ANALISIS PRODUKSI BUKU UJARAN PADA ANAK: STUDI KASUS SELEBGRAM CILIK SHABIRA ALULA

Siti Papat Patimah, Tia Yasinta, Futu Widiana Limbar Jaya, Sri Maryani, Iis Lisnawati

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini berangkat dari fenomena produksi ujaran bahasa baku pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penggunaan bahasa baku pada salah satu slebram cilik bernama Shabira Alula atau yang akrab dipanggil dengan nama sapaan Lala. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif untuk mengetahui proses produksi bunyi ujar bahasa baku pada anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi pustaka, teknik baca, dengar dan olah, data. Data penelitian diambil dari beberapa video ketika subjek berperan sangat dominan dalam video instagram maupun youtube.  Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat beberapa bunyi ujar bahasa baku yang dihasilkan dari keseharian Shabira Alula, baik ketika ia berada dalam situasi formal maupun nonformal pada umumnya. Penggunaan bahasa baku yang dihasilkan anak ternyata berkaitan erat dengan pola asuh atau parenting orang tua terhadap produksi ujaran bahasa anak sehingga apabila pola asuh baik maka anak kemungkinan akan mempunyai nilai bicara yang sangat tinggi pada usianya.

 

Kata Kunci: bahasa; formal; nonformal; ujaran 

 

 


References


Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan. Lentera, 17-19.

Khomsiyatun, U., & M, H. S. (2022). Membaca Proses Pemerolehan Bahasa Pada Anak-anak. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Kuntarto, E. (2017). Memahami Konsepsi Psikolinguistik. Jambi: Universitas Jambi.

Lisnawati, I. (2008). Psikolinguistik Dalam Pembelajaran. EDUCARE, 53-60.

Nadiani, A., & Setiawan, H. (2023). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun Pada Video Youtube. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 109-113..

Nurcholis, A., Rudisunhaji, M. A., & Hidayatullah, S. I. (2019). Tantangan Bahasa Arab sebagai Alat Komunikasi di Era Revolusi Industri 4.0 pada Pascasarjana IAIN Tulungagung. Jurnal Bahasa Arab, 2.

Saragih, D. K. (2022). Dampak Perkembangan Bahasa Asing terhadap Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2569-2573.

Sebayang, S. K. (2018). Analisis Pemerolehan Bahasa Pertama (Bahasa Melayu) pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Pena Indonesia, 4 (1).

Tussolekha, R. (2019). Mekanisme Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Satu dan Lima Tahun. Jurnal Pesona, 2.

Yassin, A. (1991). Gramatika Komunikatif: Sebuah Model Disertasi. Malang: PPs IKIP Malang.

Yulia, N. (2013). Ragam Bahasa Anak-Anak: Ditinjau Dari Segi. Lingua Didaktika , 110-113.