EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DARING FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN DAN MENULIS PUISI
Abstract
Abstrak
Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik SMA kelas X adalah teks puisi, hal tersebut telah tercantum dalam Kurikulum 2013 revisi. Materi teks puisi terdapat pada kompetensi dasar 3.17, yakni menganalisis unsur pembangun puisi dan kompetensi dasar 4.17, yakni menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kompetensi menganalisis unsur pembangun dan menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara dengan sumber data peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Karangnunggal. Hasil pengolahan data yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai pada nilai pretest dan postest. Hasil uji normalitas data menganalisis unsur pembangun dan menulis puisi tersebut, ternyata diketahui tidak berdistribusi normal. Dengan demikian, penulis melanjutkan penghitungan dengan menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil uji wilcoxon, diketahui bahwa dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi diperoleh hasil Whitung(0) < 156,64 dalam taraf signifikansi 0,05 (35). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom efektif digunakan terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun dan menulis puisi pada peserta didik kelas SMA Negeri 1 Karangnunggal, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Kata Kunci : Flipped Classroom, Model Pembelajaran, Teks Puisi
Abstract
One of the basic competencies that must be mastered by class X high school students is poetry text, it has been listed in the revised 2013 Curriculum. The material for the poetry text is in the basic competence of 3.17, which is analyzing the building blocks of poetry and the basic competence of 4.17, which is writing poetry by paying attention to the building blocks of it. This study aims to test the Flipped Classroom learning model on the competence to analyze the building blocks and write poetry in class X students of SMA Negeri 1 Karangnunggal, Tasikmalaya Regency, in the 2021/2022 academic year. The research method that the author uses is a real experiment. The data collection techniques used by the author are observation techniques, test techniques, and interview techniques with data sources for students of class X SMA Negeri 1 Karangnunggal. The results of data processing obtained from the study showed that there was an increase in the average value of the pretest and posttest scores. The results of the normality test of the data analyzing the building blocks and writing of the poem were found to be not normally distributed. Thus the authors continue the calculation using the Wilcoxon test. Based on the results of the Wilcoxon test, it is known that in learning to analyze the building blocks of poetry, the results obtained are Wcount(0) < 156.64 at a significance level of 0.05 (35). This shows that the Flipped Classroom learning model is effectively used for the ability to analyze the building blocks and write poetry in class students of SMA Negeri 1 Karangnunggal, so the hypothesis in this study is accepted.
Keywords: Flipped Classroom, Learning Model, Poetry Text
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
As’ari, Ruli. (2018). Pengetahuan dan Sikap Masyarakat dalam Melestarikan Lingkungan Hubungannya denan Perilaku Menjaga Kelestarian Kawasan Bukit Sepuluh Ribu di Kota Tasikmalaya (Jurnal GeoEco, Vol.4, No. 1). Tasikmalaya. Daring. Tersedia di : https://jurnal.uns.ac.id > articlePDF 2460-0768 Vol.4, No. 1 (Januari 2018) Hal.9-18 E-ISSN. [Diakses pada 15 Maret 2022].
Heryadi, Dedi. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pustaka Billah.
Hikmat, Ade dkk. (2017). Kajian Puisi. Jakarta: UHAMKA PRESS.
Patandean, Yulius Roma dan Richardus. (2021). Flipped Classroom. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sayuti, Suminto A. (2015). PUISI Sebuah Pengantar Apresiasi. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Setiartin, R,T., & Casim. (2021). Revitalization of Oral in Tasikmalaya District as a Learning Media to Plant Character Education Values and Multicultural Insight of Student (Journal of Language and Linguistic Studies). 17(3), 1379-1391.Doi: 10.52462/jlls.99. Tersedia di: www.jlls.org.
Tjahjono, Liberatus Tengsoe. (1988). Sastra Indonesia. Flores: NUSA INDAH.