ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN TATA BAKU BAHASA INDONESIA PADA TEKS CERITA KARANGAN MAHASISWA THAILAND SELATAN DI PURWOKERTO
Abstract
Abstrak
Kesalahan berbahasa Indonesia dapat terjadi baik lisan maupun tulisan. Kesalahan berbahasa tulis dapat terjadi pada karangan mahasiswa asing yang studi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan berbahasa pada tataran tata bahasa baku bahasa Indonesia dalam cerita yang ditulis dari hasil karangan mahasiswa Petani, Thailand semester satu Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang sumber datanya diperoleh dari tulisan yang dikarang oleh mahasiswa Patani, Thailand semester satu. Peneliti akan menekankan pada pendeskripsian hasil dari penelitian yang telah didapatkan melalui analisis isi pada sebuah objek. Teknik yang digunakan pada penelitian ini dengan menganalisis apa saja kesalahan dalam penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah tata bahasa baku bahasa Indonesia. Data penelitian ini diperoleh dari teks narasi yang telah ditentukan peneliti. Hasil penelitian didapat bahwa kesalahan yang terjadi, yaitu (1) penggunaan huruf kapital yang tidak sesuai, (2) tanda baca yang tidak tepat, (3) pemilihan diksi yang kurang tepat, dan (4) kalimat yang tidak efektif.
Kata kunci: Kesalahan Berbahasa, Tata Bahasa Baku, Mahasiswa Thailand Selatan
Abstract
Indonesian language errors can occur both orally and in writing. Written language errors can occur in the essays of foreign students studying in Indonesia. This study aims to describe language errors at the level of standard Indonesian grammar in stories written from the compositions of Pattani students, Thailand, first semester in Purwokerto. This type of research is qualitative descriptive research whose data sources are obtained from writings written by Patani students, Thailand, first semester. The researcher will emphasize on describing the results of the research that have been obtained through content analysis on an object. The technique used in this study is to analyze what errors in writing are not in accordance with the rules of standard Indonesian grammar. The data for this study were obtained from narrative texts that had been determined by the researcher. The results of the study showed that the errors that occurred were (1) inappropriate use of capital letters, (2) inappropriate punctuation, (3) inappropriate choice of diction, and (4) ineffective sentences.
Keywords: Language Errors, Standard Grammar, South of Thai Students
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwi, Hasan dkk. (2010). Tata Bahasa Buku
Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Casim, Casim. "PROBLEMATIKA MENULIS PUISI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI PADA MAHASISWA PATANI THAILAND SELATAN DI SEKRETARIAT IMPI PURWOKERTO." METABASA 6.1 (2024).
Chaer, Abdul . 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.
Keraf, Gorys. (2007). Diksi Dan Gaya Bahasa.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Muchti, Andina. (2018). Kesalahan Sintaksis Tulisan Mahasiswa Asing Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bina Darma. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi. Vol. 11, no. 2, 99-108.
Mustakim, dkk. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Nurgiyanto, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
Rizki, dan Sutrisna. (2021). Anaalisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca pada Koran Radar Cirebon Edisi Juli 2021. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021 “System Thinking Skills dalam Upaya Transformasi Pembelajaran di Era Society 5.0. Agustus 2021.
Semi, Atar. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.37058/mbsi.v6i2.14358