POLA PENGEMBANGAN LITERASI BAHASA PADA ANAK STUDI KASUS DI PAUD WADAS KELIR

Umi Khomsiyatun

Abstract


Abstrak

Salah satu kecakapan yang harus dimiliki oleh anak di abad 21 adalah literasi. Ada enam kemampuan literasi yang harus dimiliki yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi finansial, literasi sains, literasi digital, dan literasi budaya dan kewargaan. Keenam literasi tersebut perlu diperkenalkan dan dikembangkan kepada anak sebagai dasar yang harus dimiliki di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola-pola pengembangan literasi pada anak yang dilakukan di PAUD Wadas Kelir. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Pengumpulan data diperoleh dengan cara mengobservasi, wawancara, dan mengidentifikasi pengembangan kegiatan literasi yang dilaksanakan di PAUD Wadas Kelir. Data yang diperoleh selanjutnya akan dianalisis dan dikonseeptualisasikan pola-pola pengembangan literasi yang dilakukan di PAUD Wadas Kelir. Hasil penelitian dalam artikel ini diperoleh temuan pola pengembangan literasi pada anak di PAUD Wadas Kelir berupa: 1) Pola pengembangan literasi pra pembelajaran, 2) Pola pengembangan literasi saat pembelajaran, dan 3) Pola pengembangan literasi pasca pembelajaran.

Kata Kunci: literasi, anak, pola pengembangan.

 

Abstract

One of the skills that must be possessed by children in the 21st century is literacy. There are six literacy abilities that must be possessed, namely literacy literacy, numeracy literacy, financial literacy, scientific literacy, digital literacy, and cultural and citizenship literacy. The sixth literacy needs to be introduced and developed to children as a foundation that must be had in the 21st century. This study aims to describe the patterns of literacy development in children carried out in PAUD Wadas Kelir. The method used is descriptive qualitative case study approach. Data collection was obtained by observing, interviewing, and identifying the development of literacy activities carried out in PAUD Wadas Kelir. The data obtained will then be analyzed and conceptualized the patterns of literacy development carried out in PAUD Wadas Kelir. The research results in this article found the patterns of literacy development in children in PAUD Wadas Kelir in the form of: 1) Pre-learning literacy development patterns, 2) Literacy development patterns during learning, and 3) Post-learning literacy development patterns.

Keywords: Literacy, children, development patterns.


References


Ghofur, Abdul. 2012. Desain pembelajaran konsep, model, dan aplikasinya dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Yogyakarta:Penerbit Ombak.

Gipayana, Muhana. 2004. Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofoloio dalam Konteks Pembelajaran Menulis. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Jim Trelese. 2008. Read Aloud Hand Book Mencerdaskan Anak dengan Membacakan Cerita Sejak Dini. Jakarta: Mizan.

Kern, Richard. 2000. Literacy & Language Teaching. Oxford : Oxford University.

Robert K. Yin. 2011. Studi Kasus: Desain dan Metode. Terj. M. djuzi Mudzakir. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2010. Metodelogi Penelitian Kulitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Hendy Guntur. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.

Tiarti, Sri. 2004. Dari Anak sampai Usia Lanjut. Jakarta: BPK Gunung Mulia.