan 3 Karawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang menghasilkan data deskriptif dalam bentuk kata-kata tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah dua orang guru di kelas Al-jazari pada kelompok usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) yang dilakukan di PAUD Plamboyan 3 Karawang dilaksanakan sesuai dengan 4 jenis pijakan (scaffolding) yang terdapat pada teori pelaksanaan BCCT diantaranya: pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main dan pijakan setelah main dengan menggunakan 8 tema yang berbeda. Serta faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran BCCT di PAUD Plamboyan 3 Karawang terdiri dari dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., 2007, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI hal 134, Rineka Apta, Jakarta.
Esam, Abdullah Al Jaddou. 2018. “The World Islamic Sciences and Education University Students Attitudes towards the Inclusion of Handicapped Students within Campus Main Stream.†Educational Research and Reviews 13(12): 472–86.
Habiburrahman. (2019). Model-model Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Martuti, A. 2010. Mendirikan dan Mengelola PAUD. Sidorejo: Kreasi Wacana.
Sari, R. P. (2017). Kreativitas Bermain Anak Usia Dini. Jurnal Pusaka, p-ISSN 2339-2215 e-ISSN 2580-4642. 1–27
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixesd Methods). Bandung: Alfabeta.
__________. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: CV Alfabeta
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.
Yus, Anita.2015. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Prenadamedia Grup
DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v9i2.8021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jendela PLS is Indexed by
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.