PERENCANAAN PROGRAM PENDIDIKAN MASYARAKAT SEKITAR RUMAH PINTAR AL-BAROKAH, SUMEDANG (PENGAYAAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT & PROGRAM PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN)

Nike Kamarubiani, Ismawati Ismawati, Aliefvia Azzahra Putri, Vika Vionika

Abstract


Pendidikan sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Maka tidak heran, jika semua orang berhak bahkan wajib untuk menempuh pendidikan, baik itu pendidikan formal, informal ataupun non formal. Rumah Pintar Al-Barokah merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang memafasilitasi masyarakat sekitar Cibeureum Wetan, Sumedang khususnya anak-anak untuk belajar bersama misalnya membantu anak-anak menyelesaikan tugas dari sekolahnya. Namun, tentu saja alangkah lebih baiknya jika Rumah Pintar Al-Barokah ini tidak hanya fokus pada anak-anak saja. Melainkan juga difokuskan pada orang dewasa. Berdasarkan hasil identifikasi yang kami lakukan kepada masyarakat sekitar Rumah Pintar Al-Barokah, ternyata masih banyak masyarakat sekitar yang pendidikannya tidak sampai pada jenjang SMA, namun dibalik itu masyarakat sekitar Rumah Pintar Al-Barokah memiliki rata-rata mata pencaharian di bidang pertanian & keterampilan mengolah kekayaan alam yang ada di daerah tersebut, misalnya mengolah abon dan dendeng dari ikan mujair. Maka dari itu, melihat dari masalah serta potensi yang dimiliki oleh masyarakat sekitar Rumah Pintar Al-Barokah, pengayaan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) yang didalamnya terdapat juga program pelatihan kewirausahaan untuk hasil keterampilan olahannya menjadi solusi yang tepat untuk masyarakat sekitar Rumah Pintar Al-Barokah.

 


Keywords


Masyarakat, Rumah Pintar Al-Barokah, PKBM, Pelatihan Kewirausahaan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abduloh Sidik Mustopa. (2022). MANAJEMEN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PKBM (Studi Tentang Efektivitas Pengelolaan PKBM Bonti Sukses Abadi, PKBM Setia Mandiri dan PKBM Peduli Anak Bangsa di Kota Bandung). 3(8.5.2017), 2003–2005.

Afandi, Z. (2019). STRATEGI PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP DI PESANTREN (Studi Kasus Pesantren Al-Mawaddah Centre Honggosoco Jekulo Kudus). 44(8), 1689–1699.

Anita Christanti. (2016). Pembentukan Sikap Dan Intensi Kewirausahaan Di Sentra Industri Produk Roti Dan Kue Rungkut Lor , Surabaya. Agora, 4(1), 242–248. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/4249

Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2016). Pembentukan Sikap Dan Intensi Kewirausahaan Di Sentra Industri Produk Roti Dan Kue Rungkut Lor , Surabaya. Agora, 4(1), 242–248.

Hanizar, D. S., Masluyah, & Wahyudi. (2014). Pengelolaan Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. JIPP: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(11), 1–13.

Himayaturohmah, E. (2017). Strategi Pengembangan Manajemen Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Di Provinsi Riau. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 100. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.96

Jamaludin, J. (2018). Analisa Perhitungan Dan Pemilihan Load Cell Pada Rancang Bangun Alat Uji Tarik Kapasitas 3 Ton. Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin, 2(2), 22–25. https://doi.org/10.31000/mbjtm.v2i2.2719

Karlis, K., & Mulyanti, D. (2023). Manajemen Pemasaran PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Trending: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 1(3), 14—20.

Kiki, Y., Faridha, N., Komariah, K., & Lastariwati, B. (n.d.). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN MEMBUAT PRODUK OLAHAN KEKINIAN MELALUI PEMBERDAYAAN REMAJA PUTRI DI DUSUN SALAKAN.

Lutfiansyach, D. Y., Kamil, M., & Ardiwinata, J. S. (2021). Bimbingan Teknis Tata Kelola Pendirian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Daarut Tauhid Melalui Online Single Submission (Oss). Comm-Edu (Community Education Journal), 5(3), 134. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v5i3.14008

Pringgondani, L. (n.d.). Evaluation of the Implementation of the Programme of Equality Package C Pkbm Persada Pendowoharjo, District. Sewon, Bantul Regency. 59–64.

Purnomo, B. R. (2017). Efektivitas Pelatihan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Motivasi Berwirausaha Pada Penyandang Tunarungu. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.25139/ekt.v1i1.8

Sari, M. (2016). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) TAMANAN Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(1), 6–13.

Sandewi, C. J. (2017). Metode Penelitian. Unikom, 3, 52–74.

Setiawati, R. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Dan Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Bagi Masyarakat Perkebunan/Pertanian Dan Peternakan/Perikanan Di Kabupaten Pacitan-Provinsi Jawa Timur. E-Coops-Day Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8.

Septiani, M. (2015). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( Pkbm ) Dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat Community Learning Center Experience. Visi Pptk Paudni, 10(2), 67–76.

Sumyoto danang. (1999). Manajemen Sumber Daya Manusia. 9–37.

Supsiloani. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembangunan Bidang Pendidikan Nonformal. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(1), 20–30.

Sutisna, D. F., Sinaga, D., & Rosfiantika, E. (2012). Peranan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dalam Menumbuhkan Minat Baca Warga Belajar. Students E-Journal, 1(1), 1–17.

Syahwani, U. (2015). STRATEGI COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IX MTs NEGERI KETAPANG. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11346




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v9i1.9609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944