PENGARUH PENGGUNAAN BAHASA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEDAGANG BERBAHASA SUNDA TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DI WILAYAH KABUPATEN PURWAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini membahas pengaruh penggunaan bahasa komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh para pedagang berbahasa Sunda terhadap tingkat penjulannya di kabupaten Purwakarta. Purwakarta merupakan wilayah yang terus berkembang dan tidak menutup diri terhadap pengaruh luar. Banyak pendatang yang tinggal di Purwakarta diantaranya pendatang dari China, Arab, dan India yang sudah menjadi penduduk Purwakarta. Pada umumnya pendatang tersebut berprofesi sebagai pedagang yang tersebar dibeberapa wilayah Purwakarta. Walau demikian penggunaan bahasa yang mereka gunakan rata-rata bahasa Sunda. Pada saat berdagang penggunaan bahasa Sunda lebih mendominasi ketika melakukan transaksi dengan para konsumen, hasilnya komunikasi tersebut sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan dan minat beli masyarakat.Yang ingin diketahui dari penelitian ini adalah; bagaimana situasi penggunaan bahasa ketika transaksi jual beli dengan para pembeli yang berasal dari suku/daerah lain. Bahasa apa yang digunakan pada saat para pedagang berinteraksi di ruang public dengan pedagang lain. Dan apakah komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap tingkat penjualan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan perspektif penyesuaian identitas dan jenis studi etnografi komunikasi. Subjek penelitian adalah para pedagang berbahasa Sunda yang tinggal di wilayah Purwakarta, baik pedagang di pasar tradisional maupun pedagang di pasar modern yang dipilihsecarapurposif. Pengumpulan data diperolehmelaluiobservasi lapangan, wawancara secara mendalam, rekaman, partisipasi pasif, dana analisis dokumen. Aktivitas komunikasi interpersonal para pedagang berbahasa Sunda sangat berpengaruh terhadap tingkat penjualan, pengaruh tersebut dapat terlihat dari seberapa besar minat beli konsumen yang berbelanja. Berdasarkan hasil observasi di lapangan menunjukan bahwa pedagang yang komunikatif dan menggunakan Sunda terbukti tingkat penjualannya lebih tinggi dan selalu mengalami peningkatan, dibandingkan dengan pedagang yang hanya aktif menggunakan bahasa Indonesia /kaku dan tidak komunikatif dengan pembeli yang berbeda bahasa, baik di pasar tradisional maupun di pasar modern wilayah Purwakarta.
Kata Kunci:Pengaruh bahasa, komunikasi interpersonal, dan tingkat penjualan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abrams, D. & Michael, A. H. (1990). Social Identification. London New York: Routledge
Assante, M. & William, B. G. (1989). Handbook of Interpersonal and Intercultural
Communication. London: Sage Publiations.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Basrowi, S. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendekia
Beebe, A. S., Susan, J. B. & Mark, V. R. 2006. Interpersonal Communication (Relating to
Other). London : Allyn & Bacon
Cangara, Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Edisi 4. Yogyakarta:Raja Grafindo.
Devito, J. A. 2013. Komunikasi Antar Manusia. Edisi ke-5. Jakarta : Professional Books.
Ekadjati, Edi S.2009. Kebudayaan Sunda, Suatu Pendekatan Sejarah. Jakarta; Dunia Pustaka
Jaya.
Everett, L. F. & Adamson, H. 1976. Cultural and Social. Anthropoloy. Mc Grew Hill
Gudykunst, W. B. & Young, Y. K. 1992. Communicating With Strangers: An Approach to
Intercultural Communication. Edisi ke-2. New York : McGraw Hill
Goodenough, W.H. 1981 Cultural Anthropology &Linguistik Wasington D.C. Georgetown
University Hayakawa, SI. “Simbol-Simbol†Dalam Deddy Mulyana dan Jalaluddin Rakhmat,
ed. 1996. Komunikasi Antar budaya :Panduan Berkomunikasi dengan Orang-orang Berbeda
Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hudson, R.A 1985. Sosiolinguistics. Camvridge: Cambridge University Press.
Kurniati,Dewi. 2008. "Pengaruh Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja. Skripsi program
sarjana universitas Brawijaya Malang Indonesia
Mulyana, Mumuh. 2012. Pengaruh Komunikasi Terhadap Minat Beli Konsumen. Bogor.
Nababan, P. W. J. 1991. Sosiolonguistik: Suatu pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Suranto, A. W. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.